Tanggal:22 June 2024

5 Manfaat Antioksidan dan Sumber Makanannya Bagi Tubuh, Kamu Wajib Tahu!

ilustrasi copywriting untuk produk makanan (pixabay.com)

Tubuh setiap hari dapat terkena paparan radikal bebas yang berasal dari lingkungan, makanan, dan minuman yang dikonsumsi. Adapun radikal bebas secara alami dihasilkan saat kamu melakukan olahraga. Dampak yang ditimbulkan dari radikal bebas dalam tubuh dapat berbagai macam, misalnya menyebabkan stres oksidatif, yaitu suatu proses dalam tubuh yang dapat memicu kerusakan sel. Stres oksidatif memiliki peran dalam berbagai penyakit dan tentu Kamu berusaha menghindarinya. 

Untuk menangkal radikal bebas, di dalam tubuh sudah tersedia pertahanan khusus yakni antioksidan untuk menghindarkan Kamu dari efek buruk. Antioksidan adalah suatu senyawa yang dapat menghambat terjadinya oksidasi dari senyawa lain. Walaupun dalam tubuh terdapat keduanya, radikal bebas yang dihasilkan cenderung jumlahnya melebihi antioksidan alami. Cara kerja antioksidan di dalam tubuh sifatnya sebagai penetralisir sifat reaktif molekul radikal bebas.

Kegunaan Antioksidan Bagi Tubuh

Pemaparan di atas jelas mengungkapkan bahwa antioksidan fungsi utamanya adalah dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang menumpuk adalah salah satu penyebab dari berbagai penyakit berbahaya dan mematikan. 

Untuk mengetahui sumber makanan yang kaya antioksidan, kamu bisa mengonsumsi bahan makanan alami yang mengandung vitamin A, C, E, dan karotenoid seperti lutein, beta karoten, serta likopen yang banyak terdapat pada sayur dan buah.

Vitamin A, C, dan E bisa Kamu temukan dalam berbagai buah dan sayur. Vitamin A banyak Kamu dapatkan khasiatnya untuk tubuh dan wajah. Vitamin C akan membantu melindungi tubuh dari infeksi, mencegah kerusakan sel, hingga membantu produksi kolagen yang bermanfaat untuk melekatkan tulang dengan otot. Serupa dengan vitamin E yang dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan penyebab kanker, penyakit jantung, hingga penyakit mata. Biasanya, vitamin ini bekerja bersama dengan vitamin C untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif.

Selain itu, fitonutrien sebagai komponen yang hanya terdapat dalam sayur dan buah dan memiliki peran dalam memberi warna atau aroma khas dari sayur buah tersebut. Fitonutrien dari golongan karotenoid juga banyak mengandung antioksidan. Sumber makanannya antara lain wortel, tomat, serta sayur-sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli dan kale. Adapun 5 manfaat antioksidan yang wajib kamu ketahui, yuk simak!

  • Mencegah Berbagai Penyakit
Mencegah berbagai penyakit dalam tubuh. Sumber: pexels.com

Cara kerja antioksidan sebagai penetralisir dapat mencegah penyakit berbahaya yang timbul seperti kanker, jantung, saraf, penglihatan, dan alzheimer. Namun, akan lebih besar pengaruhnya apabila sumber makanan dikonsumsi dalam bentuk alaminya, bukan dalam bentuk suplemen.

Meskipun banyak penelitian yang memiliki keterbatasan, tapi manfaat dalam mengonsumsi buah dan sayur secara alami yang kaya akan antioksidan memberikan hasil positif untuk melawan dampak buruk radikal bebas dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen. Adapun studi lainnya yang memperlihatkan bahwa suplemen beta-karoten dapat berpengaruh terhadap risiko kanker paru-paru pada perokok.

Jadi, untuk terhindar dari berbagai penyakit berbahaya dan mematikan usahakan untuk mendapatkan sumber makanan kaya antioksidan dari bahan-bahan alami serta melakukan pola hidup yang lebih sehat.

Baca juga: tips agar rumah tangga harmonis dan langgeng

  • Menjaga Kesehatan Tubuh

Bagus untuk kesehatan tubuh. Sumber: pexels.com

Antioksidan yang kaya akan kandungan vitaminnya dapat membantu menjaga kesehatan bagian tubuh tertentu. Keutamaannya terletak dalam bagian mata dan kulit. Vitamin A dan beta karoten merupakan jenis antioksidan yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan mata. Keduanya mengatur pigmen yang dihasilkan oleh retina (lapisan yang peka cahaya dari jaringan di mata). 

Adapun antioksidan berguna bagi kulit wajah yang terlalu sering terpapar sinar matahari. Hal tersebut akan mempercepat produksi melanin di kulit sehingga menimbulkan bintik-bintik hitam pada kulit. Antioksidan yang kandungannya kaya akan vitamin C telah terbukti memberi manfaat dalam mengurangi pigmentasi melanin pada kulit. Tidak hanya itu, peran vitamin A juga turut ada dalam menjaga kesehatan kulit yaitu berfungsi menghilangkan sumbatan keratin dalam pori-pori yang menjadi penyebab munculnya komedo dan jerawat serta membantu mengurangi produksi minyak dan hasilkan wajah yang bersih dan sehat.

Baca juga: makanan pembesar otot wajib harus kamu konsumsi untuk ototmu

  • Meningkatkan Imun Tubuh
Tingkatkan imun tubuh. Sumber: pexels.com

Saat masa pandemi seperti ini, imun tubuh harus tetap terjaga dan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar berjalan dengan baik. Selain itu, antioksidan juga bisa berfungsi memerangi peradangan saraf yang disebabkan oleh kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini dianggap jadi penyebab penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Baca juga: cara untuk terapi self healing perlu isolasi diri

  • Meningkatkan Memori dalam Otak
Bantu meningkatkan memori. Sumber: pexels.com

Antioksidan dalam vitamin E dan C, memiliki manfaat dalam meningkatkan kinerja otak dalam menjaga kemampuan kognitif. Keduanya bekerja untuk tingkatkan kemampuan sel otak untuk meningkatkan memori dan terhindar dari pikun. Selain itu, antioksidan dapat membuat sirkulasi darah ke otak menjadi lancar. 

Baca juga: manfaat shiatsu massage dari Jepang bisa mengatasi depresi

  • Mencegah Penuaan Dini
Terhindar dari penuaan dini. Sumber: pexels.com

Antioksidan menjadi salah satu jenis perawatan kulit yang efektif dan mencegah penuaan dini pada kulit. Radikal bebas diketahui sebagai salah satu penyebab penuaan pada kulit dan antioksidan hadir untuk mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Ketika kulit terpapar sinar UV dengan tingkat tinggi, kulit akan mengalami oksidasi yang disebut kerusakan foto-oksidatif dan bisa merusak sel, protein, dan DNA kulit, sehingga menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini. 

Baca juga: makanan dan minuman ini bisa mencegah jerawat wajib kamu konsumsi

Itu dia 5 manfaat antioksidan dan sumber makanannya yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Bagi Kamu yang membutuhkan asupan kaya antioksidan Kamu bisa pahami lebih lanjut manfaat di atas, ya. 

Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu bisa klik disini. Jangan lupa untuk ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan. Butuh pelatihan atau kursus lainnya? Kamu bisa akses dengan klik tautan berikut.

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *