Tanggal:18 May 2024

Tugas Seorang Agen Sepakbola

Sepak bola saat ini sudah menjadi sebuah industri yang sangat besar dan melibatkan banyak uang, termasuk besarnya gaji pemain dalam perjanjian kerja, tidak terkecuali di Indonesia.

Akan tetapi, seringkali gaji pemain sepak bola di Indonesia tidak terbayarkan. Hal ini terjadi karena kurangnya perlindungan dan pemahaman hukum pemain sepak bola profesional mengenai hak-haknya dalam kontrak kerja.

Nah, berbicara mengenai sepakbola pada kali ini kita akan membahas seputar apa saja tugas dan tanggung jawab seorang agen sepakbola.

Pengertian Agen Sepakbola

Seorang Agen Sepakbola adalah orang yang bertugas untuk mengatur segala keperluan klub serta mengatur perjanjian kontrak, gaji antara pemain dengan klub.

Salah satu tugas seorang agen pemain sepak bola adalah bertindak sebagai perantara dalam transfer dan negosiasi kontrak. Namun, tugas agen tidak hanya ini saja.

Dilansir dari laman Kompas, Berikut adalah beberapa tugas daripada agen sepakbola :

  • Negosiasi kontrak untuk mencapai hasil terbaik bagi klien.
  • Mengamankan dukungan yang menguntungkan dan kesepakatan sponsor.
  • Mengatur penampilan di televisi, radio, dan media lainnya.
  • Memberikan tawaran kepada wartawan untuk mendapatkan akses wawancara kepada pemain.

Lalu bagaimana cara kerja suatu agen sepakbola?

Aggy Eka Ressy adalah agen sepakbola dari sekian banyak agen lainnya yang ada di Indonesia. Meski tergolong sebagai agen pendatang baru, Aggy telah sukses mendatangkan beberapa pemain asing yang mampu tampil bagus di Liga Indonesia.

Kala itu Aggy Eka Ressy diwawancarai oleh media dan dia menjelaskan cara kerja seorang agen sepakbola. Sebelum mendatangkan pemain seorang agen harus memiliki database yang di-update setiap dua bulan sekali.

“Kalau saya cari itu (pemain) memang memiliki database. Setiap dua bulan sekali di-update statusnya bagaimana, dia bermain di klub mana sekarang, masih bermain atau tidak, penampilannya bagaimana, cedera atau tidak. Contohnya seperti itu,” tutur Aggy.

Selain itu Aggy juga menjelaskan seorang agen juga harus update data mengenai statistik serta video. Memiliki koneksi diluar negeri juga salah satu cara seorang agen mendatangkan pemain.

Lalu Aggy juga menjelaskan bahwasanya seorang agen harus memiliki software yang berbayar tetapi software tersebut tidak bisa sembarangan orang akses dan hanya bisa diakses oleh pelatih, klub, pemain dan juga agen.

Ketika menemukan pemain bagus di database-nya, langkah selanjutnya seorang agen adalah berkomunikasi dengan scout untuk melakukan verifikasi.

Seorang agen dengan klub juga berjalan secara dinamis dalam proses perekrutan pemain.

Seperti itulah tugas seorang agen sepakbola serta cara kerja seorang agen sepakbola.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *