Tanggal:30 May 2024

7+ Minuman Khas Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Cobain!

Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu daerah yang wajib banget kamu kunjungi, terutama menjadi salah satu destinasi wisata untuk liburan. Banyak sekali kota-kota yang sangat bersejarah dan penuh dengan aktivitas yang kamu dapat lakukan. Kota-kota tersebut adalah Semarang, Yogyakarta, Solo, dan masih banyak lagi. Pastinya kulineran di kota-kota Jawa Tengah enak-enak gak sih? 

Kuliner yang terdapat dalam Jawa Tengah banyak sekali, contohnya saja makanan seperti Gudeg, Lumpia, Soto, dan masih banyak lagi. Tetapi kali ini, kita akan membahas kuliner minuman yang terdapat di daerah Jawa Tengah. Menurut kamu, ada minuman khas apa saja ya?Minuman-minuman ini pastinya sudah terkenal di daerah-daerah luar Jawa Tengah, tapi apakah rasanya sama?

1. Wedang Uwuh 

Wedang Uwuh
Wedang Uwuh. Photo: Berita Agar/Shutterstock

Minuman sampah? Kok bisa sampah diminum? Iya benar, minuman yang satu ini mempunyai arti yang sangat unik. Wedang Uwuh yang memiliki arti ‘Minuman Sampah’ ini merupakan minuman yang sehat untuk dikonsumsi lho! Selain itu, minuman dengan nama wedang ternyata juga banyak, seperti wedang jahe, wedang ronde, dan masih banyak lagi. Seringnya, wedang uwuh dikonsumsi untuk pengobatan tradisional, maka dari itu minuman ini sangat sehat untuk dikonsumsi. Konon, nama wedang uwuh tercipta karena pada saat air panas dituangkan pada minuman ini, warnanya langsung berubah seperti air sampah. Unik banget ya!

2. Bir Pletok 

Bir Pletok
Bir Pletok. Photo: Setu Babakan

Warga Betawi mana suaranya nih? Karena minuman yang satu ini adalah minuman khas Betawi! Bahan-bahannya sendiri terbuat dari bahan rempah-rempah yang dipercaya dapat membantu kamu menghilangkan masuk angin, pegal-pegal, menghangatkan badan dan asam urat. Uniknya lagi, minuman ini mengandung bir, tetapi sama sekali tidak mengandung alkohol, kok bisa yah? Intinya, bir ini sangat sehat untuk dikonsumsi, seperti untuk menghilangkan semua penyakit yang sebelumnya sudah disebutkan. Bir Pletok juga bisa melancarkan pencernaan lho!

Baca Juga :

3. Sekoteng 

Es Sekoteng
Es Sekoteng. Photo: iStock

Sekoteng berasal dari daerah Jawa Tengah yang bahan dasarnya adalah jahe. Selain jahe, bahan-bahan yang dibutuhkan seperti kacang hijau, pacar cina, kacang tanah, dan juga potongan roti. Minuman yang satu ini sering kali disajikan pada malam hari. Harga dari sekoteng juga bervarian, mulai dari harga sepuluh ribu hingga 50 ribu. Kalau manfaat sudah sangat terjamin juga, sekoteng dapat  menghangatkan badan, menghilangkan pusing, mengurangi mual, dan juga menurunkan kolesterol.

4. Es Gempol 

Es Gempol
Es Gempol. Photo: iStock

Kalau kamu sedang berkunjung di Semarang, harus wajib banget cobain es gempol! Minuman ini adalah minuman khas Semarang, Jawa Tengah. Bahan-bahan dasar dari es gempol adalah gula, santan, dan tepung beras. Es ini juga terdapat dari berbagai daerah seperti Jakarta, Solo dan Bandung. Konon, es ini sekarang sulit ditemukan dipasaran dan para penjual. Jadi, kalau kamu sedang menemukan yang jual es gempol, buruan langsung cobain deh!

5. Es Rumput Laut 

Es Campur Rumput Laut
Es Campur Rumput Laut. Photo: Resep Anti Gagal

Rumput laut jadi es? Masa sih? Iya! Es yang satu ini memang sangat unik banget karena salah satu bahannya merupakan rumput laut asli, jadi nama es ini bukan hanya sekedar nama saja ya. Bahan-bahan lainnya seperti buah-buahan juga terdapat dalam es ini, seperti apel, pepaya, melon, alpukat, anggur, dan bahan lainnya. Tetapi, bahan utama dari es ini pastinya rumput laut, setelah selesai dibuat dan akan disajikan, hidangan es ini bener-bener segar banget deh untuk dicicipi! Yuk cobain!

Baca Juga :

6. Es Dawet 

Es Dawet
Es Dawet. Photo: iStock

Konon, banyak sekali yang menyamakan es dawet dengan es cendol. Walaupun kedua hidangan es ini memiliki warna yang sama, bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya jauh berbeda. Cendol sendiri terbuat dari bahan tepung kacang hijau, sedangkan dawet terbuat dari bahan tepung beras. Cara pembuatan juga jauh berbeda dari kedua es. Es Dawet menggunakan gula kepala untuk pemanisnya, kebayang kan rasanya pasti alami banget dan enak?

7. Bajigur 

Bajigur Kopi
Bajigur Kopi. Photo: Fiber Creme

Minuman asal khas orang Sunda yang berasal dari Jawa Barat ini sangat populer sekali lho untuk minuman tradisional. Bajigur membutuhkan bahan-bahan seperti air santan, gula aren, kopi atau coklat, dan masih banyak lagi untuk pembuatannya. Nama Bajigur sendiri datang dari cerita zaman dahulu saat petani sebelum berangkat bertani, mereka sering sekali mencampurkan air hangat dengan gula aren, juga air kelapa, lalu tercipta-lah nama bajigur. Unik juga ya ceritanya!

8. Es Doger 

Es Doger. Photo: cookpad.com

Kalau es yang satu ini berasal dari kota Bandung, Jawa Barat. Tetapi, es ini tidak hanya populer di kota asalnya, di Pulau Jawa-pun sudah sangat terkenal dan banyak diminati oleh masyarakat. Es Doger banyak sekali penjual, seperti pedagang-pedagang kaki lima yang sedang berkeliling di daerah perumahan warga dan sekitarnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es doger adalah susu, tape, parutan kelapa, alpukat, ketan hitam, dan masih banyak lagi. Arti dari es doger sendiri adalah dorong gerobak. Jadi tidak aneh kalau es yang satu ini sering dijual di gerobak-gerobak kaki lima!

9. Jamu Jun

Jamu Jun. Photo: cookpad.com

Jamu Jun merupakan minuman yang berasal dari rempah-rempah, lalu dipadukan dengan tepung beras namun tidak terasa pahit seperti jamu pada umumnya. Minuman ini terbuat dari campuran 12 macam rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, jahe, merica hitam, merica putih. Dalam penyajiannya, minuman ini diberi toping bubuk merica dan bola yang terbuat dari rempah seperti kelapa, jahe, merica, tepung, dan rempah lainnya. 

Karena terbuat dari banyak rempah, maka minuman ini cocok untuk menghangatkan tubuh dan untuk orang yang sedang meriang. Jamu ini juga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Namun sayang, saat ini jamu jun mulai langka. Bukan karena peminatnya berkurang, melainkan penjualnya yang semakin jarang ditemukan.

10. Wedang Kacang

Wedang Kacang. Photo: Cookpad.com


Di kota Semarang, terdapat salah satu minuman berjenis wedang bubur yang berasal dari kacang tanah. Wedang ini memiliki rasa gurih dan manis dengan tekstur kacang yang empuk dan lumer. Wedang kacang ini awalnya berasal dari sebuah kampung di kawasan Pecinan Semarang, lalu menyebar ke wilayah Semarang lainnya. Rata-rata penjual wedang kacang memakai gerobak besar, tapi menetap di suatu tempat khusus. Minuman ini terbagi menjadi beberapa macam yaitu wedang kacang, wedang kacang hijau, dan kombinasi keduanya 

11. Adon-adon Coro

Adon-adon Coro. Photo: cookpad.com

Adon-Adon coro merupakan salah satu minuman yang berasal dari Jepara, namun tersebar di berbagai daerah di Jawa Tengah lainnya terutama Semarang. Sama seperti pada umumnya, Adon-Adon coro terbuat dari beberapa rempah seperti merica bubuk, kayu manis, cengkeh, lengkuas, dan pandan. Setelah itu disiram dengan santan, jahe, gula merah, dan air. Melihat bahan baku yang seperti itu, Adon-Adon coro memang paling nikmat disantap di saat musim hujan atau malam hari. Namun sayang saat ini sedikit sulit ditemukan.

12. Es Sagwan

Es Sagwan. Photo: jatenglive.com

Es sagwan merupakan salah satu minuman yang aslinya berasal dari Tegal. Minuman ini berbahan dasar tepung kanji yang memiliki rupa hampir sama dengan dawet, dan disajikan dengan serutan es bersama siraman sirup atau gula merah. Es sagwan identik dengan warna pink karena menggunakan sirup berwarna merah. Minuman ini masih kerap ditemui dengan mudah di bawah Rp10.000 per gelas. 

Kamu akan mencicipi minuman yang mana nih?

Baca Juga :

Edited by Romadhona S.

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *