Tanggal:14 May 2024

Perbedaan Kerja di Kantor dan Lapangan

Banyak orang berpikir kerja kantoran itu membosankan karena pekerjaan yang dilakukan kebanyakan diam di tempat yang sama setiap hari. Namun tak jarang juga orang berpikiran dengan bekerja di lapangan akan lebih melelahkan karena harus terkena panas, hujan dan lain-lain.

Tentu saja pekerja kantoran maupun pekerja lapangan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Buat kamu yang masih bingung untuk menentukan untuk bekerja sebagai karyawan kantor atau karyawan lapangan, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Setelah membaca artikel ini diharapkan kamu bisa menentukan mau bekerja sebagai pegawai kantoran atau pegawai lapangan.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel ini sampai tuntas!

1. Jam kerja

Perbedaan jam kerja

Perbedaan jam kerja – @rawpixel.com

Pada dasarnya sebagai pegawai kantor itu sendiri memiliki jam kerja, walau memang terkadang akan tetap bekerja melebihi jam kerja atau kerja lembur.

Berbeda dengan pekerja lapangan yang biasanya tidak memiliki jam kerja yang pasti atau lebih fleksibel. Sebagai pegawai lapangan kamu bisa mengatur jam kerja sendiri tetapi tetap bisa memenuhi target perusahaan.

Jika target kerja bisa tercapai dengan cepat kamu bisa memiliki sisa waktu untuk bersantai tetapi jika target tidak kunjung tercapai, bisa saja kamu kerja lebih lama dibandingkan karyawan kantoran.

2. Kenyamanan

Sebagian orang besar akan memilih bekerja di kantor dalam faktor kenyamanan, alasannya karena dengan bekerja di kantor kamu akan terhindar dari cuaca panas maupun hujan, pakaian yang selalu rapi dan bersih ditambah lagi bisa saja kamu bekerja sambil makan dan minum yang sudah tersedia di kantor.

Pekerja lapangan merupakan pekerjaan yang akan bersentuhan langsung dengan kondisi cuaca setiap hari.

3. Fasilitas

Perusahaan yang memberikan fasilitas hiburan seperti game, ruang istirahat akan membuat para pegawai kantoran merasa jauh lebih senang berada di kantor.

Namun, pegawai lapangan yang tidak bisa menggunakan fasilitas tersebut bisa mendapatkan fasilitas lain berupa upah jalan, fasilitas kendaraan yang bisa digunakan atau bahkan disertai supir dan bisa juga mendapatkan upah harian ketika harus bekerja di luar kota.

4. Koneksi

pekerja lapangan lebih mudah mendapatkan koneksi baru

pekerja lapangan lebih mudah mendapatkan koneksi baru – @rawpixel.com

Sudah bisa dipastikan pekerja lapangan akan memiliki koneksi yang lebih luas dibandingkan pekerja kantoran. Alasannya sudah jelas karena pekerja kantoran akan berhubungan dengan banyak orang baru setiap harinya.

Berbeda dengan pekerja kantor yang terpaksa harus berhubungan dengan teman kantor yang sama setiap harinya.

Namun di era digital sekarang pekerja kantoran bisa memanfaatkan LinkedIn untuk memperluas koneksinya.

5. Kesehatan

pengaruh kesehatan pekerja kantoran dan lapangan

pengaruh kesehatan pekerja kantoran dan lapangan – @rawpixel.com

Pekerja kantoran beresiko sedikit kurang bugar karena terbiasa duduk dan makan ditambah lagi jarang terkena sinar matahari yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini bisa menimbulkan banyak penyakit di hari tua.

Dari segi kesehatan pekerja lapangan biasanya akan terlihat lebih bugar karena jarang ngemil dan menerima sinar matahari yang cukup. Tetapi pekerja lapangan akan lebih beresiko mengalami kecelakaan kerja dibandingkan pekerja kantoran.

Demikian beberapa perbedaan pekerja kantoran dan pekerja lapangan. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Sumber: qerja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *