Tanggal:12 May 2024

9 Situs Memperpendek Link Gratis dan Mudah

Ketika kamu hendak membagikan tautan atau link, mungkin kamu pernah mendapatkan sebuah link yang begitu panjang, sehingga memenuhi kapasitas karakter. Alhasil, kamu akan menjadi sedikit repot mencari tahu bagaimana cara memperpendek link tersebut.

Namun tidak perlu khawatir, sekarang sudah banyak situs yang menawarkan jasa pemendekan link atau tautan secara gratis. Dengan demikian, link yang kamu bagikan akan menjadi lebih pendek serta mudah diingat.

Di layanan situs tersebut, juga kamu bisa menggunakan banyak fitur yang dapat membantu kegiatan bisnismu. Berikut ini adalah 9 rekomendasi situs short URL yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk memperpendek link hingga mengelola link yang kamu perpendek. Simak yuk!

Baca juga: Apa Itu Link? Pengertian, Fungsi, dan Contoh

9 Rekomendasi Situs Gratis untuk Memperpendek Link

1. Bit.ly

9 Rekomendasi Situs Gratis untuk Memperpendek Link. Sumber: bit.ly

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan shortener URL gratis yang satu ini. Bit.ly merupakan salah satu situs short URL terbaik karena memiliki berbagai fitur bermanfaat yang bisa membantu kamu mengelola link. Penggunaannya yang mudah hingga akses gratis untuk banyak fitur bermanfaat, membuat Bit.ly menerima sekitar 600 juta permintaan untuk memperpendek URL setiap bulannya.

2. TinyURL

9 Rekomendasi Situs Gratis untuk Memperpendek Link. Sumber: Tiny.URL

TinyURL sudah ada sejak tahun 2002 dan bisa dikatakan merupakan pelopor situs short URL di internet. Short URL ini masih berfungsi dengan sangat baik hingga sekarang, walaupun tak menawarkan banyak fitur seperti situs short URL lain. Link yang kamu perpendek di TinyURL tak akan kedaluwarsa. Ini berarti, link tersebut akan tersedia selamanya dan bisa kamu manfaatkan sepuasnya. Jadi, tak usah cemas dengan broken link di kemudian hari.

3. Short URL

9 Rekomendasi Situs Gratis untuk Memperpendek Link. Sumber: Short.URL

Cara mempersingkat link yang selanjutnya dapat kamu coba dengan mudah melalui website Short URL. Akses yang sangat mudah dan bebas iklan, Short URL juga menawarkan versi fitur premium agar link shortener dapan di-scan melalui barcode hingga menambahkan ke browser extension.

4. S.id

9 Rekomendasi Situs Gratis untuk Memperpendek Link. Sumber: S.id

S.id merupakan situs short URL pertama yang datang dari dalam negeri. Situs short URL ini dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Selain memperpendek tautan, S.id juga bisa membaca statistik dari link yang kamu persingkat. Untuk penggunaannya kamu bisa memilih dua cara, yang pertama hanya mempersingkat link tanpa dimodifikasi. Cara kedua, kamu bisa memodifikasi akhiran (slug) link, dan melakukan tracking untuk link tersebut, tapi kamu harus mendaftarkan akun di website S.id.

5. BL.INK

9 Rekomendasi Situs Gratis untuk Memperpendek Link. Sumber: BL.INK

BL.INK adalah situs short URL dengan fitur yang sangat lengkap dengan dashboard yang user friendly. Dengan BL.INK kamu bisa mengkustomisasi link dan melacak lokasi orang yang mengklik, perangkat yang digunakan, hingga bahasa sehari-hari mereka sekalipun. Menariknya, versi gratis BL.INK menawarkan hampir semua fitur yang mereka miliki. Namun, terbatas hanya kepada satu pengguna dan 1,000 klik per link saja.

Baca juga: URL: Sudah Tahu Pengertian dan Bagian-bagiannya?

6. Rebrandly

9 Rekomendasi Situs Gratis untuk Memperpendek Link. Sumber: Rebrandly

Seringkali disebut sebagai kompetitor Bit.ly, Rebrandly sudah terbukti keandalannya untuk memperpendek URL online. Cara penggunaan penyingkat link ini sangat mudah, kamu hanya perlu mendaftarkan akun baru secara gratis, verifikasi email, kembali ke dashboard, lalu perpendek link apa saja yang diinginkan dan klik “Create Link”. Selain itu, kamu juga bisa melihat seberapa banyak klik yang didapat dari link yang sudah kamu persingkat.

7. Yourls

9 Rekomendasi Situs Gratis untuk Memperpendek Link. Sumber: YOURLS

Situs short URL yang satu ini merupakan singkatan dari “Your Own URL Shortener”. Berbeda dari layanan short URL lainnya, Yourls menggunakan sistem self-hosting sehingga kamu perlu melakukan instalasi manual di server hosting-mu sendiri. Yourls juga memungkinkanmu untuk mengecek data terkait pengguna internet yang mengklik link kamu.

8. Tiny.cc

9 Rekomendasi Situs Gratis untuk Memperpendek Link. Sumber: Tiny.cc

Meski mempunyai nama yang mirip, namun Tiny.cc tidak sama dengan TinyURL. Walaupun begitu, cara penggunaannya tak kalah mudah dibanding situs short URL lainnya, tapi kamu harus mendaftarkan akun terlebih dulu agar link yang kamu perpendek tidak hangus. Setelah memiliki akun, masukkan link yang akan dipersingkat, lalu klik “Shorten”.

9. T2M

9 Rekomendasi Situs Gratis untuk Memperpendek Link. Sumber: T2M

Satu lagi situs short URL terbaik dengan fitur lengkap. T2M memiliki dashboard di mana kamu bisa melihat berbagai statistik data. Dashboard ini mempermudah kamu melakukan analisis performa dari berbagai link yang telah diperpendek. T2M juga menawarkan kustomisasi URL yang bisa diatur kedaluwarsanya, memperpendek banyak link sekaligus, dan membagikan link ke media sosial cukup dengan satu klik saja. Salah satu fitur unik T2M yang yang jarang ada di situs short URL lain adalah Custom Analytic Reports.

Demikian 9 rekomendasi situs short URL terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mempersingkat link secara gratis dan mudah. Kamu bisa langsung mencoba dan menerapkan cara mempersingkat link tersebut terhadap bisnismu. Sebab URL atau link yang sudah dipersingkat bisa membantumu menaikkan traffic, mempermudah untuk mengingat link yang panjang hingga meningkatkan profesionalitas brand-mu.

Namun, apabila kamu ingin mempersingkat URL toko online milikmu, pastikan kamu mengarahkan ke website yang tepat, ya. Pastikan juga website-mu menggunakan cloud hosting terbaik agar selalu aman, cepat, dan bisa diandalkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantumu! Jangan lupa baca artikel kami yang lainnya juga, ya! Agar kamu tidak ketinggalan update penting lainnya!

Baca juga: 

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *