Tanggal:23 July 2024

6 Langkah Untuk Make Up Tahan Lama Tanpa Setting Spray!

Untuk kamu kaum wanita, menjaga penampilan sangat penting bukan? Tidak hanya penampilan dari pakaian saja, tapi penampilan wajah menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan bagi kita sebagai wanita tentunya! Terutama bagi kamu yang menyukai penampilan wajah dengan memakai make up pasti ingin menghasilkan make up yang natural semaksimal mungkin.

Ilustrasi Cara Make Up Agar Tahan Lama (Sumber: Freepik)

Apalagi, ketika kamu sedang beraktivitas di luar rumah, pasti menjaga penampilan wajah sangat penting. Make up yang tahan lama dan tidak mudah luntur saat kamu beraktivitas seharian, menjadi hal yang diidamkan bagi para wanita. Di tengah aktivitas yang padat, make up memang perlu diperhatikan khusus agar tetap stay on sampai selesai beraktivitas.

Saat beraktivitas di luar rumah dan make up yang dipakai mudah luntur, pasti harus selalu touch up lagi bukan? Belum lagi ketika musim hujan, berada di luar rumah tidak aman untuk kamu yang ingin make up tahan lama. Karena kebanyakan masalah yang kerap dihadapi wanita saat merias wajahnya atau make up untuk beraktivitas di luar rumah adalah make up yang mudah luntur.

Memang cuaca tidak bisa diperkirakan, kadang panas, atau hujan yang membuat make up kita tidak bisa tahan lama. Untuk menjaga make up agar tahan lama, beberapa orang biasanya memakai setting spray yang memiliki banyak fungsi, seperti menjaga make up agar tahan lama, melembabkan kulit wajah, serta primer untuk make up. Kebanyakan beauty enthusiast memakai setting spray sebagai finishing dari tata rias yang digunakan sehari-hari. Namun, harganya cukup terbilang mahal, loh! 

Tips Make Up Tahan Lama

Sebenernya ada cara agar make up kamu tahan lama selama beraktivitas di luar rumah. Berikut tipsnya, langsung saja simak, yuk!

Ilustrasi Alat Make Up (Sumber: Freepik)

1. Persiapkan kulit wajah dengan baik

Sebelum kamu memulai memakai make up, ketahuilah jika kulit wajah tidak dipersiapkan dengan baik, maka make up tidak akan bertahan lama dan hasilnya tidak maksimal. Persiapkan wajahmu dengan melakukan eksfoliasi, dengan begitu akan membantumu menghilangkan minyak, bakteri, dan sel kulit mati.

Saat semua bakteri itu masih tersisa di wajah dan kamu langsung mengaplikasikan make up ke wajah, akan membuat tekstur wajah akan tetap terlihat dan tidak tertutupi oleh make up. Maka dari itu, penting untuk melakukan eksfoliasi minimal dua kali dalam seminggu agar tetap menjaga kulit tetap sehat.

Selain itu, sebelum mengaplikasikan make up ke wajah, setelah mencuci muka dan melakukan eksfoliasi, kamu dapat memakai skincare terlebih dahulu. Seperti memakai toner untuk membersihkan wajah lebih mendalam, sehingga wajah lebih bersih dan bersinar. Selanjutnya memakai pelembab atau moisturizer yang cocok dengan kulit wajahmu agar bebas minyak sehingga dapat meresap di kulit dengan cepat.

2. Aplikasikan primer ke wajah dan area mata

Salah satu cara untuk membuat make up tahan lama dan menghaluskan permukaan kulit wajah kita, dengan mengaplikasikan primer ke wajah. Penggunaan primer juga harus disesuaikan dengan kulit wajah kamu, loh!  Agar dapat menutupi pori-pori dan menyamarkan garis-garis halus dengan baik.

Ada baiknya, gunakan primer berbahan dasar air yang bebas minyak (water base – oil free primer) agar make up tidak bergeser saat beraktivitas di luar rumah. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan primer di area kelopak mata kamu, agar dapat membuat eyeshadow dan eyeliner lebih terlihat dan tahan lama.

3. Gunakan foundation bebas minyak

Produk yang berbahan dasar minyak, tidak akan membuat make up tahan lama. Maka dari itu, gunakan alas bedak bebas minyak agar make up tahan lama. Setiap wajah memiliki jenis kulit yang berbeda, untuk kamu yang jenis kulitnya kering, jangan khawatir, loh! Menggunakan pelembab sebelum foundation akan membuat make up tidak pecah (crack). Jangan lupa pilih foundation yang tahan lama (long lasting foundation)!

4. Set make up dengan teknik double lock

Teknik double lock adalah teknik yang digunakan untuk mengunci make up dengan setting powder, kemudian menimpa kembali dengan menggunakan compact powder, walaupun kamu memakai terlalu banyak tidak akan terlihat terlalu tebal. 

Kamu bisa ikuti caranya, seperti saat kamu sudah selesai mengaplikasikan base make up (foundation, cushion atau bb cream, concealer), aplikasikan make up dengan setting powder, selanjutnya lakukan double lock dengan compact powder.

5. Teknik jamsu technique sebagai alternatif setting spray

Teknik ini merupakan salah satu teknik make up berasal dari Korea Selatan, teknik ini sangat efektif untuk make up agar tahan lama, caranya sangat mudah, loh! Teknik ini tidak jauh beda dengan baking, hanya saja yang membedakan penggunaan loose powder lebih banyak diaplikasikan ke wajah. 

Setelah kamu selesai base make up, gunakan loose powder (bedak tabur) ke seluruh permukaan wajah secara asal, biarkan sejenak. Selanjutnya, ambil mangkok yang cukup besar, diisi dengan air dingin, lalu celupkan wajah kamu ke dalam mangkok tersebut kurang lebih 15-30 detik, setelah selesai tepuk-tepuk wajah secara perlahan, selanjutnya baru gunakan make up seperti biasanya.

6. Jangan bosan touch up

Setelah beraktivitas di luar rumah beberapa jam, pasti akan ada bagian di wajah yang mulai berminyak sehingga menyebabkan make up sedikit luntur. Bagian yang rawan biasanya adalah daerah T-zone wajah, yakni bagian sekitar dahi dan juga hidung.

Apalagi saat kita menggunakan masker, bagian hidung biasanya paling rawan luntur maka jangan pernah bosan untuk touch up menggunakan compact powder (bedak padat). Seperti namanya, compact powder memang didesain kecil sehingga mudah dibawa kemanapun kita pergi. Selain itu, supaya make up tetap tahan lama, kamu juga boleh, kok, langsung melakukan touch up. Gak perlu menunggu sampai make up luntur terlebih dahulu.

Nah, itulah tips make up agar tahan lama dan tetap fresh seharian! Agar saat kamu beraktivitas di luar rumah tetap fresh make up kamu! Tanpa harus melakukan touch up berkali-kali. Semoga tips ini bermanfaat, ya!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *