Tanggal:22 March 2023

Saat kamu berlibur ke suatu tempat, sangat tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas di kota yang sedang dikunjungi. Salah satunya, Jayapura. Berlibur ke Jayapura rasanya kurang lengkap jika tidak mencoba kuliner khasnya yang terkenal lezat. Disajikan dengan harga yang ramah dikantong, sajian kuliner Jayapura pastinya akan membuat lidah bergoyang.

Jayapura termasuk wilayah yang terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya segudang wisata alamnya saja yang menawan, tetapi pengunjung juga bisa mencicipi aneka kuliner khas dan lezat dengan harga yang terjangkau. Penasaran wisata kuliner apa saja yang bisa dikunjungi? Berikut rekomendasi tempat kulineran favorit di Jayapura yang bisa kamu pilih.

Rekomendasi Tempat Makan Di Jayapura

1. Rumah Laut Cafe & Restoran

Tempat Makan Rumah Laut & Restoran di Jayapura (pexels)

Rumah Laut Cafe & Restoran ini berlokasi di Jalan kota Numbai, kecamatan Jayapura Selatan, kota Jayapura. Tempat makan ini menyajikan menu utama masakan laut yang sangat lezat. Selain itu tempat makan ini menyajikan makanan khas Papua yaitu papeda dan kuah ikan kuning yang sangat nikmat. 

Lokasinya yang berada di pinggir laut bisa dijadikan spot foto dan sambil menikmati senja yang sangat indah. Desain interior yang berasal dari kayu membuat tempat makan ini menjadi lebih menarik serta harganya yang cukup terjangkau.

Bagi wisatawan muslim, kamu tidak usah khawatir karena semua makanan di sini sudah dijamin kehalalannya. Selain itu, kamu bisa menjadikannya sebagai spot foto menarik karena letaknya yang di pinggir laut. Terlebih saat memasuki waktu senja, kamu bisa menyaksikan lanskap kota Jayapura yang indah ditemani dengan hidangan lezat dan nikmat.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Makan Enak Di Padang

2. Duta Cafe Lesehan Atas Laut

Tempat Makan Duta Cafe Lesehan Atas Laut di Jayapura (pexels)

Duta Cafe Lesehan Atas Laut yang berada di Jalan Kelapa 2 No.18. Entrop, kecamatan Jayapura Selatan, Kota Jayapura. Daerah yang terkenal akan wisata baharinya ini menyajikan menu makanan seafood yang masih segar. 

Selain bisa mencicipi makanan yang sangat lezat, kamu juga bisa melihat pemandangan birunya air laut yang sangat menawan pasalnya tempat makan yang berada berdekatan dengan pantai. Salah satu menu andalan yang patut kamu coba adalah ikan goreng bumbu rica – rica. 

Banyak pelancong yang memilih hidangan ini sebagai pilihan kuliner utama ketika mengunjungi restoran yang satu ini. Harganya yang tidak merogoh kocek terlalu dalam, membuat kamu dapat memesan berbagai jenis makanan dengan bebas.

3. Pit’s Corner

Tempat Makan Pit’s Corneer di Jayapura (@TripAdvisor)

Tempat makan ini berada di Jalan Kasuari No.2 Dok V Atas, Mandala, kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura. Tempat makan yang berdesain modern minimalist ini sering didatangi kaum muda. Walaupun tempatnya yang sangat modern namun menu makanan yang disajikan terdapat menu makanan nusantara yang sangat beragam. 

Bagi kamu yang mengaku pecinta kopi, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi racikan kopi khas Pits Corner. Berbagai jenis kopi tersedia, termasuk kopi asli dari pegunungan wamena dan jayawijaya. Dijamin rasa dan kenikmatan kopi tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. 

Selain itu dapurnya yang berkonsep open kitchen ini memungkinkan pengunjung melihat langsung proses pembuatan kopi. Dimulai dari pemilihan biji kopi, pengovenan, penggilingan, hingga penyaringan bisa Anda saksikan secara langsung. Kamu bisa menikmati hidangan nusantara ditemani secangkir kopi asli Papua ini.

Baca Juga: Sejarah Getuk, Makanan Khas Mana Sih?

4. Socialicious Cafe

Tempat Makan Socialicious Cafe di Jayapura (@TripAdvisor)

Socialicious Café merupakan satu tempat makan modern yang berada di Pasifik Permai, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura. Socialicious adalah pilihan yang tepat jika kalian ingin mencari tempat makan yang super nyaman dan elegan. Menu andalan tempat makan ini seperti nasi goreng hitam dengan cita rasa seafood yang begitu khas. Selain itu terdapat minuman kopi serta makanan ringan yang bisa dinikmati.

5. Yougwa Restaurant

Tempat Makan Yougwa Retaurant di Jayapura (@TripAdvisor)

Jika kamu berwisata ke sekitar daerah Danau Sentani, jangan lupa mampir ke Yougwa Restaurant. Letaknya yang berada di pinggir danau membuat kamu tak usah bingung mencari wisata kuliner yang nyaman dan enak. Yogwa Restaurant mengadaptasi konsep casual dining, sehingga sangat cocok bagi kamu yang datang bersama dengan keluarga.

Restoran ini merupakan surganya pecinta seafood. Sebab, berbagai olahan hidangan ikan disajikan sebagai menu pilihan utama. Namun, tak hanya berbagai olahan ikan saja, kamu juga bisa menikmati cumi – cumi atau udang. Jika ingin mencicipi hidangan lokal, kamu bisa memesan Papeda yang dilengkapi ikan kuah kuning dan cah kangkung dengan harga yang tidak menguras kantong.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Papua, Wajib Dikunjungi!

6. Waroeng Pojok

Waroeng Pojok berada di Bhayangkara, kecamatan Jayapura Utara, kota Jayapura. Seperti nama restoran yang berada di pojok mall yang berkonsep unik serta beragam. Terdapat hidangan laut yang beragam seperti udang asam manis,cumi –cumi serta aneka ikan. 

Selain menu hidangan laut terdapat menu makanan nusantara yang sangat terjangkau ayam goreng dan nasi goreng. Dengan cita rasa yang sangat lezat kita harus siap merogoh kocek nominal sebesar Rp.45.000 per porsi.

7. Dapur Penyet Jayapura

Tempat Makan Dapur Penyet Jayapura di Jayapura (@TripAdvisor)

Tempat ini menyediakan banyak paket makanan dengan harga murah dibanding beli terpisah. Jadi, cocok untuk makan bersama dengan keluarga. Tersedia ayam goreng sambal mercon plus sayur asem segar. Sambal merconnya lezat dan pesat, ditambah senyuman karyawan yang super ramah disini, tentunya akan menambah kenyamanan dan selera makan. Bebeknya gurih dan tidak amis seperti di tempat lain, pokoknya, cara pengolahan daging disini pantas diacungi jempol. Selain itu, tempatnya juga cocok dijadikan area kongkow sambil ngopi bersama teman kamu.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner yang bisa kamu temukan di Jayapura, Papua. Tentunya, setiap tempat kuliner punya ciri khas, kelebihan dan cita-rasa tersendiri yang merupakan jurus untuk menarik pelanggan. Untuk kamu yang ingin usaha kerajinan daerah  tapi bingung harus mulai dari mana? ikuti kursus di Vocasia “ Kerajinan Daya Tarik Pariwisata”! dan ikuti kursus yang lainnya masih banyak lagi tentunya!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *