Tanggal:31 May 2024

Perbedaan SPF 30 dan 50, Mana Yang Harus di Pakai?

Sun Protector Factor atau SPF biasa ditemukan pada kemasan tabir surya. Bahkan, kini SPF number juga terdapat pada produk make up, seperti foundation atau cushion. SPF number yang beragam mulai dari SPF 25 hingga 50 tentunya membuat kamu mempertanyakan apa perbedaan dari SPF number tersebut. Terlebih apabila ingin membeli tabir surya atau sunscreen, kamu pasti bingung apabila melihat ada produk sunscreen yang punya SPF 30 dan SPF 50.

Melalui artikel ini, Vocasia akan membantu kamu menemukan jawaban dari perbedaan SPF 30 atau SPF 50 yang dimuat dalam informasi produk sunscreen. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!

Penjelasan SPF

SPF adalah tingkat perlindungan yang diberikan oleh sunscreen terhadap sinar UVB (freepik)

SPF number atau angka SPF adalah tingkat perlindungan yang diberikan oleh sunscreen terhadap sinar UVB. Angka SPF ditentukan melalui penelitian dalam ruangan dengan memaparkan subjek manusia ke spektrum cahaya tiruan matahari siang hari. Dari penelitian itu lah, para dermatologis mengetahui berapa angka SPF yang dimiliki pada suatu sunscreen.

SPF dirancang untuk memberi tahu sebaik apa produk sunscreen melindungi kulit dari paparan sinar matahari. SPF juga merupakan penentu seberapa lama kamu dapat berhadapan dengan sinar matahari tanpa mengalami sunburn. Penulisan SPF biasanya diikuti dengan angka yang merupakan tingkat dari perlindungan yang diberikan. Jika angkanya bertambah besar, maka semakin besar pula perlindungan yang diberikan terhadap sinar UVB.

Baca juga: Yuk Ketahui Perbedaan Sunscreen Dan Sunblock

Manfaat SPF

Ilustrasi menggunakan produk ber-SPF (freepik)

SPF memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu:

1. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan SPF 30 baik untuk menjaga kesehatan kulit kamu. Hal tersebut karena SPF memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk kulit kamu. Dengan kandungan SPF ini, maka sunscreen dapat membantu menjaga kesehatan kulit, serta menjaga kecerahan dan kebersihan kulit setiap saat.

2. Menutrisi kulit

Selain membantu mengoptimalkan kesehatan kulit, SPF juga berperan untuk menutrisi kulit. Pasalnya, SPF memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi pada kulit kamu. Vitamin dan juga mineral yang diserap sangat penting untuk kesehatan kulit.

3. Meningkatkan kelembapan

Produk yang mengandung SPF juga memberikan manfaat dalam menjaga kelembapan kulit. Pastinya kulit kering akan mengganggu penampilan. Kandungan SPF dalam skincare-mu akan melindungimu dari sinar ultraviolet, sehingga kelembapan pun akan terjaga.

4. Menjaga kulit dari radiasi sinar ultraviolet

Sesuai dengan namanya, SPF akan melindungimu dari sinar matahari. Ini berarti SPF selama kurang lebih 300 menit mampu menjaga kulit kamu dari radiasi sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh pancaran sinar matahari. Terutama pada waktu-waktu tertentu, antara pukul 11.00-14.00. Pada waktu seperti itu, matahari sedang bersinar terik dan memancarkan sinar UV A, B, dan C.

5. Mencegah terjadinya kulit terbakar

Salah satu efek buruk dari pancaran sinar matahari bagi kulit kamu adalah dapat menyebabkan kulit menjadi gosong dan terbakar. Hal ini tentu akan sangat mengganggu penampilan kamu. Manfaat SPF 30 untuk kulit dapat membantu kamu mencegah terjadinya hal seperti ini.

Perbedaan SPF 30 dan 50

Ilustrasi menggunakan produk ber-SPF (freepik)

SPF umumnya diikuti dengan angka yang menjadi kode seberapa besar perlindungan yang diberikan kepada kulit. Beda SPF 30 dan 50 adalah SPF 30 menghalangi 97% paparan sinar UVB sementara SPF 50 menghalangi 98% paparan sinar UVB. Angka lebih tinggi dari 50 dianggap tidak efektif karena SPF tidak dapat melindungi sampai 100% dari paparan sinar UVB. Sunscreen dengan SPF 100 hanya memblokir foton yang dipancarkan oleh sinar UVB sekitar 98.3%, hanya berbeda 0.3% dari sunscreen dengan angka SPF 50.

Mungkin kamu pernah membaca bahwa angka-angka yang mengikuti SPF menyatakan seberapa besar perlindungan yang diberikan. Misalnya, sunscreen dengan SPF 50 berarti memberi 50 kali perlindungan dibandingkan saat kulitmu tidak memakai sunscreen. Namun, banyak yang salah paham kalau perlindungan itu adalah durasi.

Meskipun salah satu bentuk perlindungannya adalah durasi, hal ini tidak bisa dipukul rata karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Misalnya aja, intensitas energi sinar matahari. Jumlah energi dari sinar matahari pada jam 10 pagi dalam durasi satu jam bisa jadi sama besarnya dengan energi sinar matahari pada jam 1 siang tapi hanya selama 15 menit.

Baca juga: 7 Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Berminyak!

Itu dia pembahasan tentang perbedaan SPF 30 dan SPF 50. Kamu bisa menyesuaikan kebutuhan kulitmu dalam memilih produk ber-SPF yang kamu gunakan. Sebaik apapun perlindungan yang diberikan oleh suatu produk sunscreen, akan percuma apabila kamu tidak reapply tiap 2-3 jam sekali. Ketika beraktivitas, wajah tentunya mengeluarkan keringat yang membuat sunscreen kamu luntur. Selain itu, ketika kamu wudu atau sekadar membasuh wajah, sunscreen yang kamu gunakan akan terhapus. Jadi, jangan lupa untuk reapply sunscreen, ya!

Pastikan kamu memilih tingkat SPF yang terbaik untukmu. Para ahli merekomendasikan untuk menggunakan pelindung matahari dengan jangkauan SPF 30-60. Selain itu, pastikan setiap produk yang kamu gunakan mengandung komposisi penangkal UVA seperti zinc, oxide, titanium dioxide, avobenzone, ecamsule, dan oxybenzone.

Baca juga: 8 Rekomendasi Sunscreen Terbaik Untuk Semua Jenis Kulit

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *