Tanggal:21 July 2024
software perpustakaann

7+ Daftar Software Perpustakaan Digital Terbaik 2022

Perpustakaan menjadi tempat yang paling nyaman untuk membaca atau mengerjakan tugas. Namun, tak jarang keberadaan perpustakaan saat ini jarang ditemui. Hal tersebut dikarenakan dalam pengelolaannya dibutuhkan tenaga yang lebih banyak. 

Kursus online IELTS Vocasia

Meskipun demikian, seiring perkembangan teknologi, pengelolaan perpustakaan dikemas ke dalam bentuk software. Selain ringkas, adanya perpustakaan dalam bentuk digital ini membantu pengelolaan administrasi menjadi lebih efisien. Adapun penggunaan lainnya yang mendukung juga membaca buku melalui perangkat digital. Maka dari itu, dalam pembahasan kali ini akan dibahas beberapa software perpustakaan yang dapat Anda pilih untuk membaca buku secara lebih modern dan efektif. Check it out!

Baca juga: 7+ Situs Perpustakaan Online Bagi Pelajar Dan Mahasiswa

7 Daftar Software Perpustakaan 

1. Biblio 

software perpustakaann

ilustrasi software perpustakaann (sumber: pexels)

Software perpustakaan satu ini memiliki tampilan yang sederhana. Namun, aplikasi ini memiliki fitur lengkap dan gratis. Adapun beberapa fitur yang disediakan dalam aplikasi ini, seperti judul buku, penulis, ISBN, penerbit, koleksi, nomor indeks, nomor katalog, tahun cetak, dan lainnya. 

Apabila anggota ada yang berkeinginan untuk meminjam buku, Anda dapat melabeli buku tersebut dengan cara memasukkan nomor buku atau data lainnya. Status peminjaman yang dilakukan dapat terpantau di aplikasi ini, sehingga pengelola perpustakaan dapat mengetahui buku yang tersedia di perpustakaan. 

Laporan bulanan juga dapat dilakukan melalui aplikasi ini dengan mengekspor data setiap bulan, sehingga seluruh transaksi peminjaman dan riwayat selama satu bulan penuh dapat terlihat. 

2. iPusnas 

Bersama developer Aksaramaya, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia meluncurkan aplikasi iPusnas. Fitur yang disediakan aplikasi ini ialah fitur media sosial yang dapat memudahkan interaksi antara sesama anggota perpustakaan serta peminjaman buku. 

Adapun fitur ePustaka yang dapat memudahkan anggotanya untuk menjadi anggota perpustakaan yang berbeda. Selain itu, pengguna juga dapat melihat aktivitas pengguna lain dengan fitur feed. Tidak heran jika aplikasi ini menjadi pilihan terbaik di tahun 2022. 

3. BiblioteQ

BiblioteQ memiliki kemiripan dengan aplikasi Biblio. Aplikasi ini sama-sama berguna sebagai software perpustakaan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pengelolaan buku, majalah, jurnal, CD, DVD, maupun permainan sekalipun. 

Oleh karena itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seputar literasi dan pengelolaan file. Apabila Anda tertarik untuk mengunduh aplikasi ini, silakan kunjungi laman https://biblioteq.sourceforge.io/ dan mulai unduh aplikasinya. 

Baca juga: Wajib Datang! 7 Perpustakaan Terbaik Dan Nyaman Di Jakarta

4. iJakarta 

ilustrasi fitur iJakarta (sumber: thejakartapost.com)

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia memiliki iPusnas, sedangkan Dinas Perpustakaan Kearsipan milik Pemerintah Provinsi Jakarta mempunyai iJakarta. Fitur yang dimiliki pada software perpustakaan digital ini ialah fitur sosial media yang akan memudahkan anggotanya untuk berdiskusi dengan anggota lainnya. 

Sama halnya dengan iPusnas yang menyediakan fitur ePustaka, Anda juga dapat melakukan penyimpanan buku elektronik dalam aplikasi, sehingga memudahkan Anda dalam membaca dan mengelola buku yang Anda pinjam. 

5. Learning Management System (LMS)

LMS merupakan salah satu aplikasi yang dapat mengelola perpustakaan dengan desain yang lebih menarik dari aplikasi lainnya. Tampilan modern dan fungsional menjadi unggulan dari aplikasi ini, sehingga selain memanjakan mata, penggunanya juga dapat menikmati fitur di dalamnya sesuai fungsinya masing-masing. 

LMS ini juga lebih personal dalam masalah pengelolaan perpustakaan karena mengedepankan kenyamanan. Maka tak heran jika aplikasi ini banyak digunakan untuk perpustakaan pribadi, desa, sekolah, bahkan kota. Tak hanya itu, fitur pelaporan yang disediakan dalam aplikasi ini juga memudahkan pihak administrasi dalam membuat laporan secara detail dan lengkap. 

6. ePerpus 

Tak mau kalah, Gramedia Digital Nusantara juga turut mengembangkan software perpustakaan berbasis digital bernama ePerpus. Aplikasi ini akan memudahkan penggunanya dalam membaca, meminjam buku majalah, dan koran dalam bentuk digital. 

Fitur yang disediakan dalam aplikasi ini juga cukup lengkap. Selain itu ePerpus menyediakan berbagai karya dari penerbit dan penulis kelas atas di Indonesia, seperti Elex Media Komputindo, Mizan, John C. Maxwell, Mizan dan sebagainya. 

7. iSantri 

Sesuai namanya, software perpustakaan ini diperuntukkan oleh santri. Aplikasi ini sendiri dikeluarkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia dalam memfasilitasi bidang literasi pada santri. 

Dalam hal fitur, aplikasi ini cenderung memiliki kesamaan dengan aplikasi iJakarta karena memiliki kesamaan developer. Hal yang membedakan dari aplikasi ini terletak pada koleksi buku yang disediakan, yaitu buku-buku dengan tema keagamaan. 

Baca juga: 7+ Aplikasi Novel Penghasil Uang, Terbukti Membayar Lho!

Demikian paparan mengenai daftar software perpustakaan terbaik di tahun 2022. Selain aplikasi yang telah disebutkan, ada pula beberapa pilihan software perpustakaan yang dapat Anda pilih, seperti My Ebook Library, Software Perpustakaan, Calibre eBook Management, School Library System, Book tracker, bookTome, Handy Library, AnyBooks, T-Perpus, Wattpad dan jenis lainnya. Jadi, mana pilihan aplikasi perpustakaanmu? 

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *