Tanggal:22 June 2024

Pasti Berhasil! Ini Dia 7 Tips Menabung 1 Juta Perbulan

Menabung memang suatu hal yang sangat penting dilakukan. Namun, untuk membangun kebiasaan ini juga tidak mudah karena membutuhkan konsistensi dan komitmen yang kuat. Belum lagi kamu harus memenuhi kebutuhan pokok yang harganya semakin tinggi atau kamu terbiasa dengan gaya hidup konsumtif seperti membeli suatu barang yang tidak penting demi mengikuti tren.

Meskipun begitu, menabung adalah kebiasaan yang tetap harus dilakukan. Dengan menabung, kamu bisa memiliki dana darurat untuk berbagai kondisi di kemudian hari. Selain itu, menabung juga secara tidak langsung mengajarkan kamu bagaimana cara mengatur penghasilan sekaligus membiasakan untuk tidak konsumtif. 

Sebagai orang yang belum terbiasa untuk menabung tentunya saat ingin memulainya akan menghadapi berbagai rintangan. Sebagai solusi, kamu tak perlu menabung dalam jumlah yang banyak. Menyimpan dana sebesar satu juta Rupiah perbulan saja sudah cukup. Dengan mulai menentukan nominal uang yang akan ditabung setiap bulannya tentu akan lebih mudah dan terpacu untuk berkomitmen pada hal tersebut.

Lantas, bagaimana cara melakukannya? Terlepas dari besaran yang didapatkan perbulan maupun yang belum memiliki penghasilan pasti setiap bulannya, kamu tetap bisa mulai menabung dengan berbagai tips di bawah ini.

Baca juga: 10 Manfaat Menabung Untuk Masa Depan Yang Baik

1. Mencari Pekerjaan Sampingan

Pekerjaan sampingan sangat cocok bagi kamu yang memiliki keahlian. Dengan hasil kerja sampingan kamu bisa menyisihkan uangmu untuk ditabung. Pendapatan yang dihasilkan biasanya Rp100 ribu – Rp2 juta perhari tergantung pekerjaan dan kapasitas keahlianmu.

Misalnya, kamu bisa membuka jasa freelance sebagai disainer grafis, content writer, editor vidio, bisnis blogging dll. Dari pekerjaan tersebut tentunyab bisa menambah keahlian dan pengalaman lebih sehingga kedepannya kamu dapat memaksimalkan penghasilan yang bisa kamu raih.

Namun, untuk hal tersebut pastikan kamu mampu membagi waktu dengan baik, jangan sampai supaya tidak menjadi beban dalam pekerjaan ini sehingga kamu mendapatkan hasil yang optimal.

Baca juga

2. Sisihkan Pendapatanmu Segera

Pastikan jika kamu ada pemasukan baik itu dari kerjaan sampingan atau gaji pokok yang kamu dapatkan, maka sisihkan uangmu untuk ditabung. Hindari membagi uang untuk tabungan di akhir, karena justru kamu akan merasa kurang setelah menyisihkan dana tersebut. Bahkan, lebih baik lagi jika kamu membagi pendapatan untuk dana darurat, tabungan, dan investasi, sehingga kamu memiliki lebih banyak dana cadangan untuk bekal di masa mendatang. 

3. Investasi

Pixabay

Salah satu cara untuk mendapatkan satu juta perbulan adalah dengan melakukan investasi dari penghasilan tambahanmu. Misalnya, sisihkan pendapatanmu untuk berinvestasi saham, deposito berjangka, kripto, reksadana hingga yang terbaru yaitu investasi P2P Lending. Keempat jenis investasi tersebut relatif dapat dimulai dengan modal kecil dan kamu akan mendapatkan keuntungan di dalamnya.

Baca juga: 8 Investasi Menguntungkan Bagi Pemula Tahun 2022

4. Menentukan Target

Tips menabung 1 juta per bulan selanjutnya yaitu menentukan target tabungan. Mudahnya, kamu memiliki target utama menabung sebesar Rp1 juta setiap bulannya. Jika terasa berat saat disisihkan sejak awal, kamu bisa membaginya menjadi beberapa tahap. Misalnya, Rp250 ribu setiap minggu atau Rp500 ribu setiap dua minggu. Bahkan, kamu juga dapat menabung setiap hari dengan jumlah yang berbeda setiap harinya, mulai dari Rp10 ribu sampai Rp30 ribu. 

5. Kurangi Belanja yang Tidak Dibutuhkan

Berbelanja atau membeli sesuatu hal yang diinginkan memang rasanya sangat menyenangkan. Namun, apabila kita selalu melakukan hal tersebut secara rutin tanpa melihat pemasukan serta pengeluaran tentu akan membuat kondisi keuangan kita makin tidak stabil.

Membeli sesuatu hal memang bukanlah hal yang tidak boleh dilakukan, namun kamu harus lebih bijak dengan mulai memilih mana yang memang dibutuhkan bukan hanya sekedar diinginkan. Untuk mulai mengurangi pembelian yang tidak perlu, kamu dapat mulai melakukan pencatatan rutin baik itu secara harian, mingguan atau bahkan bulanan jika diperlukan. Sehingga pengeluaranmu dapat digunakan dengan lebih optimal.

6. Prioritaskan Kebutuhan Pokok

Cara menabung 1 juta Rupiah dalam sebulan berikutnya adalah untuk memprioritaskan kebutuhan terlebih dahulu. Trik satu ini bisa menjadi cara untuk mengatur keuangan yang efektif dalam jangka waktu yang panjang. Pasalnya, dengan memiliki prioritas terhadap kebutuhan, kamu takkan tergiur untuk mengeluarkan uang demi hal-hal yang kurang penting.

Hasilnya, uang yang bakal disisihkan pun menjadi lebih banyak dan kamu tak perlu lagi mengkhawatirkan gaya hidup boros. Untuk menjalankan inisiatif ini, buatlah daftar belanja yang dapat menjelaskan skala prioritasmu. Hal ini bertujuan untuk menghindarimu dari membeli barang-barang yang kurang penting.

Baca juga: Yuk, Pahami Perbedaan Kebutuhan Dan Keinginan!

7. Buat Catatan Finansial

Pixabay

Catatan finansial ini akan mempermudah kamu untuk mengelola anggaran sekaligus mengetahui pengeluaran harian yang telah dilakukan. Adanya pengelolaan uang yang baik dan bijak tidak menutup kemungkinan kamu bisa mencapai target nominal 1 juta per bulan atau bahkan lebih jikalau kamu mampu menghindari kebiasaan boros dan konsumtif.

Baca juga:

Nah, itulah 7 tips menabung 1 juta perbulan. Semoga kamu berhasil melakukannya yah. Oh iya, bagi kamu yang sedang menentukan target tabungan perbulan, akan menjadi nilai plus jika kamu memiliki keahlian dalam berinvestasi dengan mengikuti pelatihan Sukses Investasi Reksadana Dari Awal Hingga Mahir. Kursus ini juga sangat cocok bagi kamu yang masih pemula. Yuk, segera daftarkan dirimu!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *