Tanggal:30 April 2024

Tugas dan Tanggung Jawab Social Media Manager

Social media manager adalah seseorang dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang dipercaya untuk monitoring, eksekusi, filtering, dan mengukur kehadiran media sosial pada sebuah produk, brand, korporasi, atau bahkan individu. Istilah social media manager juga sering disebut sebagai “voice of the company” atau suara perusahaan.

Pada posisi ini biasanya mereka berperan untuk membuat dan memantau brand promotion, informasi perusahaan, dan marketing campaign untuk perusahaan mereka pada berbagai platform media sosial. Tak hanya itu, social media manager juga memantau social media analytic, baik yang gratis atau yang berbayar, serta merespon pertanyaan dan komentar dari customer sesuai dengan standar perusahaan.

Orang di posisi ini juga harus sangat selektif dalam menyaring konten dan harus sangat berhati-hati dengan konten yang akan tayang, begitupun terhadap langkah yang hendak mereka ambil. Menurut Prospects, posisi ini terkadang juga masih memiliki kaitan dengan marketing. Hal ini karena mereka kerap menjalankan strategi digital marketing, khususnya social media marketing.

Meskipun pekerjaannya terbilang rumit, tapi gaji untuk posisi ini pun cukup fantastis, lho. Mengutip Indeed, gaji social media manager pertahun disebut sampai lebih dari Rp 600 jutaan. Wow banget ‘kan! Jadi penasaran apa saja tugas-tugas dan tanggung jawab social media manager? Yuk merapat, di bawah ini kami telah merangkumnya untukmu lengkap dengan skill yang dibutuhkannya, simak ya!

Baca juga: Apa Sih Jobdesk Social Media Marketing? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Tugas Social Media Manager

Tugas Social Media Manager. Sumber: pixabay.com

Sesuai dengan namanya, social media manager akan mengurusi bagian marketing media sosial dan periklanan perusahaan. Beberapa tugasnya antara lain sebagai berikut.

  • Melakukan perencanaan, strategi, dan menetapkan tujuan
  • Mengembangkan brand awarenes dan reputasi di dunia online
  • Manajemen konten (termasuk website)
  • SEO (optimasi mesin pencarian) dan meningkatkan jumlah traffic
  • Mengembangkan jumlah lead dan penjualan
  • Manajemen reputasi

Sedangkan tujuan utama seorang social media manager ada dua yaitu.

  • Mengubah fans menjadi pelanggan
  • Mengubah pelanggan menjadi sales dengan testimoni mereka

Baca juga: Inilah 5 Strategi Social Media Marketing yang Harus Anda Kuasai

Tanggung Jawab Social Media Manager

Tanggung Jawab Social Media Manager. Sumber: unsplash.com

Kalau untuk tugas seorang social media manager dapat dikatakan tak begitu berbeda jauh dengan social media specialist. Namun, ada tanggung jawab yang lebih besar untuk dikerjakan. Nah, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengembangkan strategi media sosial dan menetapkan goals untuk meningkatkan brand awareness dan menaikkan jumlah engagement
  • Mengatur semua platform media sosial dari brand atau perusahaan seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube
  • Merencanakan dan membuat content plan serta menyampaikannya kepada tim
  • Mengembangkan dan mengatur kompetisi serta campaign untuk mempromosikan perusahaan atau brand
  • Menulis blog atau artikel yang menarik
  • Menciptakan konten multimedia yang efektif
  • Membangun relasi yang baik dengan influencer baik di media sosial dan juga secara langsung
  • Mengatur serta memfasilitasi komunitas media sosial dengan merespon post dari media sosial dan mengembangkan diskusi
  • Memonitor dan melaporkan performa akun media sosial setiap brand dengan menggunakan tools seperti google analytics ataupun insight
  • Mengatur para staf junior di bidang sosial media
  • Mengedukasi staf lainnya dalam menggunakan sosial media untuk mempromosikan perusahaan
  • Melakukan komunikasi dengan klien lewat telepon, email, conference call atau bertatap muka secara langsung

Baca juga: 10 Langkah Membangun Personal Branding Di Sosial Media

Keterampilan yang Wajib Dimiliki 

Keterampilan yang Wajib Dimiliki. Sumber: unsplash.com

Apabila kamu tertarik menekuni profesi ini, kamu perlu mempunyai beberapa keterampilan umum di bidang ini, seperti sebagai berikut.

1. Media Sosial

Keterampilan pertama yang wajib dimiliki social media manager tentu saja berkaitan dengan penggunaan media sosial. Skill yang dimaksud meliputi cara mengunggah dan menyunting teks, foto, dan video. Pasalnya, ketiganya dibutuhkan dalam memasarkan brand perusahaan ke target pasar. Selain itu, keterampilan lain yang perlu dimiliki terkait media sosial adalah mengikuti percakapan online di akun perusahaan dan menyelesaikan masalah pelanggan.

2. Manajemen Waktu

Berikutnya, keterampilan manajemen waktu pun sangat penting untuk dimiliki seorang social media manager. Mereka mesti bisa mengatur waktu sebaik mungkin untuk memenuhi target yang ditentukan perusahaan. Manajemen waktu dapat berguna untuk menjalankan tugas, kapan harus mengecek media sosial, melakukan riset pasar lewat media sosial, berkomunikasi dengan pelanggan, dan masih banyak lagi.

3. Teknologi

Seorang social media manager diwajibkan pula terampil dalam menggunakan teknologi untuk mendukung tugasnya yang berhubungan dengan media sosial dan pelanggan. Keterampilan teknologi meliputi kemampuan menggunakan komputer, piawai memakai berbagai platform media sosial, dan alat untuk menganalisis data.

4. Komunikasi

Skill yang tak kalah wajib dimiliki yaitu keterampilan komunikasi verbal dan tertulis, karena komunikasi sangatlah penting dalam profesi social media manager. Terlebih, pekerjaan ini lebih fokus pada interaksi dengan pelanggan, pengembang, pihak manajemen perusahaan, bahkan perancang produk. Sebagai komunikator yang baik, social media manager harus mengidentifikasi media sosial seperti tagar yang menarik atau topik sensitif.

5. Penelitian

Terakhir yakni keterampilan dalam meneliti, termasuk mempelajari tren di media sosial dan mengidentifikasi fitur-fitur baru. Ini karena social media manager perlu paham tentang tren di media sosial supaya bisa menyesuaikannya dengan strategi promosi perusahaan. Keterampilan dalam meneliti ini menjadi pendukung lantaran pengelola media sosial perlu hadir sebagai wajah dari perusahaan di media tersebut.

Baca juga: PRIME TIME: Waktu Terbaik untuk Posting di Media Sosial

Nah, demikianlah tugas dan tanggung jawab social media manager beserta keterampilan yang wajib dikuasai. Jika kamu benar-benar tertarik dengan profesi yang satu ini, ada baiknya kamu membekali dirimu dengan pengetahuan serta ilmu-ilmu di bidang tersebut terlebih dahulu. Salah satunya kamu bisa memulai dengan belajar tentang social media marketing di “Intensive Bootcamp – Social Media Marketing”.

Untuk kamu yang tidak memiliki latar belakang di bidang ini, tenang saja! Karena kurikulum yang dibuat dikonsepkan secara khusus, agar dapat dipelajari dan dipahami oleh seluruh peserta tanpa latar belakang digital marketing. Mentor pada program ini pun akan membimbing kamu dari pemula hingga professional. Yuk ikuti intensive bootcamp-nya!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *