Tanggal:21 February 2024

10 Cara Memulai Usaha Catering, Dijamin Banyak Pelanggan

Memulai usaha catering.

Makanan menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi manusia setiap harinya. Paling tidak dalam sehari, manusia harus memenuhi gizinya 3 kali yaitu pada pagi, siang, dan sore hari. Namun, bagi pekerja yang setiap harinya harus berkutat di kantor dan waktunya habis hanya untuk mengerjakan tugasnya, mereka terpaksa harus curi-curi waktu hanya untuk mengisi perut. Untuk ke kantin membeli makan saja tak ada waktu, lalu bagaimana untuk memasak sendiri? Atau keadaan lain yang menimpa para ibu rumah tangga yang akan mengadakan hajatan. Tidak ada keluarga yang membantu, keterampilan memasak yang kurang, dan kedua anak yang butuh diperhatikan akhirnya membuat mereka bingung terkait makanan yang akan disajikan untuk para tamu undangan. Nah, kedua keadaan tersebut bisa menjadi contoh dan kamu manfaatkan untuk membuka bisnismu tersebut. Dengan membuka bisnis catering, kamu bisa memfasilitasi makanan-makanan untuk kepentingan-kepentingan seperti di atas.

Lalu, bagaimana cara membuka usaha catering? Berikut akan dijelaskan secara cermat cara-cara membuka catering yang bisa kamu ikuti. Langsung saja, check this out!

1. Lakukan Riset Pasar

Lakukan riset pasar.
Lakukan riset pasar. Sumber: Pexels

Cara #1 yang harus kamu lakukan sebelum membuka usaha catering adalah melakukan riset pasar terlebih dahulu. Kamu bisa mengamati dan menganalisis kompetitor-kompetitor yang ada. Nah, dari analisis tersebut, kamu bisa menentukan strategi untuk meningkatkan kualitas usaha cateringmu sendiri agar beda dan lebih baik dari mereka. Saat tahap riset pasar ini, kamu juga bisa mengamati jenis-jenis catering yang paling banyak dimintani, harga catering yang ditentukan, cara berpromosi, atau bahkan target pembeli. Selain itu, kamu juga bisa mengamati masalah-masalah yang biasanya timbul saat menjalankan usaha catering, sehingga ketika kamu juga mengalaminya, kamu akan bisa mengatasi hal tersebut.

2. Siapkan Modal, Peralatan, dan Tenaga Kerja

Siapkan modal dan kebutuhan lain.
Siapkan modal dan kebutuhan lain. Sumber: Pexels

Cara #2 yang bisa kamu lakukan selanjutnya ketika ingin membuka bisnis catering adalah menyiapkan modal, peralatan, dan tenaga kerja yang dibutuhkan. Kamu bisa menyiapkan modal yang diperlukan ketika membuka bisnis catering. Selain itu, siapkan juga peralatan yang dibutuhkan seperti kompor, gas, kemasan, dan sebagainya. Pastikan untuk membeli peralatan yang paling dasar dan paling dibutuhkan terlebih dahulu ya! Nah, nantinya jika usaha cateringmu kian berkembang, kamu bisa menambah peralatan-peralatan baru lainnya. Kamu juga harus menyiapkan tenaga kerja juga, loh! Tentunya ketika menjalankan bisnis catering, kamu akan kepayahan jika mnegerjakannya seorang diri. Oleh karena itu, kamu harus menyewa tenaga kerja untuk membantumu. Selain lebih meringankan beban, pekerjaan juga akan bisa selesai cepat.

3. Tentukan Jenis Catering

Tentukan jenis catering yang akan dijual.
Tentukan jenis catering yang akan dijual. Sumber: Pexels

Cara #3 ketika memulai bisnis catering adalah menentukan jenis catering yang akan dijual. Terdapat beberapa jenis catering seperti catering untuk pesta atau hajatan, catering untuk perusahaan atau kantoran, catering untuk sekolahan, dan catering rumahan. Nah, kamu bisa menentukan jenis usaha catering yang akan kamu buat, nih. Setelah berhasil menentukan, nantinya kamu bisa dengan jelas menentukan target pasar yang akan dituju.

4. Tentukan Supplier

Tentukan supplier dan kualitas bahan.
Tentukan supplier dan kualitas bahan. Sumber: Pexels

Cara #4 yang harus kamu lakukan ketika ingin membuka bisnis online adalah menentukan supplier yang terpercaya. Kamu bisa mulai untuk mencari supplier-supplier sebagai pemasok bahas-bahan yang akan dijadikan catering. Nah, pastikan kamu memilih dengan jeli kualitas yang dijual oleh supplier tersebut ya. Pastikan juga untuk memiliki lebih dari satu supplier. Tujuannya agar kamu tidak kehabisan stok bahan.

5. Asah Kemampuan Memasak

Tingkatkan kemampuan memasak.
Tingkatkan kemampuan memasak. Sumber: Pexels

Cara #5 yang benar-benar harus kamu perhatikan adalah terkait kemampuan memasakmu. Rasa menjadi poin penting apakah bisnis cateringmu bisa berkembang atau tidak. Tentunya rasa catering yang nikmat akan mudah mendatangkan pelanggan loyal. Banyak juga catering yang tak memperhatikan terkait cita rasa berakhir kalah saing. Oleh karena itu, kamu juga harus memastikan cita rasa dari masakan kateringmu tersebut. Pastikan rasanya menggugah selera. Nah, untuk mendapatkannya, kamu bisa memulainya dengan mengasah kemampuan memasakmu!

6. Buat Nama Brand Catering

Buat nama brand usahamu agar makin dikenal.
Buat nama brand usahamu agar makin dikenal. Sumber: Pexels

Nah, cara #6 yang harus kamu lakukan ketika membuka bisnis catering adalah membuat nama brand. Kamu bisa menambahkan nama dan logo pada bisnismu tersebut. Tujuan pembuatan nama dan logo ini dimaksudkan agar usaha cateringmu menjadi lebih dikenal oleh pembeli. Usahakan nama usahamu mudah diingat dan tentu saja menarik ya! Bayangkan saja jika usaha cateringmu tak memiliki nama brand, tentunya pembeli yang akan merekomendasikan atau membeli akan kebingungan.

7. Tentukan Harga Catering

Tentukan harga catering.
Tentukan harga catering. Sumber: Pexels

Cara #7 yang bisa dilakukan adalah menentukan harga. Setelah menghitung modal yang dikeluarkan, maka kamu bisa mulai untuk menetapkan harga yang sesuai, nih. Pastikan ketika menentukan harga makanan, kamu membandrolnya dengan harga yang bisa diterima oleh pembeli ya. Tidak kemahalan ataupun kemurahan. Pastikan agar harga yang dibandrol tersebut membuatmu untung.

8. Buat Promosi

Buat promosi yang menarik.
Buat promosi yang menarik. Sumber: Pexels

Cara #8 yang bisa diikuti selanjutnya ketika membuka usaha catering adalah membuat promosi yang menarik. Promosi yang menarik biasanya akan lebih mudah mendatangkan pembeli. Misalnya saja, kamu memberikan diskon. Manusia selalu menyukai segala sesuatu berbau diskon, baik itu diskon ketika membeli pakaian atau bahkan makanan. Nah, kamu juga bisa memberikan diskon ketika awal membuka usaha cateringmu ini, nih! Namun, catatan juga untuk tidak setiap saat memberikan diskon, yang ada kamu justru akan rugi sendiri.

9. Tetapkan Standar Pelayanan Catering

Tetapkan standar pelayanan.
Tetapkan standar pelayanan. Sumber: Pexels

Cara #9 yang bisa kamu terapkan ketika membuka usaha catering adalah menetapkan standar pelayanan. Selain rasa, dengan adanya pelayanan yang baik, tentu saja membuat usaha cateringmu tersebut mendapatkan citra yang baik di mata pelanggan. Kamu bisa melatih karywaan-karyawanmu tersebut bagaimana bersikap atau bahkan menentukan pelayanan jasa antar yang tepat.

10. Lakukan Pembukuan

Jangan lupa untuk lakukan pembukuan.
Jangan lupa untuk lakukan pembukuan. Sumber: Pexels

Cara #10 atau yang terakhir ketika kamu berniat untuk membuka usaha catering adalah melakukan pembukuan. Dengan melakukan pembukuan ini, kamu bisa menentukan keuntungan yang telah didapatkan. Kamu juga bisa melihat dan mengontrol pengeluaran-pengeluaran yang dirasa tidak penting.

vocasia.id

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *