Tanggal:17 May 2024

Yuk Cari Tahu Tugas-Tugas Rektor Apa Saja!

Bagi kamu para mahasiswa-mahasiswa yang sekarang lagi menjalani kuliahnya, pernah penasaran gak sih apa tugas-tugas seorang rektor? Kamu pastinya memiliki rektor yang mungkin kamu belum pernah temui secara langsung, bahkan ada yang tidak tahu lho nama rektornya siapa! Kamu sebagai mahasiswa jangan sampai lupa sama nama rektornya ya, fatal banget!

Jadi sebenernya rektor tuh punya tugas-tugas apa aja sih? Tentunya selain memimpin lembaga perguruan tinggi yang sedang kamu jalani, rektor masih memiliki banyak tugas yang harus dilakukan selama masa jabatannya lho! Kira-kira ada apa aja ya tugas-tugas lainnya? Yuk kita cari tahu bareng-bareng!

1. Memimpin Lembaga Perguruan Tinggi Layaknya Pemimpin 

Hal pertama yang dilakukan oleh seorang rektor pastinya memimpin lembaga perguruan tinggi layaknya seorang pemimpin. Walaupun rektor jarang terlihat, tetapi tugas yang harus dilakukan itu sangat banyak dan berat lho! Sebagai seorang rektor, ia harus memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus, dan juga menjaga tanggung jawabnya selama bekerja.

2. Membina Aktivitas Akademik Dosen & Mahasiswa 

Pastinya, rektor harus selalu mengevaluasi dan menjaga aktivitas akademik yang produktif bagi para dosen dan mahasiswa di kampus. Selain itu, ia juga harus membina dengan baik, agar dosen dan mahasiswa dapat menjalin hubungan yang baik, serta hubungan antara rektor-dosen dan rektor-mahasiswa. 

3. Membina Hubungan Dengan Alumni 

Selain membina hubungan dengan dosen dan mahasiswa, jangan lupa juga deretan para alumni yang sudah tidak berada di kampus. Walaupun mereka sudah lulus, menjalin hubungan dengan para alumni juga penting lho! Jangan sampai seorang rektor langsung melupakan para alumni setelah lulus ya, tetapi harus tetap membina hubungannya dengan baik.

4. Meningkatkan Kualitas Lembaga Yang Dipimpin 

Seorang rektor juga harus bisa meningkatkan kualitas dari lembaga perguruan tinggi yang dipimpin. Jangan sampai setelah sudah selesai masa jabatan, kamu tidak ada memori atau pelajaran yang dapat diwariskan kepada lembaga kampus. Seorang rektor harus memberikan contoh dan pelajaran yang dapat diingat oleh deretan para dosen dan mahasiswanya. Jika mereka mengingat rektor tersebut setelah turun dari jabatan, maka rektor tersebut sudah melakukannya dengan benar.

5. Mengarahkan & Bekerja Bersama Wakil Rektor 

Rektor tidak bekerja sendiri lho, pastinya akan dibantu oleh wakil rektor. Tugas dari rektor untuk wakil rektor sendiri cukup sederhana. Karena tugasnya pasti akan membantu rektor dalam membina lembaga perguruan tinggi ke level yang lebih baik. Serta, rektor harus bisa mengarahkan dan bekerja bersama wakil rektor sebagai layaknya presiden dan wakil presiden.

6. Bekerja Selama Masa Jabatan Berlangsung 

Tugas terakhir pastinya bekerja selama masa jabatan berlangsung ya, kamu sendiri tahu gak sih masa jabatan seorang rektor? Ternyata masa jabatan rektor itu sama dengan masa jabatan presiden, yaitu lima tahun. Selama lima tahun berlangsung, rektor harus memenuhi tugas-tugasnya seperti layaknya seorang presiden.

Bagi kamu yang belum tahu tugas-tugas yang dimiliki rektor, sekarang sudah tahu kan apa saja! Jangan lupa untuk diingat ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *