Tanggal:21 February 2024

To Do List: Arti, Cara Membuat, dan Aplikasinya

Apakah kalian pernah mendengar istilah to do list? To do list artinya daftar tugas ataupun kegiatan yang dilakukan oleh seseorang pada waktu tertentu. Pasalnya, to do list merupakan bagian dari sebuah planning agar terstruktur rapi. Dengan begitu, kegiatan yang kita jalani akan lebih terarah sesuai dengan tujuannya. Biasanya to do list sering digunakan oleh generasi milenial. Namun, tak hanya generasi milenial saja yang memakainya, lho. Banyak juga karyawan kantor menggunakan to do list untuk menunjang pekerjaannya.

Hal ini dipengaruhi karena adanya perkembangan teknologi. Kita semua selalu diberi kemudahan untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan bantuan teknologi yang ada. Kini terdapat teknologi yang berkembang pesat yaitu smartphone. Banyak pengembang IT yang berbondong-bondong menciptakan inovasi baru melalui aplikasi. Salah satu tools yang dapat membantu meningkatkan produktivitas adalah task list (To Do List).

Aplikasi to do list dapat diunduh melalui Play Store ataupun App Store. Nantinya kalian akan dimanjakan dengan berbagai fitur yang dapat menjadwalkan segala agenda kegiatan yang telah direncanakan. Kemudian para pengguna akan mendapatkan notifikasi sebelum aktivitas itu berlangsung.

Diharapkan keberadaan aplikasi ini dapat memberikan manfaat. Sehingga, penggunanya bisa lebih disiplin, semua agenda akan terorganisir dengan baik, dan bisa memicu peningkatan produktivitas. Lantas, bagaimana cara membuat to do list? Yuk, simak artikel dari Vocasia berikut ini!

Apa itu To Do List?

Ilustrasi Pembuatan To Do List (Freepik)

To do list artinya catatan singkat berisi deretan jadwal yang akan di lakukan seseorang setiap harinya. Dengan adanya to do list, tentu semua orang akan lebih mudah untuk mengingat semua aktivitas yang akan dilakukan. Sebab, kalian sudah mencatatnya secara rapi dan terstruktur.

Adapun rentang waktu yang telah ditetapkan ini bisa dibuat harian, mingguan, dan bulanan. Selain itu, perlu kalian ketahui bahwa catatan ini merupakan bagian dari sebuah perencanaan.

Cara Membuat To Do List

Catatan Agenda Kegiatan (Freepik)

Kalian pernah membuat to do list sebelumnya? Jika belum, kalian wajib banget mengikuti cara pembuatan to do list dari Vocasia berikut ini.

1. Catat semua kegiatan yang akan dilakukan

Dalam satu hari, pastinya kalian memiliki beragam kegiatan yang ingin dilakukan. Sebaiknya, sebelum tidur kalian menulis semua kegiatan tersebut agar tidak lupa. Sebisa mungkin tulis semua secara detail kegiatan tersebut. Dengan begitu, kalian juga selalu melakukannya secara spesifik.

2. Mengurutkan berdasarkan prioritas

Sebaiknya, susunlah berdasarkan urutan prioritas. Contohnya seperti hal yang dianggap paling mendesak atau hal lainnya. Tentunya supaya lebih mudah diingat dan selalu fokus saat mengerjakannya.

3. Biasakan untuk menggunakan checklist

Ketika selesai menyusun semuanya sesuai prioritas, selanjutnya kalian wajib menerapkan checklist. Dengan checklist, kalian akan tahu mana yang sudah selesai dikerjakan dan mana yang belum.

Baca juga: 7 Fungsi Microsoft Word

4. Buat catatan semenarik mungkin

Kreatifitasmu bisa terasah ketika membuat to do list. Agar lebih menarik, kalian bisa menuliskan jadwal tugas dengan tinta beraneka warna atau mungkin dengan menempelkan stiker unik kesukaanmu. Tampilan yang menarik tidak akan membuatmu bosan untuk terus melihat dan juga menulis pada to do list.

5. Menggunakan to do list digital melalui smatphone

Kalian dapat membuat catatan kegiatan dengan bantuan aplikasi, lho. Terutama di zaman yang semakin canggih, banyak sekali aplikasi yang memungkinkanmu untuk menyusun rangkaian kegiatan. Selain mempermudah kegiatan, hal ini juga bisa menunjang produktivitas kerjamu.

Aplikasi To Do List untuk Penunjang Aktivitasmu

Aplikasi To Do List (Pexels)

Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian maju, saat ini banyak aplikasi to do list yang bisa kalian dapatkan secara gratis, lho! Fitur yang ditawarkan pun beragam. Berikut deretan aplikasi to do list yang bisa kamu coba.

1. IKE

Rekomendasi pertama dari Vocasia yaitu sebuah aplikasi yang terinspirasi dari buku terkenal “7 Habbit of Highly Effective People” dalam menentukan suatu prioritas. Desainnya pun penuh warna, tetapi tetap simpel digunakan.

Kita bisa menentukan prioritas tugas berdasarkan tingkat kepentingan. Tak hanya itu saja, kalian akan dimanjakan dengan fitur alarm pengingat untuk deadline tugas berulang.

Untuk versi premiumnya, aplikasi IKE menawarkan fitur pengingat lokasi, perekam suara, dan akses tampilan tema yang beragam. Bagi kalian yang tertarik, silakan unduh langsung di Google Play.

2. I Remember

Aplikasi ini terbilang pendatang baru dari dunia to do list. Namun, ia dinobatkan sebagai aplikasi pilihan editor di Google Play Store. I Remember juga bisa dijadikan pengatur jadwal dan sarana untuk mencatat semua ide yang ada dalam pikiran.

3. TickTick

Berikutnya ada aplikasi to do list yang memiliki fitur sinkronisasi cloud. Sehingga, kalian bisa melacak daftar tugas dengan mudah antar perangkat. Kalian dapat mengurutkan daftar tugas tersebut berdasar prioritas dengan sistem tag, membuat checklist, menambahkan tugas melalui email, mengunggah lampiran tugas, melihat kalender, dan menjadwalkan pengingat.

Aplikasi ini bisa kalian dapatkan secara gratis. Tetapi, kalian juga bisa menggunakan versi premium untuk menikmati fitur canggih seperti berbagi daftar tugas dengan tim dan lainnya.

4. Remember The Milk

Dengan aplikasi ini, kalian bisa mengatur daftar tugas berdasarkan tanggal jatuh tempo, tag, lalu mencentangnya dari daftar ketika sudah selesai. Selain itu, ia dapat memudahkan pelacakan tugas karena ada fitur smartlist untuk menyoroti daftar tugas. Ia juga memiliki kelebihan lain seperti dapat mengelola dengan memecah tugas ke tingkat sub-tugas.

Ada pula fitur kolaborasi yang memudahkan koordinasi dengan pengguna lain. Fitur dasar dalam aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis. Namun jika kalian butuh fitur yang lebih lengkap, ada biaya berlangganan yang harus dikeluarkan.

5. Trello

Aplikasi ini dapat diandalkan untuk mencatat berbagai hal. Ia bersifat fleksibel dan bisa diubah-ubah tampilannya sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Trello menawarkan tampilan user interface yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Selain itu, kalian juga bisa mengaktifkan notifikasi agar selalu up to date.

6. Microsoft To Do List

Aplikasi ini dinaungi langsung oleh Microsoft. Ia akan membantumu dalam mengorganisir semua agenda yang harus dilakukan dan mencatat rencana yang ingin dilakukan. Semua konten yang tersimpan di Microsoft To Do List dapat diakses menggunakan berbagai perangkat. Sehingga, kalian bisa mengakses catatan tersebut di mana pun kalian berada. Kalian juga bisa membagikan catatan tersebut ke keluarga, teman, ataupun kolega apabila diperlukan. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk membuat catatan berwarna. Jadi, kalian bisa membedakan setiap jenis catatan sesuai dengan warna. Keren banget, ya?

Itulah informasi seputar to do list yang bisa kalian pahami untuk menunjang pekerjaanmu. Mari atur jadwal kegiatanmu dengan salah satu aplikasi di atas agar pekerjaanmu lebih terarah. Semoga bermanfaat!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *