Tanggal:22 June 2024

8 Tips Penting Sebelum Memulai berkebun Di Rooftop Rumah!

Orang yang suka berkebun, memiliki kebiasaan atau bisa dibilang hobi dengan tanaman. Kamu salah satunya yang menyukai berkebun? Tapi, kamu memiliki rumah di daerah perkotaan? Dengan lahan yang terbatas, membuat kamu bingung untuk memiliki tempat berkebun pastinya? Jangan khawatir! Jika kamu tidak memiliki banyak ruang outdoor, kamu dapat memanfaatkan rooftop gardening menjadi alternatif ideal untuk kamu, loh!

Ilustrasi Rooftop Gardening Di Halamn Rumah (Instgram: @Rooftopdirumah)

Tinggal di kota-kota besar identik dengan istilah ‘hutan beton’ sehingga minim lahan hijau, terutama untuk rumah pribadi yang memiliki lahan terbatas. Jika membuat taman di halaman rumah tidak memungkinkan, taman rooftop bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang menginginkan area hijau.

Konsep taman di atas rumah seperti ini banyak digunakan sebagai solusi keterbatasan lahan di daerah perkotaan. Selain itu, penerapan konsep ini berfungsi untuk mengurangi polusi serta membuat udara menjadi lebih sejuk.

Memang benar, salah satu alasan orang ingin memiliki kebun tanaman meningkatkan estetika. Namun, terdapat beberapa manfaat untuk lingkungan rumah. Dengan rooftop gardening dapat mendinginkan rumah dan meningkatkan efisiensi energinya. 

Selain itu, dengan adanya kebun maka mengurangi polusi sehingga memastikan kualitas udara yang lebih baik. Itulah manfaat dari memiliki rooftop gardening yang harus kamu coba, dengan mengeksplorasi ide untuk taman di atap. Tapi, kamu masih bingung bagaimana tips membuat rooftop gardening yang baik untuk kamu miliki? Simak berikut ini, ya! 

Baca Juga: Hidroponik: Pengertian, Sejarah, Kelebihan & Kekurangan, Dan Langkahnya

Tips Membuat Rooftop Gardening di Rumah

Ilustrasi Tanaman Berkebun Rooftop Di Rumah (Instagram: @Rooftopdirumah)

1. Tentukan Perencanaan Dalam Tujuan Membuat Taman Rooftop

Sebelum kamu membuat taman di rooftop, kamu harus menentukan apa rencana dalam tujuan dari pembuatan ini. Kamu harus memiliki alasan yang jelas untuk membuat kebun di rooftop ini agar pekerjaan tidak setengah-setengah. 

Baca JugaTips Merawat Tanaman Hias!

Setelah kamu mengetahui apa tujuan kamu untuk membuat taman di rooftop ini, selanjutnya kamu bisa membuat perencanaan yang matang, persiapan apa saja yang disiapkan untuk membangun taman tersebut. Mulai dari mengetahui kemampuan bangunan dalam menopang beban dengan kuat, pemilihan media dalam berkebun, sistem drainase, desain taman, hingga pemilihan tanaman.

2. Perhatikan Bentuk Konstruksi Atap Rumah Dengan Konsultasi Bersama Arsitek

Setelah kamu mengetahui tujuan dan perencanaan sebelum membuat taman di rooftop ini, selanjutnya lihat terlebih dahulu bentuk dan konstruksi atap rumah kamu, ya! Untuk membuat taman di rooftop diharuskan memiliki atap yang datar agar memudahkan teknik pengerjaannya. Selain itu, pastikan apakah atap kamu kuat menahan beban berat dari lapisan-lapisan media tanam serta pepohonan yang akan ditanam.

Untuk mengetahuinya, kamu dapat berkonsultasi dengan arsitek untuk mengetahui dan membantu kamu dalam proses membuat taman di rooftop. Jika atap kamu ternyata tidak dapat menahan beban yang lebih berat, diskusikan masalah tersebut dengan arsitek kamu agar lancar dalam proses pembuatannya.

Baca Juga: Sistem Hidroponik: Pengertian Dan Cara Menanamnya

3. Akses Menuju Atap Rooftop

Memiliki akses yang nyaman ke taman rooftop sangat penting, loh! Untuk membuat dan memeliharanya dapat dengan mudah dipindahkan ke atas dan ke bawah tanpa mengganggu properti yang lain.

Kamu dapat berdiskusi dengan arsitek untuk membuat jenis pintu yang tepat untuk taman. Apalagi, saat proses pembuatan taman rooftop kamu, tukang pekerja perlu mengangkat apa yang diperlukan, agar mudah buatlah akses ke taman yang nyaman pastinya!

Baca Juga: 6 Cara Jitu Budidaya Bunga Tulip, Dijamin Sukses!

4. Dapatkan Furniture, Wadah, dan Aksesoris Lainnya

Taman di rooftop dapat menciptakan gaya tersendiri pada rumah! Dengan memiliki tata letak yang tepat dan skema penanaman, membantu bergerak ke arah yang benar cukup mudah. Pastikan skema taman kamu berbentuk landscape, ya! 

Tergantung pada ukuran dan tema taman atap yang kamu rencanakan, serta jenis tanamannya! Persiapkan barang-barang yang diperlukan, seperti wadah, penanam, furniture, dan masih banyak lagi lainnya. Pastikan, semua barang ini aman untuk ditempatkan di taman rooftop.

Baca Juga: 10 Cara Memulai Usaha Hidroponik

5. Saluran Air ke Taman Untuk Penyiraman

Setelah tips lainnya tadi kamu sudah lakukan dengan baik, selanjutnya kamu dapat menentukan bagaimana saluran air sampai hingga taman rooftop. Kamu dapat membangun sistem penyimpanan air di atap atau memasang sistem irigasi secara otomatis. Solusinya, stormwater (pemanen air hujan) merupakan cara terbaik untuk memastikan utilitas air berkualitas untuk taman rooftop.

Baca Juga: Mudah Dan Praktis! Cara Menanam Cabe Hidroponik Untuk Pemula

6. Penghalang Angin

Saat kamu membangun taman di atas rooftop, tapi kamu tidak terpikirkan untuk membuat penghalang angin? Ruginya apa, ya? Taman yang berada di atap rumah rentang rusak atau hancur jika tidak dipasang penghalang angin, loh! 

Untuk mengurangi angin yang ada kamu dapat membuat pagar atau tembok. Selain itu, berfungsi sebagai pengaman jika anak-anak bermain di rooftop. Buatlah penghalang angin yang cukup kuat, hindari membuat penghalang angin padat karena tidak terlalu efektif, jika ada angin yang cukup besar sehingga tidak ambruk pagarnya.

Baca Juga: 6 Cara Budidaya Kelapa Agar Cepat Berbuah Lebat

7. Pilih Jenis Tanaman yang Sesuai

Pilihlah jenis tanaman yang sesuai dengan atap rumah kamu, ya! Jika atap tidak mendapatkan sinar matahari, pilih tanaman yang memang tidak memerlukan banyak sinar atau cahaya yang masuk ke tanaman tersebut. Dengan begitu, akan lebih maksimal dalam pembuatan taman di rooftop rumah kamu pastinya!

Selain itu, saat kamu hendak memilih jenis tanaman, pastikan apakah membutuhkan pertumbuhan akar yang dalam atau tidak? Karena akan berpengaruh pada pemakaian pot atau wadah tanaman kamu. Jika tanaman kamu besar maka gunakan pot yang berukuran lebih besar dengan media tanam yang cukup dalam.

Baca Juga: Tanaman Pembersih Udara Dalam Ruangan!

8. Tempat Penyimpanan

Terkadang saat kita sibuk mengurusi tanaman karena hobi, lupa dengan apa yang sudah kita kerjakan dan merapikannya kembali. Ketika kamu berkebun pasti juga memiliki banyak peralatan bukan? Tanpa sadar alat-alat ini akan menghabiskan area taman rooftop kamu. 

Agar taman tetap cantik dan rapi, kamu dapat membuat desain penyimpanan untuk menyimpan semua peralatan berkebun, seperti sekop, selang, pupuk, dan masih banyak lagi dengan teratur. Kamu juga dapat mendesain tempat penyimpan yang unik, seperti membuat rumah kecil bergambar atau hal yang kamu sukai, loh!

Itulah penjelasan singkat mengenai manfaat lingkungan rumah jika memiliki taman rooftop untuk berkebun. Walau memiliki luas tanah yang terbatas jangan khawatir, ya! dan tips apa saja yang bisa dilakukan dalam membuat taman rooftop untuk berkebun!

Kamu Juga dapat mengikuti kursus pemahaman mengenai “Hidroponik Basic Learning Hingga Praktek” Tunggu apalagi? Jadikan rumah kamu tempat yang nyaman dengan memiliki kebun yang cantik pastinya! Dan terpenting cintai kesehatan diri kamu!

Baca Juga: Apa Itu Aquaponik? Ketahui Sistem Budidaya Tanaman Dan Ikan Yang Mudah

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *