Tanggal:21 July 2024

8 Cara Efektif Atasi Malas Belajar, Bikin Semangat Kamu Bangkit!

Malas belajar bisa dikatakan sebagai hal yang umumnya hampir dialami oleh setiap pelajar baik siswa maupun mahasiswa. Malas belajar bisa terjadi ketika kita merasakan tugas yang dimiliki tidak begitu penting. 

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Padahal jika kita melihat efek jangka panjang, aktivitas belajar yang dilakukan akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dan kesuksesan di masa depan. Oleh sebab itu, pentingnya mengatasi rasa malas belajar dan mencari cara untuk mengatasi hal tersebut.

Baca juga: Simak Cara Berbisnis Franchise Mie Gacoan

Cara Mengatasi Malas Belajar

Cara Mengatasi Malas Belajar. Sumber: pexels.com

Beberapa cara efektif di bawah ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi malas belajar. Berikut penjelasan 8 cara efektif atasi malas belajar!

1. Ingat Motivasi dan Tujuan Belajar

Kamu bisa memulainya dengan mulai membuat motivasi ringan yang menjelaskan pentingnya belajar bagi kebaikan diri sendiri atau orang tua. Motivasi akan terus menemani kamu, sehingga saat kamu merasa malas untuk belajar kamu akan mudah bangkit dan melawannya. 

Kamu bisa mencatat impian di buku harian agar mudah untuk mengingat segala motivasi yang kamu punya. Buatlah catatan mengenai impian yang ingin kamu raih. Hal ini sekaligus bisa membuat kamu untuk memiliki tujuan hidup yang akan selalu kita dapatkan ketika kita mau melakukan proses belajar.  

Jika dirasa kurang cukup memotivasi, kamu bisa membaca kisah-kisah inspiratif seseorang yang menjadi panutan. Misalnya kisah-kisah ilmuwan seperti Albert Einstein. Dari kisahnya tersebut, kamu bisa mencontoh berbagai poin kehidupan yang penting kamu terapkan secara langsung dalam hidupmu.

2. Cari Tempat Belajar yang Nyaman

Menemukan tempat yang cocok untuk belajar dapat membuat kita terhindar dari rasa malas belajar, tetapi nyatanya cukup sulit untuk ditemukan. Beberapa orang lebih suka belajar di ruang publik seperti perpustakaan atau kedai kopi, tetapi ada pula yang menyukai belajar sendirian di dalam kamar atau tempat tidur.

Dimana pun tempat belajar yang cocok denganmu, temukanlah tempat belajar yang dapat membuat kamu lebih produktif dan merasa nyaman agar termotivasi untuk tidak malas belajar. 

Baca juga: Universitas yang Menerima Lulusan SMK

3. Buat Daftar Pekerjaan

Kamu pasti sering mengalami kondisi dimana tugas yang kamu miliki sangat menumpuk, bukan? Kamu bingung perlu lebih dulu menyelesaikan yang mana. Akhirnya, karena berlarut dalam kebingungan tugas tetap menumpuk dan kamu malah menunda-nunda menyelesaikannya karena sudah merasa malas.

Agar lebih efisien dan mudah, kamu bisa membuat daftar tugas atau to-do list untuk mengerjakan tugas sesuai dengan skala prioritas. Kamu bisa mencatat lalu menempelkan daftar tugas tersebut ke tempat yang paling sering kamu lihat, agar kamu ingat untuk menyelesaikan tugas.

4. Coba Biasakan untuk Disiplin

Mendisiplinkan diri untuk tidak bermalas-malasan adalah hal yang cenderung sulit untuk dilakukan. Mulai untuk melakukan hal-hal yang dapat berkontribusi dalam mencapai hasil yang terbaik. Disiplin ini perlu kamu terapkan agar meminimalisir kemalasan belajar secara berkelanjutan. 

5. Selesaikan dari Pekerjaan yang Mudah

Multitasking hanya akan menyulitkan proses final saat kamu mengerjakan sesuatu hal. Agar tidak bentrok dengan pekerjaan lainnya, kamu hanya perlu fokus pada satu pekerjaan yang mudah untuk diselesaikan terlebih dahulu. Hal ini dapat membuat kamu menjadi lebih produktif dan menghindari perasaan malas belajar pada diri. 

Selain itu, kita akan kembali pada alokasi manajemen waktu yang baik agar setiap pekerjaan bisa terlaksana dengan baik pula. 

Baca juga: Penggunaan Was dan Were dalam Bahasa Inggris

6. Luangkan Waktu Khusus Belajar

Saat kamu sudah menyetel waktu khusus yang dibuat untuk belajar, jangan pernah membuat banyak alasan dan segera kerjakan. Kebiasaan menunda yang melekat dalam diri perlu segera dimusnahkan. Menyisihkan sebagian waktu yang kamu miliki bisa membuat kamu lebih fokus belajar dan menguasai topik di bidang tertentu. 

7. Letakkan Gadget di Tempat yang Jauh 

Menjauhkan gadget adalah hal terpenting yang perlu kamu lakukan. Gadget biasanya menjadi gangguan saat kamu tengah menyelesaikan suatu pekerjaan. Jika kamu memiliki keperluan yang mengharuskan untuk mengecek sosial media, tetap gunakan perangkat seperti laptop dan fokus terhadap tugas yang sedang kamu selesaikan. 

Menjauhkan gadget akan membuat kamu lebih mudah untuk fokus dan berkonsentrasi di dalam aktivitas belajar. Ketahui batasan penggunaan gadget agar pekerjaan cepat selesai!

8. Beri Reward 

Setiap kali kamu berhasil melakukan berbagai pekerjaan kamu perlu menghargai tubuhmu sendiri. Oleh sebab itu, berikan imbalan pada dirimu sendiri. Tidak perlu reward yang memakan banyak biaya, cukup dengan hal kecil yang paling kamu suka misalnya setelah beberapa jam mengerjakan tugas kamu perlu secangkir coklat panas agar pikiranmu kembali memunculkan ide-ide yang cemerlang. Kamu juga bisa memberikan reward kepada diri sendiri dengan jangka waktu tertentu misalnya perminggu atau perbulan. 

Baca juga: Keuntungan Belajar Online

Itu dia 8 cara efektif atasi malas belajar yang bisa kamu terapkan. Perlu diingat bahwa perasaan malas adalah hal normal yang dirasakan semua orang. Namun, akan jadi masalah apabila kamu membiarkan rasa mala situ tumbuh dalam dirimu sendiri. Maka pertimbangkan untuk melakukan segala cara di atas, ya! 

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Vocasia adalah platform online penyedia kursus online yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis! Tunggu apalagi, nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai pelatihan agar skill dan pengetahuan kamu semakin meningkat! Temukan kursus yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut

Baca juga: Tujuan Pameran Fotografi Serta Cara Menyiapkan Pameran Foto

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *