Tanggal:29 April 2024

7 Fungsi Microsoft Word

Fungsi Microsoft Word ada apa saja? Fungsi utama yang sering digunakan untuk mengolah data berbasis teks atau tulisan seperti menulis laporan pekerjaan, penelitian, pembuatan karya sastra, dan lainnya.

Tak hanya itu, bagi para pekerja, Microsoft Word memudahkan dalam pembuatan data tabel, diagram, maupun bagan. Oleh karenanya, di zaman serba digital seluruh masyarakat dituntut untuk dapat mengoperasikan Microsoft Word.

Sejak awal dibuatnya, Microsoft Word telah mengalami perkembangan diberbagai versi. Banyak fitur yang bisa kita pelajari melalui internet. Penggunaannya dapat diakses pada smartphone, komputer, laptop, ataupun tablet.

Jika kamu belum memilikinya, aplikasi ini bisa diunduh pada Google Play Store dan App Store. Mudah sekali, bukan? Lalu, ada apa saja fungsi dari Microsoft Word? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Baca Juga | Tips Mahir Microsoft Office, Yuk Terapkan!

Apa itu Microsoft Word?

Berbagai Macam Microsoft Office (Pixebay)

Microsoft Word adalah sebuah program yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office. Ia berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah kata meliputi membuat, mengedit, dan memformat dokumen. Perangkat lunak pengolah kata atau word processing adalah program yang digunakan untuk mengolah dokumen.

Aplikasi ini telah didistribusikan di sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS, IOS, dan Android. Hal ini menyebabkan popularitas Microsoft Word bertahan walaupun banyak terdapat aplikasi pengolah kata yang terus bermunculan.

Baca Juga | 4 Cara Cepat Dan Mudah Membuat Tanda Tangan Di Microsoft Word

Fungsi dari Microsoft Word

Microsoft Word (Unplash)

Fungsi dari Microsoft Word sendiri tak terbatas pada pengolah data. Pengguna juga dapat mengandalkan Microsoft Word untuk mengoreksi setiap kata yang salah. Fungsi lain yang dimilikinya di antaranya sebagai berikut:

1. Dokumen jadi lebih profesional

Dengan menggunakan Microsoft Word, file dokumen yang kamu buat akan terlihat berbeda. Jika kamu menulis menggunakan tangan atau dengan mesin ketik, pasti tulisan akan terlihat normal. Namun, dengan munculnya Microsoft Word, kamu dapat membuat dokumen lebih menarik dan mudah dibaca. Ada berbagai jenis ketebalan, ukuran font, dan banyak lagi fitur yang bisa kamu dapatkan dengan hanya menggunakan aplikasi ini. Dokumen akan terlihat lebih menarik dan profesional.

Baca Juga | Cara Mudah Membuat Daftar Pustaka Di Microsoft Word

2. Mengurangi pemakaian kertas

Memakai Microsoft Word dapat meminimalkan kesalahan pengetikan atau penulisan pada dokumen yang kamu buat. Ketika terjadi kesalahan, kamu tidak harus mengetik ulang dari awal. Jadi, secara otomatis bisa mengurangi jumlah kertas yang kamu gunakan. Pengunaannya tidak seperti menggunakan mesin ketik zaman lampau yang harus mengulang dari awal serta menggantinya dengan kertas yang baru.

Baca Juga | Cara Mudah Membuat Tabel Di Word Dan Cara Mengaturnya

3. Mencetak dokumen

Aplikasi Microsoft Word juga berguna untuk mencetak dokumen. Dalam prosesnya, kamu dapat memilih jumlah salinan dokumen yang akan dicetak. Setelah itu, klik opsi pencetakan (printing). Dokumen yang telah dibuat pun jadi dalam bentuk nyata.

Baca juga | 6 Cara Membuat Grafik di Microsoft Excel

4. Menyimpan dan memformat dokumen

Banyak sekali fitur yang ada pada Microsoft Word. Hal ini memungkinkan kamu untuk memformat teks seperti pengunaan huruf tebal (bold), teks miring (italic), garis bawah (underline), header, footer, poin, maupun angka. Di dalamnya juga dapat menyimpan dokumen secara elektronik ke hard drive gadget. Sehingga, kamu dapat membuka kembali dokumennya saat diperlukan nanti.

Baca Juga | Mengefektifkan Kerja Dengan Shortcut Di Microsoft Word

5. Dapat menyisipkan gambar

Hampir semua pembuatan dokumen apalagi perlengkapan administrasi selalu dilengkapi oleh gambar. Disektor pekerjaan pun selalu diselipkan cover depan dan sampul belakang. Hal itu dilakukan agar memperjelas tentang suatu hal yang ingin kita sampaikan. Kamu hanya memilih ikon gambar untuk menambahkannya pada dokumen.

Baca Juga | Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word, Gampang Banget Loh!

6. Mempermudah dalam pembuatan tabel

Pada aplikasi ini terdapat menu untuk membuat tabel. Tabel sendiri hampir mirip bentuknya dengan Microsoft Excel. Fungsinya untuk membuat daftar tabel atau suatu bidang tertentu yang akan menjelaskan sesuatu secara terpisah agar bisa dipahami secara detail.

Baca Juga | Cara Mudah Membuat Bagan Organisasi Di Microsoft Word

7. Meminimalisir kesalahan penulisan

Sebelum menggunakan aplikasi Word ini, pasti banyak dari kamu semua yang memakai mesin ketik ataupun tulisan tangan sebagai media penulisan. Hal yang sulit ketika kita salah dalam satu ejaan tulisan dan mau tidak mau kita harus menghapus atau menulis ulang tulisan tersebut.

Akan tetapi, berbeda dengan aplikasi pengolah data seperti Microsoft Word. Jika ada kata yang salah, kamu tak perlu khawatir. Ada fitur autocorrect otomatis yang secara langsung akan memperbaikinya. Tidak hanya itu, kita dapat langsung menghapusnya sebelum nantinya dicetak dalam bentuk hardcopy.

Nah, itulah fungsi dari aplikasi Microsoft Word. Kamu bisa gunakan di segala aktivitas, khususnya dalam membuat dokumen penting. Semoga informasi ini bermanfaat dan ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan info lainnya dari Vocasia!

Baca Juga | 5 Cara Menghapus Halaman Kosong Di Word Dengan Mudah!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *