Tanggal:25 April 2024

13 Tanaman Pembersih Udara dalam Ruangan, Cocok Dijadikan Hiasan Kamar

Saat ini tanaman semakin digemari oleh masyarakat, hal ini terbukti dari banyaknya yang merawat tanaman di depan rumah sebagai dekorasi. Tidak berhenti di sana, saat ini banyak juga dijumpai tanaman yang diletakan di dalam ruangan, seperti di kamar sehingga terlihat lebih asri dan nyaman saat istirahat.

Selain terlihat lebih asri dan nyaman, tanaman hias juga dapat membantu menyerap udara kotor atau polusi, seperti karbon dioksida, xilena, formaldehida, trikloroetilen, benzena, toluena, dan lainnya sehingga tidak perlu khawatir dengan bahaya polusi di rumah. Sayangnya, tidak semua tanaman mampu menyerap polusi dengan maksimal, sehingga kalian harus tahu tanaman-tanaman yang memiliki daya serap polusi yang tinggi. Tidak perlu bingung, kali ini kami telah menyiapkan daftar tanaman pembersih udara dalam ruangan yang cocok dijadikan hiasan kamar.

Baca Juga:  Apa Itu Aquaponik? Ketahui Sistem Budidaya Tanaman Dan Ikan Yang Mudah

1. Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua. (Sumber: Pikiran-rakyat.com)

Lidah mertua atau sansevieria merupakan tanaman yang sering ada di depan rumah. Namun, selain sebagai hiasan, tanaman satu ini dapat membersihkan udara di sekitar sehingga lingkungan lebih sejuk. Tanaman ini berbentuk tipis dan memanjang dengan ujung yang runcing serta berwarna kuning. Perlu diperhatikan dalam perawatannya tidak perlu banyak terkena air karena akarnya mudah busuk.

2. Sri Rejeki

Tanaman Sri Rejeki. (Sumber: Pikiran-rakyat.com)

Tanaman satu ini bernama sri rejeki atau aglaonema. Tanaman ini mampu menyerap xilena, formaldehida, trikloroetilen, benzena, toluena di sekitarnya sehingga tetap aman dan segar. Sri rejeki akan tetap hidup walau di dalam ruangan karena tidak memerlukan cahaya matahari berlebih. Kamu dapat menyiramnya seminggu sekali.

3. Daun Ivy

Daun Ivy. (Sumber: Tokopedia.com)

Daun ivy atau hedera helix merupakan tanaman yang mampu menyerap jamur-jamur yang berada di udara. Hal ini dibuktikan dengan penelitian daun ivy yang diletakan di wadah yang sama dengan roti berjamur.

Kebanyakan tanaman ini ditempatkan di luar ruangan. Namun, tidak ada salahnya diletakan di dalam rumah asalkan terkena cahaya matahari langsung dan tanah sedikit kering.

4. Pakis gunung

Tanaman Pakis Gunung. (Sumber: Orami.co.id)

Tanaman satu ini bernama pakis gunung atau boston fern/sword fern. Pakis gunung bukan berarti hanya dapat ditemui di gunung saja, tetapi sudah banyak dijumpai di halaman rumah untuk hiasan dan juga pembersih udara karena mampu menyerap xilena dan formaldehida. Perawatannya tidak ribet, bisa diberi air 2 hari sekali dan mendapat sinar matahari yang cukup.

5. Peace Lily

Tanaman Peace  Lily. (Sumber: Hgtv.com)

Tanaman ini termasuk herba berumbi lapis yang sering dijadikan sebagai tanaman hias dan pembersih udara di rumah. Keunikan tanaman ini yaitu mampu membunuh jamur dan mengurangi penyakit asma atau sesak nafas. Selain itu, tanaman ini juga dapat mengurangi sakit kepala dan risiko kanker karena mampu menyerap racun-racun di udara.

Baca Juga: 8 Tips Penting Sebelum Memulai Berkebun Di Rooftop Rumah!

6. Krisan

Tanaman Krisan. (Sumber: Haibunda.com)

Krisan atau chrysanthemum memiliki tampilan warna yang beragam dan indah dipandang sehingga tanaman ini menjadi primadona ibu-ibu atau penggemar bunga lainnya untuk menjadi koleksi di rumah. Tanaman ini mampu menyerap , amonia, xilena, formaldehida, trikloroetilen, benzena, toluena yang dapat membahayakan paru-paru apabila terhirup dalam jangka panjang.

7. Palem

Tanaman Palem. (Sumber: Shopee.co.id)

Hampir semua palem memiliki kemampuan untuk menjadi pembersih udara yang baik, seperti palem kuning, palem bambu, dan palem jari. Palem mampu menyerap xilena, formaldehida, trikloretilen, benzena, toluena sehingga udara lebih segar dan lingkungan menjadi rindang.

Baca Juga: Selada Hidroponik, Ketahui Cara Menanam Yang Mudah Dan Keunggulannya

8. Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya. (Sumber: Id.theasianparent.com)

Lidah buaya atau biasa disebut aloe vera merupakan tanaman yang sering digunakan untuk kecantikan. Namun, di balik itu tersimpan kemampuan untuk membersihkan udara. Lidah buaya mampu menyaring udara dari formaldehida dan dijadikan udara yang sehat dan aman bagi manusia. Perawatannya mudah, tinggal disiram setiap hari sekali dan mendapat cahaya matahari. Setelah itu, langsung bisa merasakan manfaatnya untuk kecantikan dan kehatan bagi tubuh.

9. Sirih Gading

Tanaman Sirih Gading. (Sumber: Roomme.id)

Sirih gading atau nama latinnya epipremnum aureum merupakan tanaman yang mampu membersihkan udara dengan efektif. Bentuk dari tanaman ini daunnya berwarna hijau dan kuning, kemudian merambat.

Kamu dapat menanam srigading menggunakan tanah atau tidak menggunakan tanah. Contoh, siapkan pot kecil trasnparan yang diisi dengan batu hias, lalu masukan air secukupnya.

Baca Juga: Apa Itu Aquaponik? Ketahui Sistem Budidaya Tanaman Dan Ikan Yang Mudah

10. Philodendron

Tanaman Philodendron. (Sumber: Parapuan.co)

Philodendron meupakan tanaman hias indoor maupun outdoor yang mampu membersihkan udara dengan menyerap racun formaldehida. Bahaya formaldehida apabila sering masuk ke tubuh akan menyebabkan pusing dan sakit tenggorokan. Tanaman ini memiliki varietas sebanyak 450 dan semuanya mampu hidup diberbagai kondisi lingkungan.

11. Karet Merah

Tanaman Karet Merah. (Sumber: Shopee.com)

Karet merah (karet kebo) atau di luar negeri sering disebut rubber plant, memiliki keunggulan, yaitu mudah dirawat karena hanya perlu memberi sinar matahari dan air yang cukup. Selain itu, tanaman ini mampu menjadi pembersih udara karena bentuk daunnya yang lebar sehingga lebih banyak dalam menyerap partikel di udara dan diubah menjadi nutrisi untuk dirinya sendiri atau tanaman lain dan juga tanah.

Baca Juga: 5 Contoh Tanaman Holtikultura Yang Ada Di Indonesia

12. Spider Plant

Spider Plant. (Sumber: Lifestyle.kompas.com)

Spider plant atau bernama latin chlorophytum comosum memiliki bentuk memanjang, tipis dan lancip di ujungnya sehingga mirip dengan kaki laba-laba. Tanaman ini mampu membersihkan udara dengan menyaring senyawa berbahaya, seperti plastik, kertas, mapun karet yang berada di udara. Perkembangan tanaman ini termasuk unik karena dengan mudah dapat menanam kembali anaknya di pot lain.

13. Lemon Button Fren

Tanaman Lemon Button Fern. (Sumber: Thespruce.com)

Lemon button fern merupakan tanaman yang termasuk dalam spesies tanaman pakis. Seperti tanaman lainnya, lemon button fern mampu membersihkan udara dengan menyerap partikel-partikel berbahaya yang mengganggu kesehatanmu dan mengakibatkan sakit kepala serta dapat melembapkan udara.

Baca Juga:Mengenal Terarium, Solusi Bertanam Dengan Wadah Tertutup Yang Pas Untuk Ekosistem Mini Di Rumah

Itu dia, rekomendasi tanaman pembersih udara yang dapat menjadi alternatif untuk kamar kamu agar lebih asri dan cantik. Jangan lupa untuk merawatnya sesuai dengan karakteristik tanamannya, ya. Boleh sesekali kamu keluarkan dari kamar apabila kamarmu minim cahaya matahari. Selamat mencoba, ya. Semoga berhasil!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *