Tanggal:25 April 2024

Bingung Cara Baca Ukuran Ban Mobil? Begini Cara Bacanya!

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara membaca ukuran ban mobil yang benar. Ha;nini bertujuan sgar kamu tidak salah memilih ukuran ban saat mengganti ban. Perhatikan bahwa setiap ban memiliki kode yang berisi kombinasi huruf dan angka. Kode tersebut memberikan informasi mengenai data teknis ban mobil, mulai dari jenis, ukuran, tahun pembuatan, kapasitas beban hingga batas kecepatan. Jika kamu belum mengetahui cara baca ukuran ban mobil, berikut ini adalah penjelasannya!

Cara Membaca Kode Ukuran Ban Mobil

Ban Mobil (Sumber: freepik.com)

1. Tiga Digit Angka Terdepan Merupakan Kode Lebar Ban

Misalnya kamu ingin membaca kode ban untuk mengetahui ukurannya maka kode yang akan anda lihat adalah 205/65 R15 95 H. Di awal anda akan melihat tiga digit angka yaitu 205. Perhatikan 3 angka pertama ukuran ban mobil adalah ukuran lebar atau tebal ban dalam milimeter pada saat ban dipasang.

Baca Juga | Serba-Serbi Asuransi Mobil: Pengertian, Manfaat, Dan Tips Memilihnya!

2. Dua Digit Angka Sehabis Garis Miring Adalah Rasio Ban

Setelah tiga angka pertama terdapat garis miring (/) yang memisahkan kode angka sebelumnya dengan angka berikutnya. Setelah garis miring terbalik ada 2 angka yaitu 65. Angka 65 adalah rasio ban. Arti kode rasio ban adalah rasio tinggi ban terhadap ketebalan ban.

3. Huruf di Bagian Tengah Merupakan Kode Konstruksi Ban

Selain angka, kode ban juga memiliki kombinasi huruf di tengah dan di akhir. Dalam contoh ini, huruf R adalah kode huruf tengah. Huruf R adalah kode konstruksi ban. Kode R adalah singkatan dari Radial.

4. Dua Digit Angka Sesudah Huruf ialah Kode Lebar Diameter

Selain itu, setelah kode huruf, ada angka dua digit. Pada contoh di atas, angka dua digit setelah huruf adalah angka 15. Kode angka ini menunjukkan lebar diameter ban dalam inci. Membaca ukuran ban mobil sangatlah mudah. Jika ingin mengetahui diameter pelek ban, periksa 2 digit angka setelah kode huruf di tengah. Jika jumlahnya bertambah, ukuran velg yang dipasang juga bertambah.

5. Dua Digit Angka Terakhir ialah Kode Batas Beban Tumpuan

Pada contoh kode di atas, dua angka terakhir adalah 95. Letaknya sebelum kode huruf terakhir. Kode dua digit ini adalah kode batas alas yang dapat dibawa oleh setiap ban. Jika ban mobil memiliki 95 sebelum huruf terakhir, berarti mobil tersebut dapat menahan beban statis hingga berat total 690 kg. 

Baca Juga | 18 Cara Menghemat BBM Mobil

6. Satu Huruf Terakhir Merupakan Kode Speed Rating 

Kode terakhir untuk membaca ukuran ban mobil adalah kode huruf di akhir. Pada contoh, kode huruf terakhir adalah huruf H. Kode grup ini menunjukkan kode peringkat kecepatan. Jika huruf indeks H ditulis, berarti kecepatan maksimum mobil tersebut adalah 210 km/jam. Selain itu, ada berbagai kode batas maksimum yaitu J, Q, S, T, U, V, W dan Y. Pada kode ini, J adalah kode kecepatan maksimum terendah, yaitu 100 km/jam. Y adalah kode batas kecepatan maksimal 300 km/jam.

Cara Membaca Kode Produksi Ban

Ban Mobil (Sumber: freepik.com)

Setelah mengetahui cara membaca kode ukuran ban mobil, kamu perlu mengetahui cara membaca kode pabrikan ban. Ternyata banyak orang yang belum familiar dengan metode ini. Sebagian besar kode produk ban dicetak dalam 4 digit. Dua digit pertama merupakan kode minggu atau week, sedangkan dua digit terakhir merupakan tahun pembuatan atau pembuatan ban mobil tersebut.

Misalnya 4022 yang artinya 40 adalah kode waktu pembuatan ban, jadi minggu 40. Selain itu, angka 22 berarti tahun pembangunan 2022. Namun, perhatikan bahwa nomor kode di sini tidak ada hubungannya dengan masa pakai atau tanggal kedaluwarsa ban. Jadi kode tersebut hanyalah penunjuk atau sekedar token produksi.

Umumnya, pembuatan kode produksi ban digunakan untuk kepentingan internal pabrikan ban. Selain itu, juga dapat memberikan informasi waktu pembuatan ban kepada pelanggan. Semua merek ban harus mencantumkan kode produksi karena ini merupakan persyaratan internasional. Dalam hal ini kode produksi menjadi catatan produksi perusahaan ban yang lolos SNI.

Baca Juga | Penyebab Radiator Mobil Bocor Dan Tips Mengatasinya

Demikianlah penjelasan mengenai cara membaca kode ukuran ban mobil dengan mudah. Dengan begitu, ketika akan mengganti ban mobil kamu tidak akan salah membeli. Semoga artikel ini membantu!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *