Tanggal:22 June 2024

7+ Situs Perpustakaan Online bagi Pelajar dan Mahasiswa

Perpustakaan online merupakan sebuah sistem yang mempunyai berbagai layanan dan informasi dalam format digital. Ia dapat diakses melalui berbagai perangkat seperti ponsel, laptop, tablet, bahkan komputer. Jenis perpustakaan ini tentu saja akan mempermudah penggunanya. Perpustakaan online berbeda dengan jenis konvesional yang berupa kumpulan buku cetak dan harus dijumpai secara langsung ke perpustakaan.

Kursus online IELTS Vocasia

Isi dari perpustakaan online berada pada suatu server yang bisa diakses secara cepat, tepat, dan akurat walaupun dengan kondisi jarak jauh. Namun, jika ingin menggunakannya, kamu harus memiliki jaringan internet yang memadai, ya. Biasanya perpustakaan online digunakan oleh para akademisi, khususnya pelajar, mahasiswa, dosen, dan peneliti.

Baca Juga | 8 Cara Efektif Atasi Malas Belajar, Bikin Semangat Kamu Bangkit!

Perpustakaan berperan sebagai wadah yang menyediakan berbagai sumber referensi dan rujukan secara sentral guna pengembangan ilmu pengetahuan yang berkualitas. Pengembangan dan pemberdayaan perpustakaan merupakan suatu pilihan yang tepat dalam rangka memperbaiki mutu pendidikan.

Maka dari itu, perpustakaan jenis ini lebih ekonomis dan menguntungkan bagi semua kalangan. Keberadaan perpustakaan online sangatlah dinantikan oleh mahasiswa tingkat akhir. Hal itu dikarenakan dapat meminimalisir biaya pengeluaran. Mahasiswa tak perlu lagi mengeluarkan ongkos untuk biaya transportasi mengunjungi perpustakaan offline. Tujuan perpustakaan online adalah untuk meningkatkan akses yang lebih baik dengan memanfaatkan teknologi.

Baca Juga | Bangun Pikiran Positif Dengan Kata-Kata Bijak Bahasa Inggris!

Nah, kamu sudah tahu belum seputar situs perpustakaan online? Ternyata kamu bisa menikmatinya secara gratis, lho. Keren banget, bukan? Pada kesempatan kali ini Vocasia akan memberikan beberapa rekomendasi secara detail untuk kamu semua. Yuk, simak satu per satu hingga akhir!

Baca Juga | 7 Tips WFH Agar Tetap Produktif & Tehindari Dari Stress

11 Situs Perpustakaan Online Terpecaya

Ilustrasi Perpustakaan Online (Pixebay)

Adanya perpustakaan online sangat mempermudah kita untuk mengakses e-book secara gratis dan legal. Jadi, tak perlu lagi repot-repot datang ke perpustakaan secara langsung dan bisa lebih menghemat waktumu. Berikut ini situs yang bisa kamu kunjungi:

Baca Juga | Website Gratis Untuk Belajar Bahasa Inggris!

1. Z-Library

Rekomendasi pertama adalah Z-Library. Ia merupakan perpustakaan terlengkap yang menyediakan beragam buku, artikel, jurnal ilmiah nasional maupun internasional, serta penelitian. Jika membutuhkan referensi buku internasional, kamu dapat mencarinya dalam perpustakaan digital yang satu ini. Kamu bisa mendapatkan e-book secara cuma-cuma, lho. Selain itu, situs www.z-lib.org juga cocok untuk kamu yang ingin membaca novel populer.

Baca Juga | 12 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Yang Praktis Dan Mudah Kamu Gunakan

2. European Digital Library

Apakah kamu membutuhkan beragam literatur yang berasal dari benua Timur Tengah? Perpustakaan online yang satu ini bisa menjadi referensi paling tepat. Setidaknya pada web ww.europeana.eu/ mempunyai lebih dari 2 juta link untuk beragam konten. Tak hanya buku saja, ada beragam lukisan, peta, musik, hingga film di dalamnya. Sehingga, referensi yang kamu dapatkan sangat lengkap dan beragam. Pastinya akan lebih menyenangkan saat mengeksplorasi menggunakan perpustakaan ini.

Baca Juga | 7 Rekomendasi Situs Web Kursus Bahasa Korea Agar Cepat Fasih!

3. Bibliomania

Situs yang satu ini di dalamnya terdapat buku ilmu pengetahuan, khususnya untuk para pelajar, mahasiswa, dan akademisi. Kamu bisa akses ribuan buku digital secara gratis melalui platform www.bibliomania.com. Di sana tersedia beragam referensi mulai dari buku akademik, penelitian, hingga jurnal. Perpustakaan ini akan membantu kamu dalam menyelesaikan semua tugas. Apalagi buku-buku yang disediakan dalam situs ini adalah buku resmi. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat menekan fitur check out buku yang disediakan dalam situs ini agar dapat menjadi koleksi buku pengetahuan terbarumu.

Baca Juga | Mengenal 3 Tipe Gaya Belajar Untuk Memudahkan Proses Belajar Kamu!

4. Library Genesis

Mahasiswa mana yang tak kenal dengan jenis perpustakaan digital gratis yang sangat lengkap satu ini? Ia menyediakan beragam buku digital yang bisa diakses siapa pun secara mudah. Kamu hanya perlu mengetikkan nama penulis ataupun judul buku, maka langsung muncul tampilan buku yang kamu inginkan. Sebagai informasi, tak hanya buku saja, ada berbagai penelitian, disertasi, jurnal, novel, buku dongeng, dan koran internasional yang tersedia dalam situs www.libgen.is ini.

Baca Juga | 10+ Aplikasi Live Streaming Untuk Kamu Yang Ingin Jadi Streamer

5. Project Gutenberg

Perpustakaan yang satu ini sudah memiliki lebih dari 60k koleksi e-book yang dapat kamu akses dan download secara gratis. Project Gutenberg merupakan proyek yang membawa puluhan ribu teks dari beragam tipe juga genre ke dalam domain publik. Mereka berfokus pada karya lama yang hak ciptanya sudah habis. Kamu akan dapat menemukan beragam buku, teks akademik, dan sejumlah bentuk dokumen lainnya. Kamu bisa mengunjunginya melalui website www.gutenberg.org.

Baca Juga | Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Bagi Pemula

6. Handy Library

Aplikasi Handy Library bisa kamu unduh melalui Playstore ataupun Apps Store. Di sana kamu dapat meminjam buku secara online. Aplikasi ini dilengkapi fitur untuk mencari buku dengan mudah. Penggunanya bisa mendapatkan judul, penulis, hingga kode ISBN-nya secara online. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kamu bisa menambahkan dan menyimpan bukunya. Jika tak mau mengunduhnya, kamu bisa mengunjungi situs resmi di www.handylibrary.com.

Baca Juga | 7 Rekomendasi Aplikasi Tanda Tangan Digital

7. iSantri

iSantri merupakan sebuah platform media untuk mengakses e-book store dan e-pustaka, khususnya seputar religi islami. Selain itu, di sana kamu dapat membangun sebuah komunitas sesama pembaca. Tentunya, iSantri dapat diakses di berbagai media perangkat. Kamu bisa mengunjungi website-nya di isantri.moco.co.id agar dapat menikmati berbagai fitur di dalamnya.

Baca Juga | 10 Rekomendasi Terbaik Buku Self Improvement

8. iPusnas

iPusnas merupakan aplikasi resmi milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) yang memiliki beragam koleksi bacaan. Mulai dari genre fiksi hingga non-fiksi semua ada di sana. Untuk menggunakannya, kamu hanya tinggal membuat akun di aplikasi atau mengunjungi situs resmi ipusnas.id. Setelah itu, kamu bisa mulai mencari e-book yang ingin dibaca melalui kolom pencarian. Tidak hanya itu saja, iPusnas juga memiliki fitur lainnya. Contohnya seperti fitur feed untuk memantau aktivitas pengguna lainnya, koleksi buku untuk menjelajahi buku digital yang akan dibaca, fitur e-reader yang bisa membantu membaca e-book dengan mudah dan cepat.

Baca Juga | 8 Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Inggris Terbitan Terbaru!

9. Google Scholar (Cendekia)

Para akademisi, baik tingkat siswa, mahasiswa, hingga dosen tentu cukup akrab dengan Google Scholar atau Google Cendekia. Ia merupakan salah satu aplikasi di bawah naungan perusahaan mesin pencari terbesar, yakni Google. Aplikasi ini menyediakan jurnal dan artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang sudah dipublikasi oleh penulisnya. Kumpulan koleksi jurnal dan artikel ilmiah di Google Scholar terbilang lengkap dan memadai sebagai bahan dasar riset ilmiah. Sehingga, pencarian rujukan menjadi lebih efisien. Kamu bisa memperolehnya secara gratis dengan mengunjungi laman scholar.google.com.

Baca Juga | Yuk, Ketahui Jenis-Jenis Tulisan

10. Literature.Org

Perpustakaan online gratis selanjutnya, wajib banget diketahui oleh mahasiswa sastra ataupun mereka yang ingin mengetahui seluk-beluk ilmu sastra dan fiksi secara lengkap. Situs ini memiliki tampilan sederhana yang sangat mudah untuk digunakan. Kamu dapat mengaksesnya melalui literature.org.

Baca Juga | Apa Sih Perbedaan Fiksi Dan Non Fiksi? Berikut Pengertian Dan Contohnya

11. Academia

Academia.edu merupakan suatu jejaring sosial yang berorientasi untuk akademisi. Jejaring sosial ini diluncurkan pada bulan September 2008. Sekarang ia memiliki lebih dari 2 juta pengguna yang terdaftar. Kamu dapat menemukan hasil penelitian dari berbagai disiplin ilmu. Academia.edu memberi akses bagi para akademisi secara lengkap dan efisien untuk mendistribusikan hasil penelitian mereka. Cara bergabung dengan academia.edu sangat mudah, yaitu dengan membuka situs www.academia.edu.

Baca juga | Wajib Datang! 7 Perpustakaan Terbaik dan Nyaman di Jakarta

Itulah deretan rekomendasi perpustakaan online. Kamu tertarik untuk mencoba yang mana? Zaman boleh berubah, namun membaca buku tetap menjadi media pembelajaran yang sangat penting bagi semua kalangan!

Baca Juga | Tips Belajar Pemrograman Bagi Pemula, Wajib Tahu!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *