Tanggal:16 May 2024

Sering Lupa ? Lakukan Cara Ini Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Apakah kamu termasuk orang yang pelupa ? Sering lupa itu merupakan hal yang sangat tidak menyenangkan. Apalagi disaat kamu terburu-buru dan membutuhkan barang yang kamu lupa sebelumnya taruh dimana. Dijamin deh habis itu mood mu jadi berantakan seketika. Lupa adalah kondisi otak yang mencoba untuk menggali, mencari, dan mengingat kembali memori yang tersimpan. Lupa ini merupakan suatu hal yang wajar dialami hampir setiap orang. Penyebab seseorang lupa biasanya adalah dikarenakan pola hidup yang tidak sehat.

Dilansir dari alodokter, secara garis besarnya ingatan manusia terbagi menjadi ingatan jangka pendek, dan jangka panjang. Ingatan jangka panjang adalah informasi yang tersimpan dalam waktu yang lama. Misalnya, hal-hal yang terjadi beberapa hari hingga belasan tahun lalu. Sedangkan ingatan jangka pendek. Merupakan ingatan yang mudah hilang jika tidak diakses kembali atau tidak dibutuhkan dengan cara digantikan oleh informasi baru.

Faktor-Faktor Penyebab Lupa

Dilansir dari alodokter, penyebab lupa terdiri dari berbagai faktor. apa sajakah itu ? simak dibawah in, ya!

  • Konsumsi Obat-Obatan

Ada beberapa jenis obat, seperti obat antidepresan, obat tidur, dan obat pereda nyeri, berisiko menurunkan kemampuan mengingat.

  • Stress dan Depresi

Stress dan depresi akan membuat anda sulit fokus dan berkonsentrasi, serta kemampuan mengingat juga menurun.

  • Kurang Tidur

Kurangnya kualitas dan waktu tidur akan menyebabkan penurunan kemampuan otak dalam memproses informasi.

  • Kekurangan Nutrisi

Beberapa jenis nutrisi dapat mendukung kerja otak, seperti vitamin B1 dan B12. Kekurangan vitamin tersebut dapat memengaruhi daya ingat.

  • Kondisi atau Penyakit Tertentu

Kondisi seperti cedera kepala dapat mempengaruhi kemampuan mengingat. Serta penyakit akibat infeksi seperti tubercolosis juga menyebabkan penurunan daya ingat.

Dari penjelasan diatas kita bisa mengetahui penyebab mengapa seseorang bisa mudah lupa. Namun rata-rata kebanyakan orang mudah lupa diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu, agar kamu tidak terus-terusan lupa. Kamu perlu nih mengikuti cara-cara yang ada di artikel ini. Simak penjelasannya lebih lanjut, ya!

7 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

1. Membuat Catatan

Ilustrasi Membuat Catatan(pexels.com/cottonbro)

Cara agar kamu tidak lupa adalah dengan membuat catatan. Buatlah catatan dengan rinci agar memudahkan kamu untuk mengingat apa yang harus kamu lakukan. Kamu bisa membuat catatan apapun, misalnya catatan pekerjaanmu, catatan rincian barang belanjaan yang akan dibeli, dan catatan penting lainnya.

Catatan tersebut kamu buat sewaktu kamu senggang, dan saat sudah terpenuhi maka kamu bisa menceklistnya. Saat menceklist catatan tentunya akan ada kepuasan tersendiri untukmu, karena kamu telah melakukan banyak hal. Dengan membuat catatan kegiatan juga akan mempermudah dirimu untuk mengikuti kegiatan sesuai dengan kesesuaian waktu yang sudah kamu tentukan.

2. Bermeditasi

Ilustrasi Wanita Bermeditasi(pexels.com/andrea piacquadio)

Meditasi bertujuan untuk menenangkan pikiran. Selain itu meditasi juga bisa meningkatkan daya ingat seseorang jika dilakukan dengan tenang dan penuh konsentrasi. Dalam sebuah riset  pada tahun 2018. Bermeditasi ternyata bisa meningkatkan fungsi otak, mengurangi tanda-tanda degenerasi otak, dan meningkatkan memori jangka panjang.

Dengan kamu bermeditasi juga dapat meningkatkan plastisitas otak (kemampuan otak untuk membentuk koneksi). Hal ini dapat menjaga kesehatan otak agar berfungsi baik dalam jangka panjang. Kamu bisa bermeditasi di tempat dengan suasana tenang. Dan kamu juga bisa menaruh lilin aromaterapi untuk membuat tubuh serta pikiranmu menjadi lebih rileks.

Baca Juga : Begini 8 Cara Meditasi Untuk Menenangkan Pikiran

3. Berolahraga

Ilustrasi Wanita Berolahraga(pexels.com/david gomes)

Dengan kamu berolahraga, maka akan membuat tubuhmu bugar.Selain itu dalam sebuah penelitian yang dirilis dalam Journal of Exercise Rehabilitation.Berolahraga teratur dapat mengurangi risiko penurunan kognitif sehingga melindungi otak dari penyakit degeneratif seperti demensia dan Alzheimer. Dan dalam sebuah studi tahun 2017. Berolahraga aerobik secara teratur, terutama dengan berlari, menari, hingga berenang, dapat meningkatkan kemampuan daya ingat pada orang yang mengidap penyakit Alzheimer. Begitu banyak manfaat berolahraga pada kesehatan memori kita. Yuk, mulai rajin berolahraga dari sekarang!

4. Mengurangi Konsumsi Gula

Ilustrasi Permen(pexels.com/somben chea)

Mengonsumsi makanan maupun minuman dengan banyak kandungan gula, sangat tidak baik untuk tubuh. Bukan hanya penyakit diabetes saja lho, mengonsumsi gula berlebih juga dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif pada otak. Penelitian juga menunjukkan, mengonsumsi terlalu banyak gula bisa mengurangi volume otak dan menurunkan daya ingat. Khususnya untuk memori jangka pendek. Jadi buat yang suka lupa menaruh barang, coba ingat-ingat lagi apakah kamu berlebihan dalam mengonsumsi gula? Kalau iya mulai kurangi yaa. Karena mengonsumsi gula yang berlebih juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

5. Istirahat

Ilustrasi Seorang Pria Sedang Tidur(pexels.com/emma filer)

Istirahat yang cukup akan menenangkan pikiranmu. Ketika pikiranmu tenang maka daya ingatmu pun menjadi lebih tajam. Kamu bisa beristirahat dengan tidur yang cukup 8 jam sehari agar pikiranmu lebih segar.

6. Mengonsumsi Coklat Hitam

Ilustrasi Cokelat Hitam(pexels.com/ella olsson)

Dilansir dari sehatq flavonoid yang terkandung di dalam coklat hitam dapat meningkatkan kemampuan otak. Partisipan dari sebuah studi yang memakan cokelat hitam, menunjukkan nilai yang lebih baik saat menjalani tes daya ingat. Hasilnya terlihat lebih baik ketika dibandingkan mereka yang tidak memakan cokelat hitam. Sebab, flavonoid yang ada di dalam cokelat hitam membuat aliran darah ke otak lebih lancar.

7. Banyak Minum Air Putih

Ilustrasi Air Putih(pexels.com/pixabay)

Agar otakmu bekerja dengan optimal maka kamu harus banyak minum air putih. Otak yang bekerja secara optimal akan membantu dirimu untuk meningkatkan daya ingatmu. Rajinlah minum air putih minimal 2 liter per-hari, dan kamu akan merasakan khasiatnya pada ingatanmu yang semakin tajam.

Nah itu dia tadi tujuh cara meningkatkan daya ingat. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Baca Juga : 10 Cara Sukses Merekrut Karyawan, Yuk Ikuti!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *