Tanggal:27 April 2024

10 Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gajinya

Apakah kamu menyukai mata pelajaran terkait hitungan? Atau apakah kamu sangat suka menyentuh benda mekanik? Jika iya, kamu harus memilih jurusan teknik mesin. Jangan remehkan prospek jurusan ini, karena jurusan teknik mesin memiliki prospek yang menjanjikan, loh!

Mengingat besarnya manfaat dari jurusan ini di bidang yang berhubungan dengan mesin, tidak mengherankan jika lulusannya sering menerima tawaran dari banyak perusahaan besar baik di dalam negeri maupun internasional. Gajinya juga sangat berbeda, tapi yang pasti dijamin menarik dan bisa mencapai nominal dua digit! 

Lalu, apa saja peluang karir yang ada di teknik mesin? Kali ini Vocasia akan menjelaskan beberapa prospek pekerjaan teknik mesin untuk dipertimbangkan saat memilih karier! Yuk, disimak!

Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gajinya!

Ilustrasi Anak Teknik Mesin (Sumber: freepik.com)

1. Menjadi Seorang Guru / Dosen

Karier pertama yang bisa kamu ambil adalah menjadi guru atau dosen. Apalagi bagi kamu yang memang ingin melanjutkan kuliah setelah lulus S1, bisa dipastikan lowongan kerja ini sangat terbuka. Besaran gaji tergantung dari kampus mana kamu mengajar. Tentu saja, jika berada di kampus yang cukup bergengsi, gajinya lebih dari 7 juta rupiah.

Baca Juga | Jurusan Desain Komunikasi Visual: Pengertian Dan Prospek Kerjanya

2. Menjadi Perancang Mesin

Ilustrasi Anak Teknik Mesin (Sumber: freepik.com)

Salah satu bidang pengetahuan praktis dalam teknik mesin adalah desain dan konstruksi. Kamu akan mengenal desain mesin mulai dari gambar model hingga pemilihan bahan dan pembuatannya. Tentunya jika benar-benar nyaman dengan desain mesin, prospek karir ini sangat besar, bahkan gajinya bisa lebih dari 5 juta rupiah.

3. Menjadi Ahli Mesin di Industri Otomotif

Salah satu industri yang sangat dekat dengan mesin adalah industri otomotif. Karena kebanyakan orang, ketika ditanya tentang teknik mesin, mereka berpikir langsung berhubungan dengan dunia otomotif. Oleh karena itu, banyak perusahaan otomotif seperti ASTRA yang menawarkan peluang karir bagi mahasiswa teknik mesin. Kalau masih muda, gajinya tidak setinggi itu, sekitar 4 juta. Namun jika jam terbangnya banyak, gaji kamu bisa bertambah seiring berjalannya waktu.

4. Menjadi Bagian dari Proses Produksi Industri

Selain konstruksi dan desain, manufaktur adalah bagian lain dari teknik mesin. Nah, di bagian ini kamu bisa mempelajari bagaimana proses produksi bekerja dan segala hal yang berkaitan dengannya. Kamu juga dapat mempelajari tentang otomatisasi produksi. Ini bisa menjadi peluang karir yang bagus untuk kamu.

5. Menjadi Seorang Konsultan

Kamu juga dapat memulai bisnis kamu sendiri dan menjadi konsultan teknik. Karier yang dibangun secara mandiri dapat terus berkembang dan mendatangkan keuntungan yang menguntungkan. Misalnya ada bagian mesin yang rusak, tapi ternyata karyawan perusahaan saat ini tidak mampu menanganinya, jadi nanti bisa dipastikan perusahaan akan menyewa konsultan untuk mengetahui masalah pada bagian tersebut. 

Baca Juga | Ingin Kuliah Di Jurusan Teknik Geodesi? Perhatikan Hal Ini!

6. Kerja di Pertambangan

Dari teknik mesin hingga pertambangan? Bisa kah? Tentu saja bisa. Karena dalam dunia pertambangan pasti membutuhkan kerja mesin. Dalam hal ini, perusahaan sangat membutuhkan masinis untuk menjaga aktivitasnya agar tetap stabil tanpa gangguan. Gajinya juga sangat tinggi, bisa lebih dari 6 juta rupiah tanpa tunjangan lain.

7. Kerja di Perminyakan

Selain menambang, kamu juga memiliki opsi untuk memasuki industri minyak. Tentu saja kamu bukan ahli minyak, tetapi tergantung pada bidang studi kamu, kamu ahli dalam bidang teknik mesin. Karena sama seperti industri pertambangan, industri perminyakan juga membutuhkan kerja mesin yang harus selalu dimaksimalkan, oleh karena itu dibutuhkan tenaga ahli di bidang tersebut.

8. Menjadi Seorang Pengusaha

Kamu tidak harus menjadi karyawan perusahaan. Jika mau, kamu juga bisa menjadi pengusaha di perusahaan kamu sendiri. Ada juga beberapa alumni teknik yang berkarir di bidang yang sama dengan pengusaha. 

9. Maintenance Engineer

Prospek karier selanjutnya adalah karier sebagai maintenance engineer. Setiap industri yang menggunakan permesinan sebagai salah satu fungsi produksi terpentingnya sangat membutuhkan seseorang yang dapat melakukan perawatan dengan benar. Ketika berada di bidang teknis, ini dikenal sebagai jenis perawatan prediktif, preventif, dan lainnya.

10. Menjadi Seorang Developer

Jika kamu mempelajari teknik mesin, kemungkinan besar kamu juga akan mempelajari pengembangan. Misalnya, kamu bisa menjadi pengembang segala sesuatu mulai dari mobil listrik, robot rumahan hingga produk yang memiliki sisi futuristik berbeda dan sangat membutuhkan warna kuning dari seorang insinyur mesin yang andal.

Baca Juga | 10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Itulah penjelasan dari Vocasia mengenai Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gajinya. Jadi bagaimana, sudah menentukan karier dalam bidang teknik mesin? Kalau belum, yuk pikirkan sekarang juga! Selagi kamu memikirkan karier, kamu bisa mengikuti kursus yang berkaitan dengan personal development untuk mengasah dan meningkatakan skill kamu!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *