Tanggal:07 May 2024

7 Rekomendasi Lagu Supaya Konsentrasi Saat Belajar!

Saat seseorang sedang belajar tentu butuh tempat yang nyaman dan tenang, selain itu harus memiliki konsentrasi yang penuh. Tetapi, kadang kebanyakan orang sulit untuk konsentrasi belajar, apakah kamu salah satu yang sulit konsentrasi saat belajar?.

Ketika mengerjakan sesuatu, kita membutuhkan situasi yang tenang untuk menyelesaikannya. Apalagi saat belajar, konsentrasi bisa mudah buyar dan pikiran malah melancong kemana-mana. Untuk kamu yang sering susah fokus saat belajar, pasti kamu membutuhkan suasana untuk mendukung mood belajar bukan? 

Misalnya, dengan mendengarkan lagu bisa menjadi tipsnya, lho. Karena, musik atau nada tertentu memiliki efek positif pada kondisi psikologi dan mental seseorang. Selain itu, musik juga menjadi perkembangan kinerja otak untuk meningkatkan daya konsentrasi. Terbukti diteliti dalam studi The Mozart Effect. Bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa mendengarkan musik Mozart bisa kerja mental otak yang dikenal sebagai penalaran spasial-temporal. 

Baca JugaCara Mengatasi Malas Belajar?

Selain itu, penelitian ini juga membuktikan adanya peningkatan konsentrasi pada seseorang saat mengerjakan sesuatu. Mendengarkan musik saat belajar memiliki sisi positif yang harus kamu tahu, lho! Yuk simak diantaranya: 

  • Musik yang menenangkan dan rileks dapat meredakan stres atau rasa cemas saat belajar.
  • Musik yang didengarkan saat belajar dapat membantumu untuk fokus pada tugas dan meningkatkan motivasi dan suasana hati.
  • Mendengarkan musik juga dapat membantu meningkatkan daya tahan jika harus belajar dalam sesi yang panjang.
  • Dalam beberapa kasus, ditemukan bahwa musik dapat membantu kamu menghafal dan menciptakan suasana hati yang positif, yang secara tidak langsung akan meningkatkan pembentukan memori. Namun, tidak semua lagu bisa meningkatkan konsentrasi belajarmu, lho. Ini dia, beberapa rekomendasi lagu yang bisa kamu dengarkan saat belajar, simak berikut ini. 

Rekomendasi Lagu Saat Konsentrasi Belajar

Mendengarkan Musik Untuk Konsentrasi Belajar (Pexels)

Untuk membantu kamu saat belajar agar lebih konsentrasi dan belajar menjadi lebih efektif, ada beberapa lagu dari berbagai genre yang bisa kamu dengarkan, lho. Diantaranya:

1. Soundtrack Film Animasi Studio Ghibli

Jika kamu penggemar animasi Jepang, pasti sudah tidak asing menonton film animasi Jepang karya studio Ghibli seperti Spirited Away, Totoro no Tonari, atau Princess Mononoke? Semua film karya studio Ghibli selalu memiliki soundtrack yang menenangkan, lho. Cocok untuk meningkatkan konsentrasi belajar kamu.

Baca JugaRekomendasi Musik Klasik Untuk Belajar

2. Ludwig Van Beethoven: Emperor Concerto For Piano No.5

Ludwig van Beethoven merupakan musisi dunia dengan karya musik yang luar biasa. Alunan nada indah karya Beethoven memang selalu berhasil membuat orang merasa tenang. 

  Tentu saja, simfoni yang diciptakan Beethoven juga terkenal ampuh untuk meningkatkan konsentrasi belajar! Salah satu karyanya yang berjudul Emperor Concerto for Piano, No. 5 dapat kamu dengarkan saat belajar untuk menambah konsentrasi.

3. Soundtrack Film Harry Potter

Melodinya yang unik dan nadanya yang naik-turun dijamin bakal bikin kamu bisa fokus belajar, lho. Lagu-lagu soundtrack film Harry Potter ini cocok untuk kamu yang mudah terdistraksi, sehingga bisa fokus dan konsentrasi terhadap belajar kamu. Tidak ada lirik, hanya alunan musik yang terkesan ‘misterius’ saja, tapi membuat kesan tenang dan mengembalikan mood saat belajar.

4. Wolfgang Amadeus Mozart: Symphony No. 40 in G Minor

 Musik klasik Mozart tentu tidak boleh dilewatkan! Apalagi, musik ini kerap digunakan sebagai terapi psikologi. Symphony No. 40 in G Minor dapat membantu proses kerja pada auditori dan fungsi motorik untuk meningkatkan konsentrasi anak dalam aktivitas apapun, termasuk saat belajar.

5. Sebastian Bach: Brandenburg Concertos 

Sebastian Bach merupakan komponis sekaligus musisi asal Jerman dengan nama lengkap Johann Sebastian Bach. Ia sangat terpandang di dunia musik lantaran karyanya yang selalu berkualitas. Semua karya musiknya, termasuk Brandenburg Concertos diketahui dapat menciptakan perubahan frekuensi elektromagnetik pada otak dalam hitungan 7.5 putaran setiap detiknya.

Hal ini menunjukkan proses yang disebut dengan Alpha Mode, yang mengindikasikan adanya peningkatan daya konsentrasi saat belajar. Dengan begitu,  belajar sambil mendengarkan musik ini bisa jadi cara untuk tingkatkan konsentrasi kamu, lho.

6. Album Folklore – Taylor Swift

Berbeda dengan lagu di album-album yang lainnya, lagu-lagu di album Folklore milik Taylor Swift memiliki ciri khas yang lembut dan menenangkan. Tips mendengarkan lagu-lagu album Folklore secara acak agar meningkatkan suasana hatimu saat belajar. Maka, kamu akan tambah fokus saat mengerjakan tugas.

7. Lo-Fi Hiphop Chill Beats

Apakah kamu pernah mendengarkan lagu Lo-Fi? Musik ini merupakan musik instrumental yang dipadukan dengan suara-suara nyata seperti kicauan burung, denting sendok, hingga rintik hujan. Ada banyak musik Lo-Fi yang bisa kamu dengarkan melalui platform YouTube saat belajar tentunya.

Sudah terbukti bahwa musik Lo-Fi bisa meningkatkan konsentrasi kamu saat belajar. Saat mendengarkannya, kita akan seolah-olah berada di situasi tertentu. Tak hanya terdiri dari nada musik, Lo-Fi juga memiliki sentuhan suara nyata seperti rintik hujan, bunyi cangkir diaduk, hingga kicauan burung. Melalui YouTube, kamu bisa mencari playlist Lo-Fi musik yang sesuai dengan tema kegiatan, seperti belajar, bekerja, dan masih banyak lagi tentunya.

8. Fourtwnty – Fana Merah Jambu

Buat kamu yang menginginkan suasana syahdu di kala belajar, bisa sambil mendengarkan lagu Fourtwnty yang satu ini. Alunan nadanya yang easy-listening bakal bantu kamu untuk lebih berkonsentrasi. Jangan lupa untuk memasukkan lagu ini ke playlist belajarmu ya!

Baca Jugahttps://vocasia.id/blog/apa-itu-terapi-musik/

Inilah, beberapa rekomendasi musik yang dapat kamu dengarkan saat belajar. Semoga berhasil meningkatkan konsentrasi kamu, ya! Jangan lupa, membangun suasana yang tenang dan nyaman, sehingga tidak mudah terdistraksi saat belajar. Semangat selalu menjalani aktivitas hari-hari kamu.

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *