Tanggal:21 July 2024

Pilih Kemasan Produk yang Tepat, Agar Penjualanmu Meningkat!

Kamu pernah nggak, sih, beli roti di supermarket tapi waktu sampai di rumah ternyata rotinya sudah basi dan sedikit berwarna gelap atau hijau? Padahal tanggal kadaluarsanya masih jauh. Yap, itu disebabkan oleh kemasan produk yang tidak tertutup rapat produk tersebut.

Memilih kemasan produk yang tepat sama pentingnya dengan menentukan kualitas produk. Jika kemasan tidak bagus, pasti akan mempengaruhi kualitas produk di dalamnya Simak beberapa tips dibawah, agar kamu tidak mengecewakan pelangganmu!

Baca Juga : Menarik Pelanggan Untuk Membeli Produk

Kedap Udara

Sebelum membeli makanan atau minuman, pastikan kemasan pada produk tersebut kedap udara. Mengapa demikian? Makanan atau minuman harus disimpan dalam wadah kedap udara untuk mencegah kontaminasi bakteri. Makanan dan minuman yang tidak dikemas dengan baik dapat memberikan peluang bagi bakteri untuk masuk dan mencemari produk.

Baca Juga | Cara Belajar Digital Marketing Sampai Mahir, Yuk Coba!

Tidak Rusak atau Terbuka

Jangan lupa perhatikan terlebih dahulu bentuk kemasan dari produk yang Anda beli. Jika sudah terbuka, hal tersebut dapat menyebabkan perubahan warna dan rasa makanan dan minuman.

Baca Juga : Produk Bundling

Sesuaikan Ukuran 

Menyesuaikan ukuran produk dengan kemasan merupakan tip terpenting dalam memilih kemasan. Pastikan tidak terlalu besar atau terlalu kecil dan masih ada ruang kosong pada kemasan produk Anda.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Produk Bundling

Pilih Jenis Kemasan Sesuai Kebutuhan

Ada berbagai jenis kemasan, mulai dari yang transparan, kertas, hingga plastik. Semua harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika produk Anda mengandung unsur cair maka gunakanlah kemasan dengan penutup yang rapat.

Baca Juga : Menentukan Fungsi Dan Kualitas Produk

Menentukan Material yang Tepat

Jika Anda tidak ingin produk cepat berubah rasa atau basi, cobalah menggunakan material yang tepat. Misalnya menggunakan material yang kedap udara, sehingga dapat mencegah terjadinya perubahan rasa dan aroma pada produk.

Sudah Terdaftar di BPOM

Sebelum membeli suatu produk, selalu cek KLIK. Cek KLIK terdiri dari cek kemasan, label, izin edar, dan kadaluarsa. Cek KLIK ini berguna untuk memastikan keamanan kandungan pada makanan atau minuman sekaligus menjadi pedoman bagi Anda untuk memilih kemasan makanan dan minuman yang aman untuk kesehatan.

Salah satu poin penting dari KLIK adalah pilih produk yang sudah memiliki nomor izin edar (NIE) dari BPOM. Ketika suatu produk memiliki nomor izin edar dari BPOM, artinya tidak hanya bahan makanan atau minuman saja yang terjamin aman, tetapi juga kemasannya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena BPOM senantiasa melakukan pengawasan terhadap produk makanan/minuman yang beredar di pasar.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu terapkan. Semoga setelah mengikuti cara diatas, penjualanmu semakin meningkat, ya!

Baca Juga : Cara Menulis Deskripsi Produk yang Baik

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *