Tanggal:03 May 2024
assistant manager

Assistant Manager : Tugas, Skill, dan Gaji yang Didapat

Assistant manager merupakan salah satu posisi penting bagi sebuah perusahaan. Posisi ini menjadi signifikan ketika manager utama berhalangan hadir dalam suatu rapat atau acara yang digelar. Dalam kata lain, assistant manager adalah seseorang yang membantu tugas-tugas dan tanggung jawab manager dalam segala situasi.

Saat bertugas menjadi pelapis dari posisi utama, tentu tugas yang diembannya cukup berat. Oleh karena itu, orang-orang yang berada pada posisi ini tidak boleh sembarangan. Mereka harus menguasai minimal dasar ilmu dari keahlian-keahlian tertentu.

Baca Juga : Tugas Marketing Manager

Lalu, apa saja tugasnya? Seperti apa implementasinya? Berikut akan dibahas secara lengkap mengenai tugas dan tanggung jawab assistant manager beserta keahlian yang harus dikuasai. Simak hingga akhir, ya!

Mengenal Assistant Manager

Posisi ini biasanya sering ditemukan pada perusahaan yang bergerak di bidang bisnis, pabrik, hotel, dan restoran. Assistant Manager adalah seseorang yang melakukan backup pada segala tugas dan tanggung jawab manager. Jadi, ia harus menguasai seluruh pekerjaan manager juga bentuk kepemimpinan yang dimilikinya. Kepemimpinan yang dimaksud adalah bagaimana ia bertanggung jawab dan mengelola para staf di bawahnya. 

Baca Juga : Pekerjaan Wanita Dengan Gaji Tinggi

Tugas Assistant Manager

tugas assistant manager

Ilustrasi Tugas Assistant Manager (Source: pixabay)

Berdasarkan pemaparan mengenai definisinya, tentu kamu sudah bisa sedikit menebak apa saja tugasnya. Berikut adalah tugas-tugas assistant manager secara lengkap.

1. Menyusun rencana bersama manager

Seperti yang kita ketahui, setiap assistant atau pembantu harus bersinergi bersama posisi yang dibantu. Dalam misi menjalankan tugas dan mencapai tujuan perusahaan, kedua posisi ini harus menyusun rencana secara bersamaan. Dengan adanya rencana, diharapkan kinerja keduanya menjadi optimal. Hasil yang didapatkan juga sesuai ekspektasi perusahaan.

2. Mendukung kinerja manager

Sebagai assistant, tentu ia harus mendukung penuh segala kinerja dari manager. Dukungan yang dilakukan berupa kontribusi penuh atas segala tugas yang diemban manager. Bahkan, ia juga diperbolehkan untuk memberikan sumbangsih berupa ide yang bertujuan memajukan kesejahteraan perusahaan. Berikut adalah beberapa tugas yang diemban oleh assistant manager:

  1. Merekrut pegawai baru
  2. Melakukan monitor terkait kinerja para pegawai
  3. Mengevaluasi kinerja pegawai
  4. Membuat rencana operasional bersama manager
  5. Memantau anggaran tiap depatemen
  6. Menjadi perantara antara staf dan atasan
  7. Membangun lingkungan kerja yang nyaman

3. Memastikan kegiatan operasional berjalan baik

Tugas lain yang diemban oleh posisi ini adalah memastikan kegiatan operasional dengan baik. Kegiatan operasional yang dimaksud seperti kinerja karyawan, pelaporan anggaran dan administrasi tiap departemen, komunikasi antar karyawan, juga sistem keuangan perusahaan. Tentu saja tugas-tugas tersebut berdasarkan arahan yang diberikan langsung oleh manager.

4. Membangun komunikasi baik antara pemimpin dan pekerja

Memastikan terjalinnya komunikasi yang baik antara staf dan atasan merupakan salah satu tugas assistant manager. Pasalnya, ia adalah perantara yang menjadi penghubung antara dua posisi ini. 

Sama seperti supervisor, ia harus bisa menerjemahkan arahan pimpinan menggunakan bahasa yang lebih sederhana dan mudah untuk dimengerti. Namun, citra keduanya tetap saja berbeda. Seorang assitant manager harus ramah dan mudah begaul. Hal tersebut dilakukan agar para staf tidak ragu untuk mengungkapkan segala keluh dan kesah yang dialaminya. Hasilnya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi perusahaan untuk periode ke depan.

5. Backup tugas manager

Tentu tugas utama dari assistant adalah menggantikan posisi utama ketika berhalangan hadir. Namun, penggantian tugas yang dilakukan harus melalui arahan dari manager. Ia diperkenankan menghadiri segala undangan, baik rapat maupun acara tertentu yang harus dihadiri oleh manager. Tak perlu khawatir karena pelayanan dan segala fasilitas yang akan didapatkan tidak jauh berbeda. 

Baca Juga : Pekerjaan Untuk Startup

Keahlian yang Wajib Dimiliki Assistant Manager

keahlian assistant manager

Ilustrasi Keahlian Assistant Manager (Source: pixabay)

Dalam mengemban tugas-tugas yang terbilang cukup berat, kamu diharuskan untuk mengetahui keahlian-keahlian yang dibutuhkan dalam posisi ini. Tidak hanya sekadar tahu, tetapi kamu juga wajib menguasainya. Berikut adalah beberapa keahlian yang harus dimiliki assistant manager.

1. Kepemimpinan atau leadership

Salah satu tugasnya adalah menggantikan manager untuk memimpin beberapa staf yang ada di bawahnya. Dalam mengemban tugas tersebut, tentu kamu harus memiliki skill leadership. Dengan menguasai keahlian ini, diharapkan implementasi dari tugas tersebut berjalan baik sesuai ekspektasi.

2. Pemecahan masalah

Berlandaskan alasan atas tugas-tugas yang diemban, salah satu keahlian yang harus dimiliki adalah problem solving. Hal ini sangat berguna ketika terdapat suatu permasalahan yang harus diatasi saat itu juga. Kamu sebagai pengganti manager harus bisa mengambil keputusan dengan bijak dan tepat sasaran.

3. Penguasaan beberapa software

Penguasaan software adalah keahlian yang juga harus dimiliki oleh seorang assistant manager. Pasalnya, saat melakukan analisis dan menulis laporan, ia membutuhkan beberapa software seperti Microsoft Office Word dan Excel.  

4. Time Management

Posisi ini juga mengharuskan para pelakunya untuk bisa membagi waktu dengan baik. Seluruh tugas harus maksimal dan tidak boleh ada yang terlewat. Tentu penyelesaiannya juga harus dilakukan tepat waktu.

5. Komunikasi

Komunikasi adalah kunci terjalinnya suatu hubungan yang baik. Sebagai perantara antara staf dan pimpinan, pelaku posisi ini harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Tujuannya, agar segala pesan tersampaikan dengan baik. Selain itu, ia juga harus menerjemahkan arahan pimpinan dalam bentuk yang lebih sederhana.

Itulah beberapa tugas dan keahlian yang harus dimiliki assistant manager. Perlu kamu ketahui, gaji tiap bulan yang akan didapatkan oleh posisi tersebut berkisar 5,5 juta hingga 12 juta rupiah. Nominal tersebut belum termasuk tunjangan-tunjangan yang akan kamu dapatkan ketika menghadiri acara-acara tertentu. Tertarik bekerja dalam posisi tersebut? Ikuti beberapa kursus di Vocasia agar keahlian yang kamu miliki semakin matang. Daftarkan dirimu segera, sekarang juga!

Baca Juga : Pekerjaan Yang Dibutuhkan 2022

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *