Tanggal:23 July 2024

7 Tips Hidup Bahagia Sederhana, Mulai Dari Hal Kecil

Wanita Bahagia

Baca Juga |7 Ciri Rumah Tangga yang Berbahagia, Apakah Itu Kamu dan Pasanganmu?

Siapa sih di dunia ini yang tidak mau hidup bahagia? pasti semuanya menginginkannya. Hidup bahagia merupakan dambaan dan cita-cita setiap orang. Tapi sebenarnya apa sih yang menjadi tolak ukur dari sebuah hidup yang bahagia?. Punya mobil dan rumah mewah kah ? harta berlimpah ? liburan ? barang-barang branded ?, atau justru hal-hal kecil yang bisa membuat seseorang hidup bahagia ?

Jawabannya tentu tergantung dari masing-masing individu. Karena setiap individu punya perspektif yang berbeda-beda. Namun sebenarnya hidup bahagia itu tidak sulit kok. Justru kalau kamu mematok hidup bahagia dengan segala bentuk kemewahan yang harus dimiliki, kamu akan menjadi pribadi yang selalu tidak puas. Kamu akan terus-terusan merasa bahwa hidupmu itu selalu kurang.

Baca Juga |7 Manfaat Self Healing Jika Menerapkannya Di Kehidupanmu

Namun jika kamu memaknai kehidupanmu dengan hal-hal kecil, kamu akan menjadi pribadi yang pandai mensyukuri nikmat apapun yang diberikan kepadamu. Keuntungan dari pribadi yang pandai bersyukur, mereka menjadi lebih menikmati hidup. Karena mereka tidak tertekan dengan standar hidup bahagia yang terkadang hanya berfokus pada kekayaan saja.

Nah dari sefruit penjelasan diatas, tertarik kah kamu untuk hidup bahagia mulai dari hal yang kecil? Kalau iya kamu bisa mencoba 7 tips hidup bahagia sederhana di bawah ini, simak ya!

7 Tips Hidup Bahagia Sederhana, Mulai Dari Hal Kecil

1. Jadilah Pribadi Yang Rendah Hati

 

Ilustrasi Wanita Yang Tersenyum(pexels.com/monstera)

Baca Juga |5 Tips untuk Branding Diri di Sosial Media, Ciptakan Aura Positifmu!

Pribadi yang rendah hati ialah pribadi yang memiliki sifat keterbukaan pikiran, baik budi, dan mampu mengendalikan ego dengan baik. Pribadi yang memiliki sifat ini pastinya memiliki kehidupan yang bahagia, Karena mereka adalah orang-orang yang sederhana dalam memaknai kehidupan.

Kamu bisa menjadi pribadi yang rendah hati dengan mulai tersenyum. Tetaplah tersenyum walaupun keadaanmu sedang tidak baik-baik saja. Karena dengan tersenyum kamu bisa memancing energi positif yang bisa membuatmu tidak terbebani dengan masalah yang sedang dihadapi.

Baca Juga |9 Metode Jajak Pendapat dalam Opini Publik

Selain itu mulailah untuk memiliki keterbukaan pikiran. Keterbukaan pikiran akan membuatmu menjadi pribadi yang menerima segala bentuk perbedaan. Sehingga kamu akan terhindar dari keributan, yang akan membuat hidupmu jauh lebih damai.

2. Mencintai Dirimu Sendiri

 

Ilustrasi Wanita Yang Memberikan Simbol Cinta(pexels.com/hassan ouajbir)

Baca Juga |5 Alasan Pentingnya Self Reward untuk Diri Sendiri

Kata love yourself atau yang berarti mencintai diri sendiri seringkali terucap saat ini. Tapi memang benar, kamu perlu belajar untuk mencintai dirimu sendiri agar kamu bahagia dengan hidupmu. Kamu bisa memulainya dengan mengenal, dan memahami dirimu sendiri, menerima semua bentuk kekuranganmu. Semua hal itu penting dilakukan supaya kamu bisa menikmati hidupmu.

3. Menghargai Setiap Hasil Pekerjaanmu

 

Ilustrasi Pria Yang Sedang Bekerja(pexels.com/vojtech okenka)

Baca Juga |5 Cara Mengukur Produktivitas Kerja

Hargai setiap pekerjaan yang telah kamu lakukan. Kamu tentunya sudah mengerjakan pekerjaan dengan sungguh-sungguh. Kegagalan itu bukan akhir dari segalanya lho. Mungkin hari ini hasil pekerjaanmu masih belum memuaskan, tapi belum tentu kedepannya seperti itu bukan. Kamu harus bisa memotivasi dirimu untuk bisa menerima apapun yang terjadi, jangan berikan dirimu tekanan yang akan membuatmu makin terpuruk.

Baca Juga |5 Contoh Meningkatkan Produktivitas Kerja

Dengan kamu mulai mencoba menghargai dirimu, kamu akan lebih fleksibel dalam menghadapi sesuatu. Kamu akan menikmati semua proses yang terjadi didalam dirimu, dan ini akan menjadi kebahagiaan kecil di dalam hidupmu.

4. Menyayangi Keluarga, Kerabat, Maupun Sahabat

 

Ilustrasi Wanita Yang Sedang Berbincang Dengan Orang Tua(pexels.com/andrea piacquadio)

Baca Juga |7 Cara Membina Hubungan dengan Sesama, Terapkan Prinsip Saling Menguntungkan!

Kebahagian akan mendatangi seseorang yang memiliki rasa kasih sayang. Rasa kasih sayang ini bisa diberikan kepada keluarga yaitu orang tua, kerabat, maupun sahabat. Kasih sayang ini akan membuatmu menjadi orang yang di sayangi pula. Orang yang mendapatkan kasih sayang pasti akan bahagia. Karena mereka selalu bersama-sama orang yang peduli dengannya.

5. Selalu Melihat Kebawah

 

Ilustrasi Seorang Pria Paruh Baya(pexels.com/jimmy chan)

Baca Juga |5 Alasan Mengapa Self Reminder Penting bagi Diri Sendiri

Jika kamu melihat potret kehidupan yang di atas kamu akan selalu merasa kekurangan, lain hal nya jika kamu selalu melihat yang di bawah dirimu. Kamu akan menjadi pribadi yang bersyukur. Seseorang harus selalu bersyukur jika ingin hidup bahagia. Mungkin memang benar segala kemewahan itu menghantarkan kebahagiaan. Namun kebahagiaan itu hanya semu belaka jika kamu lupa pentingnya untuk bersyukur. Bersyukur adalah cara paling sederhana untuk kamu hidup bahagia.

6. Jadilah Orang Yang Dermawan

 

Ilustrasi Berbagi Ke Sesama(pexels.com/rodnae production)

Baca Juga |7 Tips Self Improvement untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Setelah kamu melihat potret kehidupan yang dibawahmu. Rasa ingin berbagi pasti akan muncul dari dalam dirimu. Dengan membantu orang yang membutuhkan, kamu menambah daftar tambahan untuk kebahagianmu. Bayangkan ketika kamu membantu mereka, kemudian mereka merasa senang dan balik mendo’akan agar kehidupanmu berjalan lancar. Bukankah itu termasuk kedalam bentuk kebahagiaan ?. Kalau kamu tidak yakin, kamu bisa mencoba untuk membuktikannya.

7. Ikut Bahagia Di Saat Orang Lain Bahagia

 

Ilustrasi Seorang Wanita yang Tersenyum Ceria(pexels.com/miriam alonso)

Baca Juga |7 Tempat Untuk Kamu Healing di Bandung, Super Nyaman!

Ketika seseorang mencapai sesuatu hal yang baik, sudah seharusnya kita ikut merasa bahagia dengan keberhasilannya. Jika kita tidak bisa bahagia dengan kesenangan orang lain, kita perlu mempertanyakan diri kita. Apa yang salah dari diri kita, sehingga sulit sekali melihat keberhasilan orang lain.

Kebahagian itu tidak harus selalu datang dari kita kok, justru dengan orang lain bahagia kemudian kita memberinya selamat. Maka dia juga akan senantiasa mendo’akan yang terbaik untuk kita. 

Baca Juga |5 Ciri Sejati dari Kebahagian Diri Sendiri, Jangan Jadi Pribadi yang Menyebalkan Deh!

Yang perlu kamu pahami adalah, keberhasilan orang itu berbeda-beda, dan kamu pasti nantinya akan menemukan jalan keberhasilanmu juga. Jadi nanti ketika kamu berhasil, kebahagianmu juga nanti akan menjadi kebahagiaan bagi orang lain.

Nah itu tadi 7 tips hidup bahagia sederhana yang bisa kamu mulai dari hal kecil. Semoga artikel ini bermanfaat, tetap semangat, dan cobalah melakukannya perlahan. Semoga sukses!

Baca Juga | 5 Cara Mengatasi Hubungan Toxic Pada Pasangan

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *