Tanggal:25 May 2024

10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Mungkin kebanyakan pelajar khususnya untuk pelajar SMA yang akan segera lulus, cenderung memilih jurusan perkuliahan agar bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minatnya. Jurusan yang bisa dipilih salah satunya, yaitu Teknik Elektro. Tetapi, mengapa harus Teknik Elektro? Memangnya apa saja yang dipelajari di jurusan ini? Dan bagaimana prospek kerjanya?

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu rumpun ilmu terapan yang memiliki peluang kerja cukup banyak dan tergolong fleksibel, karena hampir semua sektor industri membutuhkannya. Misal, di bagian manufaktur, konstruksi, pembangkit listrik, perminyakan, pertambangan, otomotif, transportasi, hingga robotika.

Di artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian jurusan Teknik Elektro, hal yang dipelajari dan prospek kerja setelah lulus. Yuk, simak selengkapnya!

Jurusan Teknik Elektro Adalah…

Tentang jurusan Teknik Elektro (Sumber: Pexels)

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu program studi yang biasanya di bawah naungan Fakultas Saintek atau Fakultas Teknik. Jurusan ini memiliki nama lain Teknik Listrik atau Teknik Elektronika dan merupakan bagian dari bidang teknik yang mempelajari tentang mendesain dan menerapkan komponen yang menggunakan listrik elektronika dan electromagnetism. 

Teknik Elektro identik dengan penggunaan listrik dan juga pecahan yang lebih dalam tentang listrik, seperti dasar-dasar kelistrikan, elektromagnetik, mikroprosesor, sinyal listrik, hingga teknologi baru yang muncul di dunia kelistrikan seperti biomedika. Jadi, Teknik Elektro pada dasarnya mempelajari tentang teknologi perancangan sistem yang menggunakan alat elektronik dan dapat dimanfaatkan di kehidupan sehari-hari.

Pelajaran dasar di Teknik Elektro ini meliputi matematika, fisika, dan kimia. Namun di sisi lain, mereka juga akan mempelajari ilmu lain, seperti energi informasi dan isyarat. Selanjutnya kita akan membahas tentang seluk-beluk yang ada di dalam jurusan Teknik Elektro.

Baca juga: Prospek Kerja Content Creator

Apa Saja yang Ada di Teknik Elektro?

Beberapa hal di dalam Teknik Elektro (sumber: Pexels)

Seperti yang telah disinggung di awal bahwa jurusan ini lebih dominan ke bidang sains terutama di bidang fisika yang dispesifikasikan ke dalam bab kelistrikan atau rangkaian listrik. Contohnya, interaksi antara komponen listrik, medan elektromagnetik elektronik, dan teknik digital listrik. Selain itu, jurusan ini  juga mempelajari tentang bahan-bahan yang digunakan untuk listrik pengukuran beban listrik, kalkulus, energi kontroversi listrik, sistem telekomunikasi, dan juga matematika teknik. 

Dalam Teknik Elektro ini mahasiswa akan mendapatkan beberapa kemampuan, seperti kemampuan mendesain sistem, eksperimen, melakukan analisis, memecahkan masalah bidang rekayasa teknik, pemahaman matematika, dan juga pemahaman fisika. 

Umumnya, jurusan Teknik Elektro ini memiliki 3 bidang yang menjadi fokus penjurusan, yaitu tenaga listrik (arus kuat), elektronika (arus lemah), dan telekomunikasi. Untuk penguraiannya, teknik tenaga listrik dominan berhubungan dengan pembangkitan (generation), transmisi (transmission), elektronika daya dari satu tempat ke tempat lainnya, transformator (transformers), electric generators, electric motors, teknik tegangan tinggi (high voltage engineering), dan juga belajar tentang coding. 

Baca juga: Cara Memulai Coding: Panduan Untuk Pemula

Lalu, untuk bidang elektronika lebih berhubungan pada material di berbagai konfigurasi atau struktur yang bisa mengatur aliran listrik. Selain itu, di jurusan elektronika ini juga mempelajari tentang desain rangkaian elektronik yang menggunakan komponen-komponen, seperti kapasitor, induktor, resistor, dioda, dan transistor. Untuk penjurusan terakhir, yaitu telekomunikasi, berfokus pada upaya rekayasa dalam informasi dari satu titik ke titik lain.

Benefit Berkuliah di Teknik Elektro

Kenapa, sih, harus memilih berkuliah di jurusan Teknik Elektro? Memangnya apa manfaatnya? Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan di saat memilih jurusan ini sebagai bidang perkuliahanmu, yaitu:

1. Sejalan dengan perkembangan teknologi 

Perkembangan teknologi (Sumber: Pexels)

Perkembangan teknologi khususnya di bidang infrastruktur telekomunikasi yang semakin maju, tentu memerlukan dukungan sumber daya manusia yang mumpuni. Disinilah peranan Teknik Elektro yang bisa dibilang sangat dibutuhkan.

Karena dengan bidang keilmuan yang cukup kompleks, tenaga Teknik Elektro ini selalu dibutuhkan dalam ranah perkembangan telekomunikasi. Apalagi secara logika masyarakat saat ini tentu masih membutuhkan listrik yang membuat keahlian di bidang ini akan berguna dalam jangka waktu yang panjang. 

2. Dibutuhkan di semua lini industri 

Industri membutuhkan lulusan Teknik Elektro (Sumber: Pexels)

Tenaga bidang Teknik Elektro ini tergolong sangat dibutuhkan hampir di seluruh lini industri untuk mengatasi berbagai masalah kelistrikan, sistem peralatan elektronik, dan membangun sistem distribusi tenaga listrik. Khususnya bagi perusahaan-perusahaan yang berurusan dengan suplai tenaga listrik besar misalnya, industri minyak dan gas.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Ilmu Nuklir

3. Termasuk dalam jurusan yang memiliki banyak peminat 

Peminat yang cukup banyak (Sumber: Pexels)

Jurusan Teknik umumnya didominasi oleh para kaum laki-laki saja, namun di era sekarang tak jarang juga ditemukan perempuan yang mendalami kemampuan di bidang Teknik Elektro.

4. Berpotensi memiliki gaji yang cukup tinggi 

Gaji yang tinggi (Sumber: Pexels)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa materi dalam jurusan ini tergolong kompleks yang tidak semua orang bisa mempelajari dan mendapatkan hal tersebut. Artinya, tidak semua orang bisa menggantikan posisi di bidang Teknik Elektro karena membutuhkan wawasan dan keterampilan khusus yang cukup rumit. Selain itu, perusahaan yang membutuhkan keahlian ini tentunya perusahaan yang cukup besar sehingga gaji yang didapat pun cukup tinggi.

Baca juga: Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia?

5. Berkesempatan untuk magang di industri besar 

Kesempatan magang yang bagus (Sumber: Pexels)

Jurusan Teknik Elektro tidak jauh berbeda dengan jurusan di bidang saintek lainnya, yaitu membutuhkan teori di dalam kelas, praktik di dalam laboratorium maupun di lapangan secara langsung. Untuk memenuhi luaran atau kebutuhan praktikum tersebut, banyak universitas yang bekerjasama dengan perusahaan atau industri besar sehingga mahasiswa bisa menerapkan keahliannya secara langsung.

Apalagi jurusan ini sangat berhubungan dengan perkembangan teknologi sehingga sangat relevan jika mereka ditempatkan di perusahaan besar yang tentunya juga turut mengikuti perkembangan teknologi.

Contoh bidang industri yang bisa ditempati oleh mahasiswa jurusan ini, yaitu teknisi komunikasi, teknisi sonar dan radar, spesialis sistem jaringan, atau juga ahli robotik. Jurusan ini juga tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di industri manufaktur pembangkit listrik hingga perminyakan.

Baca juga: Perusahaan Manufaktur: Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Contohnya

Setelah melihat beberapa benefit yang didapatkan jika berkuliah di jurusan Teknik Elektro, selanjutnya mengetahui prospek kerja dari lulusan Teknik Elektro. Memangnya, apa saja?

Prospek Kerja Teknik Elektro

Prospek kerja lulusan Teknik Elektro (Sumber: Pexels)

Memang, jurusan ini lebih mengarah pada dunia kelistrikan. Tapi, prospek kerja jurusan Teknik Elektro terbilang sangat luas dan hampir seluruh industri membutuhkan lulusan ini, seperti industri telekomunikasi, minyak dan gas, manufaktur, transportasi, otomotif, jasa pelayanan, aerospace, dan lainnya. 

Luasnya bidang pekerjaan pada lulusan ini membuat adanya berbagai variasi jenjang karier yang ditawarkan. Beberapa prospek kerja yang bisa dipilih ketika menjadi lulusan Teknik Elektro, yaitu:

1. Oil and gas industry

Bidang gas dan minyak (Sumber: Pexels)

Salah satu perusahaan besar yang juga membidik lulusan Teknik Elektro adalah perusahaan yang berada di bidang perminyakan dan gas. Industri ini membutuhkan lulusan Teknik Elektro khususnya dalam bidang teknik kontrol dan penyetelan yang dibutuhkan untuk posisi Insinyur kontrol dan instrumentasi dalam fisika teknik atau fisika instrumentasi.

Beberapa perusahaan dalam negeri yang terkenal dengan penempatan lulusan Teknik Elektro, seperti Pertamina, Persada, tambang, Freeport, dan lainnya.

2. Electrical design engineer 

Pekerjaan ini biasa disebut dengan insinyur desain listrik yang dapat bekerja di bidang industri kedirgantaraan, energi, arsitektur, dan lain-lainnya. Memang, pekerjaan ini hampir mirip dengan insinyur pada umumnya namun, lebih berfokus pada mengatur perkembangan sistem kelistrikan, pemasangan untuk sistem kelistrikan, dan juga memberikan layanan pemeliharaan.

3. Project engineer

Insinyur proyek (Sumber: Pexels)

Dalam pekerjaan ini mengandung perpaduan dua bidang, yaitu engineering dan manajemen proyek. Profesi ini memiliki tanggung jawab untuk mengatur semua bidang bisnis dalam proyek yang di dalamnya meliputi perencanaan, strategi, budgeting, hingga sumber daya teknik, serta semua kegiatan yang ada kaitannya dengan teknis dalam sebuah proyek.

4. Robotic engineer 

Penggunaan robot (Sumber: Pexels)

Seperti yang diketahui, seiring dengan majunya teknologi membuat industri otomotif dan robotik semakin digaungkan untuk membantu manusia dalam pekerjaannya. Oleh karena inilah, posisi robotic engineer dibutuhkan untuk memproduksi robot.

Namun, dalam pekerjaan ini tidak hanya menciptakan robot selayaknya manusia saja. Namun, robot ini akan di kembangkan menggunakan teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan guna mempermudah pekerjaan manusia dalam lingkup yang lebih luas.

Baca juga: Mengenal AI Engineer Dan Kemampuan Yang Harus Dikuasai

5. Lecturer

Selain dibutuhkan dalam ranah industri di luar akademik, lulusan Teknik Elektro masih bisa disangkut pautkan dengan civitas akademik, yaitu profesi sebagai dosen. Banyak universitas dan perguruan tinggi yang membutuhkan dosen lulusan ini. 

Namun, syarat untuk menjadi dosen ini tentunya kamu harus menambah pengetahuan atau bidang pendidikan yang lebih tinggi agar Ilmu dan teori yang akan diajarkan lebih kompleks sehingga lebih mudah untuk menyampaikan materi kepada mahasiswa. 

6. Build a startup 

Membangun startup (Sumber: Pexels)

Ternyata lulusan jurusan ini pun bisa menjadi wirausahawan sekaligus software engineer, loh! Kamu bisa memulai bisnis sendiri dengan mendirikan suatu startup yang menerapkan ilmu kelistrikan, bisnis peralatan listrik, elektronik industri, dan lain sebagainya. 

Sebagai seorang software engineer, kamu juga bisa menangani seluruh siklus pengembangan perangkat lunak, mulai dari perancangan, pengujian, analisis kebutuhan, dan maintenance, untuk memenuhi kebutuhan dalam bisnismu. 

Baca juga: Yuk Mengenal Apa Itu Software Engineering! 

7. Biomedical engineer

Ternyata, jurusan Teknik Elektro juga bisa berpartisipasi pada pekerjaan di bidang medis juga, loh! Profesi ini terbilang baru di Indonesia, namun tidak berarti bahwa pekerjaan ini tidak menjanjikan. Biomedical engineer dibutuhkan karena penggunaan teknologi yang semakin canggih di dunia kesehatan. Oleh karena itu, semakin diperlukan pula sumber daya manusia yang bisa menangani hal tersebut. Profesi ini cocok bagi kamu yang memiliki kemampuan dan ingin mengembangkannya di bidang teknologi dan medis 

8. Telecommunication industry 

Industri telekomunikasi (Sumber: Pexels)

Lulusan Teknik Elektro tidak jauh-jauh dari bidang telekomunikasi sebagaimana rumpun pembelajarannya. Industri ini membutuhkan tenaga Teknik Elektro untuk membuat jaringan nirkabel, karena jika tidak ada teknisi listrik maka industri telekomunikasi tidak bisa membuat panggilan karena teknisi listrik lah yang akan mengubah informasi dan mengubahnya dalam bentuk kode menjadi sinyal listrik.

9. Hardware engineer 

Dalam profesi ini, lulusan Teknik Elektro bertanggung jawab dalam membuat desain untuk perangkat keras atau hardware pada komputer atau peralatan fisik lainnya. Profesi ini bertugas dalam merancang dan mengompilasi komponen, seperti processor komputer, papan sirkuit, hingga chip agar lebih mudah saat digunakan. Hardware engineer ini juga merupakan salah satu profesi yang membuka kesempatan untuk para lulusan agar bisa berhubungan langsung dengan teknologi terbaru. 

10. BUMN

Bekerja di BUMN (Sumber: bumn.go.id)

BUMN cukup membutuhkan lulusan teknik elektro untuk berbagai posisi. Beberapa manfaat yang didapatkan sebagai karyawan BUMN seperti gaji yang tinggi, asuransi, dan juga jenjang karier yang tentunya terjamin. Beberapa perusahaan BUMN yang bekerjasama dengan lulusan ini, seperti PT. PLN, Telkom Indonesia, Bank Mandiri, dan lain-lainnya.

Nah, itulah tadi beberapa hal mengenai lulusan jurusan Teknik Elektro yang tentunya bisa menambah wawasanmu untuk memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat, penjurusan SMA, maupun prospek kerja. Untuk mendapatkan artikel menarik lainnya kamu bisa mengunjungi blog Vocasia di sini. 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *