Tanggal:05 May 2024

Tata Cara Email Untuk HRD Saat Setelah Interview, Wajib Untuk Kamu ikuti!

Saat setelah interview, pastinya kamu sebagai jobseeker menanti waktu dimana HRD akan menghubungi kamu melalui telepon, sms, chat, ataupun email untuk hasil dari wawancara kamu. Apakah kamu akan mendapatkan pekerjaannya, atau kamu tidak mendapatkannya. Bahkan banyak sekali perusahaan yang tidak memberi tahu sama sekali jika kamu tidak mendapatkan posisinya. Tetapi hal tersebut tidak selalu terjadi ya! 

Lalu, bagaimana sih cara menanyakan atau follow up kepada HRD dengan sopan, baik dan benar? Hal ini sering menjadi bahan diskusi karena banyak sekali jobseeker yang kurang memiliki etika saat mengirimkan email untuk mempertanyakan hasil dari wawancara mereka. Jadi apa saja sih yang harus diperhatikan dan contoh email yang harus kamu buat untuk HRD? Yuk kita lihat bareng-bareng contoh-contoh dan tipsnya! 

1. Follow Up 

Pastinya menunggu kabar dan hasil interview terkadang bikin gelisah dan bingung harus apa sampai sudah ada kabar selanjutnya. Tenang saja, karena kamu bisa follow up kepada pihak perusahaan untuk mempertanyakan apakah kamu mendapatkan posisi tersebut atau tidak. Terkadang, mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menentukan siapa kandidat yang paling cocok. Waktu yang sangat pas untuk menanyakan kembali itu adalah satu minggu setelah kamu interview. Pastikan kamu juga menulis emailnya dengan baik dan benar ya!

2. Ucapan Terima Kasih 

Saat setelah wawancara, pastinya kamu ingin mengetahui hasil wawancara kamu dengan menanyakan kepada HRD atau manajemen perusahaan tersebut. Maka dari itu, kamu dapat menyampaikan ucapan terima kasih melalui email karena telah memberikan waktu untuk kamu melakukan interview. Setelah itu, kamu dapat meminta kabar selanjutnya atas interview yang sudah kamu lakukan. 

3. Meminta Feedback

Hal ini mungkin tidak terlalu sering dilakukan oleh para jobseeker. Kalau sudah tidak dapat, tinggal mencari posisi yang lain di perusahaan di luar sana. Tetapi, apakah kamu tahu bahwa kamu juga bisa meminta feedback kepada pihak perusahaan. Hal ini dilakukan agar kamu tahu apa yang harus kamu perbaiki dan perhatikan untuk interview di tempat-tempat selanjutnya. Pastinya, sebuah feedback dapat membantu kamu untuk melangkah lebih baik kedepannya!

4. Pengecualian  

Kalau situasi yang satu ini dimana kamu mendapatkan tawaran dari perusahaan lain tetapi belum menerima dari perusahaan yang kamu minat. Tetapi tenang saja, kamu dapat meminta jawaban dan kejelasan dengan menanyakannya via email. Kamu dapat menjelaskan bahwa telah mendapatkan tawaran dari perusahaan lain dan sedang mempertimbangkannya. Dengan itu, perusahaan tersebut tahu situasi kamu sedang seperti apa dan mereka juga mendapatkan kejelasan lebih lanjut. 

Jangan lupa untuk diikuti dan diperhatikan selalu saat kamu mengirim email ke HRD ya! 


Sumber/Referensi: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *