Tanggal:23 April 2024

7 Prospek Kerja Teknik Elektro dan Gajinya!

Hal pertama yang menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah yang cocok adalah prospek kerja, selain itu sebelum memasuki dunia pekerjaan tentu kamu perlu melihat dulu bagaimana prospek dan gaji dari pekerjaan yang dilakukan bukan? Salah satunya jurusan teknik elektro.

Prospek kerja teknik elektro memang sangat luas. Oleh karena itu, jurusan teknik elektro menjadi salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya di kalangan mahasiswa. Apalagi jika Kamu bisa berkuliah di universitas ternama, sudah pasti peluang kerja di perusahaan terbuka luas.

Teknik elektro adalah disiplin ilmu terapan yang menjanjikan peluang karir yang baik. Lulusan jurusan teknik elektro sangat fleksibel lantaran dapat masuk ke hampir semua lini industri. Mulai dari pembangkit listrik, manufaktur, pertambangan, perminyakan, transportasi dan otomotif, telekomunikasi, konstruksi, kesehatan, komputasi, hingga robotika.

Sarjana teknik elektro memegang peranan penting dalam membuat dan mengembangkan perangkat yang melibatkan komponen listrik dan elektronika. Bicara soal prospek kerja teknik elektro dan gajinya, jurusan ini akan terus dibutuhkan dalam kaitannya dengan teknologi praktis dan infrastruktur. Dengan demikian, para sarjana punya peluang besar mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang baik setelah lulus nanti. Berikut peluang atau prospek kerja dari teknik elektro yang perlu kamu ketahui, simak berikut ini ya.

Prospek Kerja Teknik Elektro

1. Pengajar (Dosen atau Guru)

Dosen Berpengalaman

Prospek Kerja Teknik Elektro “Dosen atau Pengajar (Pexels)

Pilihan profesi pertama yang bisa kamu ambil setelah lulus kuliah adalah pengajar. Kamu bisa menjadi dosen atau bekerja sebagai guru di SMA maupun SMK. Jika ingin menjadi dosen, maka minimal Kamu harus lulus magister.

Jika kamu punya minat bekerja di dunia pendidikan, kesempatan untuk menjadi pengajar atau dosen teknik elektro juga terbuka luas. Hingga saat ini, dosen masih dianggap sebagai profesi yang punya prestise tinggi. Menjadi pengajar baik itu guru atau dosen sama-sama pekerjaan yang mulia. Kamu bisa mendapat penghasilan yang besar mulai dari Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000, lho! Rata-rata gaji dan tunjangan yang didapatkan seorang dosen teknik elektro bervariasi tergantung tempat dan masa baktinya.

Baca Juga:https://vocasia.id/blog/prospek-kerja-teknik-elektro/

2. Bekerja di Bidang BUMN

Kamu juga bisa bekerja di BUMN setelah selesai kuliah di jurusan Teknik Elektro ini. Ada banyak perusahaan milik negara yang siap untuk menerima lulusan Teknik Elektro. Bahkan kemampuan serta ilmu yang Kamu miliki akan sangat dibutuhkan oleh mereka.

Sebagai lulusan teknik elektro, bidang kerja yang akan Kamu geluti jika ingin bekerja di BUMN adalah bidang telekomunikasi dan energi. Di BUMN Kamu bisa mendapat jenjang karir yang memuaskan serta gaji yang besarnya sangat menjanjikan. Gaji yang Kamu dapat bisa berkisar antara Rp7.000.000 hingga Rp12.000.000, lho.

3. Bekerja di Bidang Pertambangan dan Perminyakan

Prospek Kerja Teknik Elektro “Pertambangan” (Pexels)

Peluang atau prospek kerja teknik elektro berikutnya adalah bekerja di bidang pertambangan dan perminyakan. Bidang yang satu ini tentu sudah sangat populer dan diminati oleh banyak orang. Bidang ini juga sangat membutuhkan orang-orang yang pernah belajar di jurusan Teknik Elektro terutama untuk ditempatkan di bidang kontrol dan instrument engineer.

Kebutuhan listrik di bidang pertambangan dan perminyakan tentu sangatlah luas. Kamu bisa berkontribusi besar demi kelancaran industri tambang dan minyak. Besar gaji yang ditawarkan untukmu berada di kisaran angka Rp5.000.000 hingga Rp7.000.000 tentunya gaji segitu sesudah diatas UMR, lho!

Baca Juga: 8 Prospek Kerja Manajemen SDM Dan Gajinya 

4. Bekerja di Bidang Telekomunikasi

Peluang pekerjaan berikutnya yang bisa Kamu dapat sebagai lulusan Teknik Elektro adalah bekerja di bidang telekomunikasi. Kamu bisa bekerja di bagian elektronika, instrumen, serta IT.  Tentu saja Kamu harus melamar ke perusahaan tertentu untuk bisa menekuni karier ini. Gaji yang bisa Kamu dapatkan di bidang profesi ini berkisar antara Rp7.000.000  hingga Rp10.000.000, sangat menggiurkan bukan?.

5. Bekerja di Bidang Kelistrikan

Prospek Kerja Teknik Elektro “Kelistrikan” (Pexels)

Sebagai lulusan jurusan teknik elektro, tentu Kamu dipersiapkan untuk mampu bekerja di bidang kelistrikan. Kamu punya peluang besar untuk bekerja di bidang profesi yang satu ini karena kompetensi yang Kamu miliki. Ada banyak perusahaan yang bisa Kamu masuki dan besarnya gaji tentu sangat bervariasi tergantung kredibilitas perusahaan tempatmu bekerja.

6. Bekerja di Bidang Hardware Engineer

Hardware engineer bertanggung jawab dalam membuat desain untuk perangkat keras komputer dan peralatan fisik lainnya. Tugasnya mulai dari merancang dan mengkompilasi komponen seperti prosesor komputer, hard drive, papan sirkuit, hingga chip agar efisien ketika digunakan. Bekerja sebagai hardware engineer berkesempatan untuk bersinggungan langsung dengan teknologi terbaru. Rata-rata gaji yang didapatkan seorang hardware engineer Rp 98.000.000 per tahun atau lebih.

Baca Juga:Intip, Prospek Kerja Aktuaria Dan Perkiraan Gajinya! 

7. Bekerja di Bidang Control Engineer

Control engineer banyak mengerjakan proyek yang berkaitan dengan sistem kontrol atau pengendalian untuk menghasilkan output sesuai dengan yang diinginkan. Ilmu control engineering tidak hanya dikembangkan oleh insinyur teknik elektro, namun juga di bidang teknik lain seperti teknik mesin, teknik komputer (TI), teknik mekatronika, dan teknik industri.

Nah, itulah penjelasan mengenai prospek kerja teknik elektro beserta gajinya, untuk gaji teknik elektro sangat bervariasi tergantung kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Selain itu, tempat bekerja juga sangat mempengaruhi tentunya.

Segera mantapkan pilihanmu dan merencanakan pilihan karir seperti apa yang akan Kamu ambil di masa depan. Ingin lancar saat wawancara interview? ikuti dan pelajari di kursus vocasia “Sukses Wawancara Kerja dari User Hingga Direksi Semoga informasi kali ini bermanfaat buat kamu ya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *