Tanggal:07 May 2024

Yuk, Cari Tahu Apa itu Gamification dalam Marketing!

Gamification adalah proses menyatukan teknik game ke dalam sistem pemasaran perusahaan melalui aplikasi atau website tertentu. Istilah gamification sudah sangat populer di kalangan bisnis, loh. Beberapa perusahaan pun sudah banyak yang menggunakan konsep pemasaran ini. Dengan melakukan gamification, kamu bisa menambah elemen pada situs atau aplikasi dengan hadiah, tantangan, dan lain-lain. Hal ini akan memicu ketertarikan pengguna untuk berlomba dalam permainan tersebut. Pengguna akan semakin tertarik dan mengenal brand yang kamu pasarkan dengan mudah.

Gamification juga dikenal dapat meningkatkan brand awareness dalam sebuah bisnis. Pasalnya, sistem pemasaran jenis ini mampu membuat penggunanya merasa senang dan mulai tertarik mengenal brand yang dipasarkan. Gamification sangat menjanjikan untuk digunakan sebagai sebuah sistem pemasaran yang sangat merangkul para pengguna. Pengguna yang menggunakan aplikasi atau situs tertentu bisa memperoleh hadiah ataupun poin yang dapat menambah awareness. Kamu bisa menggunakan gamification sebagai teknik yang efektif menjangkau pengguna dalam mengenal sebuah brand.

Baca Juga | Brand Awareness: Pengertian, Manfaat, Strategi, Dan Contoh

Elemen Gamification :

1. Poin

Ilustrasi Melihat Poin dalam Aplikasi (pexels)

Elemen gamification pertama yang terpenting adalah poin. Poin merupakan metode sederhana di mana pengguna akan mendapatkan hadiah atau imbalan ketika telah melakukan sesuatu. Kamu bisa memberikan kepada pengguna dalam situs atau aplikasi beragam jumlah poin. Poin yang diberikan dapat disesuaikan dengan kinerja pengguna dalam permainan tersebut. Contohnya adalah pemberian poin setiap pembayaran nontunai saat tujuan yang ingin dicapai adalah peningkatan pembayaran dengan nontunai. Hasil poin yang diterima bisa dikumpulkan untuk pembelian maupun klaim hadiah lainnya.

Baca Juga | Apa Itu Purchase Order (PO)? Pengertian, Penerapan, Fungsi, Dan Contohnya

2. Lencana

Ilustrasi Melihat Penghargaan dalam Website (pexels)

Lencana dapat diberikan sebagai bentuk penghargaan sebuah pencapaian tertentu. Kamu bisa memberikan kepada pengguna dalam bentuk seperti pencapaian sebuah level setelah bermain berkali-kali atau melakukan pembelian berulang kali. Pengguna akan merasa senang dan dihargai atas apa yang telah dilakukan dalam permainan tersebut. Kamu pun sebagai pemilik brand dinilai sangat peduli kepada para pengguna dalam aplikasi tersebut. Hal ini tentu saja akan meningkatkan brand awareness maupun brand loyalty dari bisnis yang kamu jalankan.

Baca Juga | Bingung Cara Meningkatkan Loyalitas Pelangganmu? Cek 5 Tips Ini!

3. Papan peringkat

Ilustrasi Pengecekan Peringkat dengan Kompetitor (pexels)

Selanjutnya, papan peringkat atau leaderboard. Papan peringkat adalah cara yang ditujukan kepada para pengguna agar dapat melihat posisinya dibanding orang lain. Pengguna dapat melihat posisi yang telah diraih berdasarkan skor yang diperoleh. Hal ini dapat membuat pengguna semakin merasa kompetitif dan terus berusaha berkompetisi dengan pengguna lainnya. Dan kamu pun bisa terus memanfaatkan momentum ini sebagai bagian dari penjaring brand loyalty terhadap bisnis yang digeluti melalui metode gamification. Pemasaran berbasis permainan ini memanglah sangat menguntungkan bagi kamu sebagai pemilik bisnis.

Baca Juga | Apa Itu Infografis? Pengertian, Jenis, Dan Cara Membuatnya

Manfaat Gamification :

1. Menambah Brand Awareness

Pexels

Sistem pemasaran yang dikemas melalui permainan sangat mengundang banyak rasa penasaran. Para pengguna aplikasi atau situs tersebut tentu akan menceritakan kepada orang lain dan semakin meningkatkan brand awareness. Kamu sebagai pemilik brand dapat dengan mudah memperkenalkan brand melalui pengguna aplikasi permainan tersebut.

Kesadaran akan brand juga akan meningkatkan penjualan produk yang kamu tawarkan. Para pengguna akan merasa puas dan bahagia atas poin atau perhargaan yang diterima melalui aplikasi, terlebih jika dapat ditukarkan dengan produk tertentu. Kamu dituntut untuk terus pandai menciptakan sesuatu yang baru bagi para pengguna aplikasi berbasis gamification.

Baca Juga | 5 Cara Jitu Meningkatkan Brand Awareness, Ayo Terapkan Sekarang!

2. Menumbuhkan Brand Loyalty 

Pexels

Brand loyalty adalah pola kesetiaan seorang pengguna atau konsumen akan produk yang dipasarkan brand tersebut. Para pengguna dapat menunjukkan kesetiaannya melalui cara pembelian secara berulang. Setelah kamu mendapatkan brand awareness, tentu para pengguna akan setia terhadap brand kamu. Hal tersebut dapat menimbulkan tumbuhnya brand loyalty. Kamu pun mampu menciptakannya melalui hubungan yang telah dibentuk dalam sistem pemasaran gamification. Tentu saja kamu sangat merasa beruntung karena pengguna dapat mengenal sekaligus loyal terhadap brand. 

Nah, itu dia penjelasan tentang gamification. Kamu hanya perlu memutar otak untuk terus menciptakan sesuatu yang baru. Pembaruan dapat kamu terapkan di dalam sistem aplikasi atau situs permainan tersebut. Konsep gamification dalam pemasaran memang sangat menyenangkan. Para pengguna dibuat seolah terbuai dengan rasa senang dalam setiap permainan di dalamnya. Kesenangan itu dapat menimbulkan dampak positif pada bisnis. Tentu saja sangat menguntungkan dan menjanjikan bagi bisnis kamu.

Baca Juga | Apa Itu Brand Loyalty? Definisi, Fungsi, Dan Contohnya

Kursus digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *