Tanggal:20 June 2024

Apa Itu Link? Pengertian, Fungsi, dan Contoh

Apa itu Link? Link adalah koneksi yang menghubungkan satu halaman ke halaman lainnya. Sebenarnya kata link adalah singkatan dari kata bahasa Inggris. Namun, karena kata hyperlink sangat panjang, kebanyakan orang lebih suka menyebutnya link (tautan).

Jika diartikan secara harfiah, hyperlink itu sendiri adalah objek HTML yang memungkinkan pengguna untuk membuka halaman web saat Anda mengklik atau mengetuk untuk membuka halaman web. Anda dapat menemukan tautan contoh di hampir semua halaman web.

Biasanya, link atau tautan digunakan untuk membuat navigasi antar halaman web menjadi jelas dan lancar.

Baca Juga: URL: Sudah Tau Pengertian dan Bagian-Bagiannya?

Fungsi Link

  • Memudahkan berbagi informasi sebuah website kepada antar pengguna internet. User hanya perlu membagikan tautan pendek tanpa harus menulis konten informasi secara keseluruhan.
  • Memudahkan visitor atau pengunjung web untuk menelusuri informasi yang tersimpan di dalam suatu website yang dikunjungi.
  • Link juga bisa digunakan untuk menghubungkan antar dokumen HTML pada sebuah website.
  • Berperan sebagai identitas konten dari situs website.

Baca juga: Cara Membuat Safelink di Blog Utama

Jenis-jenis Link

1. Backlink

Backlink symbol, white text on black brick wall

Salah satu jenis link yang paling umum sering disebut backlink. Secara sederhana, backlink adalah tautan dari situs web lain ke halaman di situs web. Misalnya, ketika ada halaman situs web yang mereferensikan artikel di situs web Anda dan memberikan tautan rujukan ke situs web Anda menggunakan kata kunci tertentu.

Backlink sering dikaitkan dengan SEO. Semakin banyak backlink yang didapat sebuah situs web, semakin tinggi skor SEO situs web tersebut. Backlink sering juga disebut dengan banyak istilah lain seperti inbound link, inbound link, inbound link, dan inbound link.

2. Internal Link

© SEOsatu Website

Tautan internal adalah tautan ke halaman web kita sendiri di situs web yang sama. Jenis tautan ini digunakan untuk navigasi dan membantu mesin pencari dan pengguna menavigasi situs.

Contoh tautan internal adalah ketika Anda membuat artikel dan memasukkan tautan dari berbagai artikel di situs web Anda. Tautan internal biasanya ditempatkan di artikel yang berdiskusi dengan artikel itu sendiri.

Jika teman-teman di Vocapedia ingin mencoba membuat internal link, situs Wikipedia adalah contoh situs dengan lokasi internal link terbaik

3. External Link

Seperti namanya, tautan eksternal adalah kebalikan dari tautan internal. Link tersebut tidak menyisipkan link ke website kita sendiri, melainkan ke halaman website lain.

Seringkali tautan eksternal juga dikaitkan dengan SEO. Saat situs Anda menyediakan tautan di situs lain, Google menganggap laman tersebut memiliki konten berkualitas.

Ini akan berpengaruh pada rating dan juga peringkat halaman tersebut pada halaman SERP (search engine result pages). External link juga sering dikenal dengan istilah outbound link.

Contoh Penggunaan Link

Merriam Webster menjelaskan hyperlink atau apa itu link adalah penyedia akses langsung dari satu halaman ke halaman berbeda atau dari dokumen sama ke dokumen berbeda.

Misalnya, apa tautan dalam pesan yang mengarahkan ke StarMED Healthcare, sebuah perusahaan yang membantu warga Charlotte memvaksinasi Covid-19. Hal yang sama juga berlaku saat Gugus Tugas Covid-19 Indonesia mengirimkan pesan dengan pesan berwarna biru.

Jalankan metode klik atau ketuk. Contoh penggunaan tautan adalah ketika tautan diklik, diketuk, atau dipilih, menurut Computer Hope, pada Rabu (1 Desember 2022), itu diartikan sebagai tautan di mana browser akan meninggalkan halaman saat ini dan membuka halaman baru.

Baca Juga: 9 Situs Mempersingkat Link Gratis dan Mudah

Jika penerima pesan mengklik, mengklik, dan memilih, dan jika Anda membuka tautan biru dari Gugus Tugas COVID-19, pesan tersebut mengarahkan penerima pesan ke halaman situs web Gugus Tugas COVID-19 di Indonesia.

Situsweb akan memberikan rincian lebih lanjut tentang vaksinasi dan berita tentang COVID-19. Britannica menjelaskan hal yang sama, dari apa itu tautan di dalam tautan adalah cara paling efisien untuk menyampaikan sejumlah besar atau banyak informasi yang disusun secara lebih sederhana, lebih mudah dipahami penerima sekaligus. Hyperlink atau apa itu tautan paling berhasil digunakan untuk situs web di Internet.

Baca juga:

Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *