Tanggal:02 May 2024
blog dan website

Kenali Perbedaan Blog dan Website Beserta Contohnya

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan blog atau website. Saat ini blog menjadi media online multifungsi yang semakin populer di kalangan masyarakat. Selain digunakan oleh perseorangan, blog juga dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Tapi kamu tahu nggak sih perbedaan blog dan website? Untuk penjelasannya, simak artikel di bawah, ya!

Pengertian Blog dengan Website

Blog adalah sebuah website yang berisi postingan konten dalam bentuk tulisan, video, dan foto yang dikelola oleh seorang blogger atau beberapa penulis sekaligus dengan tujuan tertentu. Umumnya blog berisi opini, karya, dan lain sebagainya. Topik yang dipilih pada blog biasanya juga lebih fokus dan disesuaikan dengan target audiens. Misalnya bisnis, teknologi, gaya hidup, kuliner dan lain-lain.

Sedangkan website merupakan kumpulan halaman dalam sebuah domain yang saling terkoneksi dan memiliki data informasi yang terkait. Informasi yang dapat dimuat dalam sebuah website umumnya berisi mengenai konten gambar, ilustrasi, video, dan teks untuk berbagai macam kepentingan. Website dibuat untuk bisa diakses secara luas menggunakan browser dengan menuliskan URL yang tepat.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi URL Permalink

Lalu, apa yang membedakan antar keduanya? Berikut rangkumannya!

Blog vs Website

1. Tujuan pembuatannya

  • Blog

Tidak hanya untuk menjangkau target audiens yang relavan saja, blog juga ditujukan untuk menjaring traffic dengan menerapkan Search Engine Optimization atau SEO.

  • Website

Tujuan pembuatan website adalah untuk menyediakan informasi lengkap seputar perusahaan atau bisnis yang dibangun. Website juga digunakan untuk melakukan digital marketing guna meningkatkan brand awareness dan keberhasilan strategi bisnis.

2. Konten yang dibagikan

  • Blog

Isi konten yang ada di blog biasanya berupa pengalaman atau opini yang topiknya disesuaikan dengan pembacanya. Bentuknya pun dapat bermacam-macam mulai dari artikel, video, dan lain sebagainya.

  • Website

Sedangkan pada konten website, umumnya berisi informasi spesifik tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

3. Gaya bahasa

  • Blog

Gaya bahasa yang digunakan pada blog biasanya lebih santai dan tidak kaku. Hal itu dilakukan untuk mempermudah proses penyampaian informasi agar lebih mudah dipahami oleh audiens.

  • Website

Berbeda dengan blog, penggunaan gaya bahasa pada website cenderung lebih formal dan bersifat profesional.

4. Arah komunikasi

  • Blog

Arah komunikasi pada blog cenderung lebih interaktif. Pembaca dapat memberikan komentar di setiap konten sehingga ruang diskusi di blog dapat lebih luas.

  • Website

Dalam website, audiens biasanya akan diarahkan untuk bertanya melalui fitur live chat atau melalui kontak yang disediakan.

Contoh Blog dan Website

Blog

Tampilan pada blog langsung terfokus pada konten-konten yang dibuat. Seperti halaman blog yang ada di https://vocasia.id/blog/ konten artikel harus terus di update secara berkala.

Website

Berbeda dengan tampilan blog, pada website kamu akan melihat tampilan yang lebih menyeluruh. Mulai dari produk yang ditawarkan sampai fitur customer care yang ada di pojok kanan bawah. Kamu juga tidak harus meng-updatenya setiap hari karena website lebih bersifat statis.

Setelah mengetahui perbedaan blog dan website, apakah kamu tertarik untuk membuatnya? Kamu bisa mengikuti kursus membuat aplikasi website yang dinamis dan modern untuk mempelajarinya lebih dalam. Semoga berhasil!

Baca Juga: Apa Itu ORG?

Kursus desain website HTML CSS
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *