Tanggal:23 July 2024

7 Kunci Utama Membangun Keluarga Harmonis dan Langgeng

Ketika pasangan yang sedang menjalani kehidupan pasca menikah, mereka tentu banyak menemukan hal yang mulai berubah perlahan. Hal yang diinginkan adalah membangun rumah tangga yang bahagia dan harmonis. Namun, keinginan tersebut tidak diperoleh secara instan. Banyak kendala dan pembelajaran untuk masing-masing pasangan.

Pasangan yang telah bertahun-tahun bersama dan memutuskan untuk berumah tangga, bukan berarti mereka telah menyelesaikan sebuah masalah. Justru mereka akan lebih banyak mempelajari masalah-masalah lain dalam menuju kebahagiaan rumah.

Tips agar Rumah Tangga Harmonis dan Langgeng

Untuk mewujudkan rumah tangga yang harmonis dan langgeng diperlukan pasangan yang saling mendukung. Mereka tidak goyah akan permasalahan yang datang satu persatu dan percaya bahwa setiap masalah memiliki solusi. Yuk, simak 7 tips ini adalah kunci utama supaya rumah tangga tetap harmonis dan langgeng!

1. Memprioritaskan keluarga

Prioritaskan keluarga di atas urusan lain. Sumber: pexels.com

Pasangan yang sudah berhasil membangun rumah tangga, mereka seharusnya sudah siap meninggalkan masa mudanya dan fokus membangun kebahagiaan rumah tangga yang dijalani. Prioritaskan pernikahan sebagai hal paling utama. Kamu harus sudah siap mementingkan keluarga dibanding urusan pertemanan dan kehidupan sosial. Jangan lupa untuk beritahu anak-anak bahwa keluarga tetap lebih penting dari teman.

Jika prioritas ini sudah tertanam dalam dirimu, maka ini akan jadi kunci bahagia kehidupan rumah tangga. Baik pasangan dan anakmu akan menempatkan keluarga diposisi paling teratas. Mereka tidak perlu mencari prioritas lainnya, karena yang mereka ketahui keluarga adalah nomor satu.

Baca Juga: Tips agar Tercipta Kehidupan Rumah Tangga yang Bahagia

2. Habiskan waktu bersama

Menghabiskan waktu bersama keluarga. Sumber: pexels.com

Ada beberapa pasangan yang kesulitan membagi waktunya antara keluarga, pekerjaan, dan kehidupan sosial. Sesekali kamu perlu meluangkan waktu bersama keluarga. Hal ini menjadi penting sebab jika salah satunya sudah merasa kekurangan waktu bersama keluarga, mereka akan mencari kegiatan lain di luar yang lebih menyenangkan. Jangan terlalu fokus bekerja dan segera luangkan waktu bersama walau hanya berbagi cerita atau sekedar pergi menghirup udara segar.

Baca Juga: Ciri Rumah Tangga yang Bahagia

3. Bertukar cerita

Saling bertukar cerita. Sumber: pexels.com

Bahagia adalah ketika kamu juga bisa saling bertukar cerita mengenai keseharian yang kamu lakukan. Kamu perlu mengetahui apa yang mereka rasakan setiap harinya. Tanya bagaimana kesibukan yang telah dijalani seharian. Coba dengarkan keluh kesahnya. Kamu tidak perlu banyak melontarkan komentar atau malah membandingkan hari-hari yang berat, kamu dan pasangan cukup menghargai dengan mendengarkan dan bertanya satu sama lain. Bercerita akan membuat kamu, pasangan, dan anak jadi lebih dekat.

Baca Juga: Tips Jitu Pengelolaan Keuangan Ala Ibu Rumah Tangga

4. Menjaga intonasi suara

Menjaga intonasi suara saat emosional. Sumber: pexels.com

Rumah tangga yang harmonis membiasakan berbicara dengan tutur kata yang lembut. Kondisi setiap harinya yang tidak menentu, membuat perasaan kamu cepat berubah. Usahakan disaat kamu menghadapi pertengkaran, kamu juga perlu menjaga intonasi suara. Jika kamu sampai teriak dengan berlebihan akan memungkinkan pasangan dan anakmu juga turut mengikutinya untuk jangka waktu yang lama.

Jangan sampai bertengkar dihadapan anak-anak ketika kamu menghadapi pertengkaran dengan pasangan. Kondisi di luar kendali hanya akan menciptakan suasana yang tidak damai dan kurang bahagia. Jadi, biasakan untuk lemah lembut ya!

Baca Juga:

5. Jangan terlalu serius

Buat lelucon dan jangan terlalu serius. Sumber: pexels.com

Ada kalanya kamu menghadapi situasi serius yang mengakibatkan kamu banyak pikiran. Hindari hal tersebut karena akan berdampak pada kebahagiaan rumah tangga. Mulai untuk membuat lelucon yang hanya diketahui oleh kamu, pasangan, dan anak. Berikan tanda-tanda yang membuat mereka tertawa. Hal ini akan membuat hubungan kamu satu sama lain menjadi lebih dekat dan bahagia.

Baca Juga: Cara Menghadapi Hubungan yang Toxic

6. Buat ritual keluarga

Terapkan ritual khusus yang dilakukan pada waktu tertentu. Sumber: pexels.com

Sebuah rumah tangga membutuhkan ritual yang mereka lakukan bersama-sama. Ritual tersebut dapat bersifat keagamaan, nasional, atau hanya keluarga inti saja. Ritual yang dilakukan harus mengandung makna dan tidak membuat mereka tertekan. Ritual keluarga bisa dilakukan pada periode tertentu dan diperuntukkan agar rumah tanggamu memiliki kegiatan yang wajib dilakukan.

Baca Juga: Cara Meditasi Untuk Menenangkan Diri

7. Beri kepercayaan dan ruang menikmati hidup

Beri kepercayaan dan ruang untuk menikmati hidup. Sumber: pexels.com

Pasangan yang memberi kepercayaan satu sama lain akan cenderung menikmati hidup mereka. Dalam keseharian, mereka paham ada waktu tertentu untuk tidak selalu bersama. Pasangan satu sama lain juga memerlukan ruang untuk dirinya sendiri. Dari kepercayaan tersebut mereka tahu bagaimana memperlakukan pasangan dengan baik satu sama lain. Namun, jika kamu dan pasangan adalah tipe pasangan yang harus terus bersama dimana pun dan kapan pun kalian juga tetap perlu memberi kepercayaan penuh kepada masing-masing dari kalian.

Baca Juga: Cara-cara yang dapat Kamu Lakukan untuk Ternak Udang di Rumah

Nah, itu dia 7 tips agar rumah tangga harmonis dan langgeng. Kamu bisa diskusikan tips ini dengan pasangan agar kedepannya kalian tetap harmoni dan langgeng, ya! Tips dan trik lainnya bisa kamu akses lebih lanjut disini. Kamu juga dapat menemukan berbagai pelatihan online dengan klik tautan berikut.

Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *