Tanggal:26 February 2024
MS Excel

Panduan Rumus HLOOKUP dan VLOOKUP

Buat kamu yang saat ini sedang mempelajari cara menggunakan excel dengan optimal, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan membahas tentang rumus HLOOKUP dan VLOOKUP bertingkat sekaligus cara penggunaannya.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak pembahasan ini dengan seksama!

Pengertian rumus HLOOKUP dan VLOOKUP excel

Kali ini Vocasia akan membahas salah satu fungsi rumus yang akan sering kamu gunakan. Fungsi rumus HLOOKUP dan VLOOKUP termasuk dalam kategori lookup and reference.

Microsoft excel sudah berhasil menjawab permintaan dari para penggunanya dimana banyak pengguna excel banyak yang berkeinginan untuk mencari suatu nilai dari suatu tabel lain berdasarkan kata kunci yang dikehendaki. MS Excel menyediakan rumus HLOOKUP dan VLOOKUP untuk mengatasi masalah ini.

Dengan rumus ini kamu bisa mengisikan data tabel berdasarkan data pada tabel yang berada di referensi lain dengan menggunakan nilai kunci yang sangat spesifik.

Kedua rumus ini memang sekilas terlihat sangat mirip, tetapi kedua rumus ini bisa kamu liat perbedaannya dari huruf depan. Di mana VLOOKUP dengan huruf “V” yang berarti rumus ini diperuntukan pada bentuk tabel yang memiliki header atau judul tabel yang terletak di atas dan datanya tersusun ke bawah.

Sedangkan HLOOKUP dengan huruf depan “H” yang berarti rumus ini diperuntukan pada bentuk tabel yang memiliki header atau judul tabel yang terletak di pinggir dan datanya tersusun ke samping.

Cara menggunakan rumus VLOOKUP beserta contohnya

Formula rumus VLOOKUP:

Formula rumus VLOOKUP - @kelasexcel.idFormula rumus VLOOKUP – @kelasexcel.id

Nama argumen KETERANGAN
lookup_value    (diperlukan) Nilai yang ingin kamu cari. Nilai yang ingin kamu cari harus berada di kolom pertama rentang sel yang kamu tentukan dalam argumen table_array argumen.

Misalnya, jika table-array membentang di sel B2:D7, maka sel lookup_value harus berada di kolom B.

Lookup_value dapat berupa nilai atau referensi ke sel.

table_array    (diperlukan) Rentang sel yang akan dicari VLOOKUP untuk lookup_value dan nilai kembali. kamu bisa menggunakan rentang bernama atau tabel, dan kamu bisa menggunakan nama dalam argumen sebagai ganti referensi sel.

Kolom pertama dalam rentang sel harus berisi nilai lookup_value. Rentang sel juga perlu menyertakan nilai kembali yang ingin Anda temukan.

Pelajari cara memilih rentang di lembar kerja.

col_index_num    (diperlukan) Nomor kolom (dimulai dengan 1 untuk kolom paling kiri table_array) yang berisi nilai kembali.
range_lookup   (opsional) Nilai logika yang menetapkan apakah kamu ingin VLOOKUP menemukan hasil yang sama persis atau yang mendekati:

  • Hasil yang mendekati – 1/TRUE mengasumsikan kolom pertama dalam tabel diurutkan secara numerik atau abjad, dan kemudian akan mencari nilai terdekat. Ini adalah metode default jika Anda tidak menentukannya.. Misalnya, =VLOOKUP(90,A1:B100,2,TRUE).
  • Hasil yang sama persis – 0/FALSE mencari nilai yang tepat di kolom pertama. Misalnya, =VLOOKUP(“Smith”,A1:B100,2,FALSE).

Contoh penggunaanya :

Cara Menggunakan VLOOKUP di Excel - @advernesia.com

Cara Menggunakan VLOOKUP di Excel – @advernesia.com

Cara menggunakan rumus HLOOKUP beserta contohnya

Formula rumus HLOOKUP :

Formula rumus HLOOKUP - @kelasexcel.id

Formula rumus HLOOKUP – @kelasexcel.id

Sama dengan Fungsi VLOOKUP Excel, Fungsi HLOOKUP juga memiliki empat argumen:

    NilaiYangDiCariNilai yang dicari pada baris pertama tabel. NilaiYangDiCari bisa berupa nilai, referensi, atau string teks.TabelReferensiTabel data dimana NilaiYangDiCari akan di temukan pada baris pertamanya. Gunakan referensi ke sebuah range, tabel, nama range atau nama tabel.NomorBarisNomor baris dalam TabelReferensi yang akan menghasilkan nilai yang cocok.RangeLookupBerisi TRUE atau FALSE. Nilai logika ini akan menentukan apakah kita ingin Hlookup mencari kecocokan yang sama persis atau kecocokan yang mendekati. Jika berisi TRUE atau dikosongkan (tidak diisi) maka Hlookup menghasilkan kecocokan yang mendekati. Jika FALSE, HLOOKUP akan menemukan kecocokan persis. Jika tidak ditemukan, akan menghasilkan nilai kesalahan #N/A.Contoh penggunaannya

    Cara Menggunakan HLOOKUP di Excel - @advernesia.com

    Cara Menggunakan HLOOKUP di Excel – @advernesia.com

    Demikian adalah pengertian, cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP di excel beserta contohnya.

    Baca juga: Rumus choose pada microsoft excel

    Ada event menarik nih buat kamu yang sedang ingin mempelajari sekaligus mempraktikan langsung mengenai rumus-rumus yang ada pada excel, dengan mengikuti program bootcamp excel dari Vocasia berikut ini.

    Bootcamp Excel "How To Become An Advance In Excel" dari Vocasia.id

    Bootcamp Excel “How To Become An Advance In Excel” dari Vocasia.id

    Yuk daftarkan dirimu segera sebelum kehabisan! Klik di sini untuk daftar!

    "Basic Excel Training For Professional Employees & Recruitment Selection Candidates" dari Vocasia

    “Basic Excel Training For Professional Employees & Recruitment Selection Candidates” dari Vocasia

    Buat kamu yang ingin mengunakan excel secara profesional untuk di dunia kerja, kamu bisa mengikuti kursus “Basic Excel Training For Professional Employees & Recruitment Selection Candidates” dari Vocasia. Kursus ini sangat cocok buat kamu yang masih pemula dalam menggunakan Excel.

    Dengan mengikuti kursus ini kamu akan mendapatkan beberapa benefit seperti:

    • Mampu mengenali basic tools yang ada di Excel
    • Mampu menggunakan Aplikasi Excel

    Nikmati diskon hingga 84%!

    Kamu akan mendapatkan 3,5 jam+ video yang terbagi dalam 60 materi pembelajaran dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun!

    Klik disini untuk daftar sekarang!

    Sumber: kelasexcel.id & microsoft.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *