Tanggal:02 May 2024
Apa itu SERP? (seochatter.com)

Mengenal Apa Itu SERP

Pengertian Search Engine Result Page (SERP)

SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Pages. SERP mesin pencari mencantumkan hasil pencarian dari permintaan pencarian. Hasil pada halaman hasil pencarian disusun dalam urutan relevansi yang menurun. Peringkat dihitung oleh mesin pencari menggunakan berbagai faktor yang berbeda, yang berubah ketika algoritma mesin pencari berubah. Penyedia mesin pencari menjaga algoritme mereka yang menentukan peringkat di SERP secara rahasia untuk mencegah spam.
Baca Juga | Telemarketing: Pengertian, Jenis-Jenisnya,Jobdesc

SERPs menunjukkan hasil pencarian untuk kombinasi kata kunci atau frase dalam bentuk snippet. Ini terdiri dari judul, deskripsi kecil dan tautan atau tergantung pada panjangnya, bagian dari target tautan. Dengan cuplikan kaya, hasilnya dilengkapi dengan informasi tambahan yang dibaca dan diproses oleh mesin pencari dari halaman arahan sebagai data terstruktur.

Baca Juga | Marketing Funnel: Pengertian,Tahapan,Strategi dan Contoh

Jumlah hasil per SERP bervariasi. Sebagai aturan, Google menampilkan 10 cuplikan di SERP. Namun, itu tergantung pada permintaan pencarian apakah SERP diperkaya dengan hasil dari pencarian gambar atau dari Google News. Selain itu, SERP dapat ditingkatkan dengan Grafik Pengetahuan atau Kotak Jawaban Google. Jika pengguna menggunakan penelusuran seluler, tautan ke aplikasi juga dapat muncul.

Baca Juga | Lakukan 5 Strategi Branding Produk yang Menarik Ini, Dijamin Laku

Iklan teks atau gambar berbayar juga terdaftar di SERP serta hasil organik. Untuk iklan berbayar, pengiklan membayar penyedia sejumlah tertentu per klik. Di SERP, Google menampilkan hingga empat iklan teks berbayar serta iklan belanja di atas klik pencarian organik. Iklan dapat dibuat oleh pengiklan melalui platform Google Ads.

Fungsi search engine result page

SERP adalah halaman yang dilihat pengguna ketika mereka melakukan pencarian di mesin pencari. Halaman-halaman ini memberi peringkat hasil yang relevan sesuai dengan pemahaman algoritme mesin pencari tentang relevansi dan kegunaannya.

Baca Juga | Tips-Tips Untuk Akun LinkedIn Kamu Jadi Menarik!

Fitur apa saja di SERP?

Di SERP, ada fitur menarik yang membuat hasil tertentu muncul. Seiring berkembangnya Google dan mesin telusur lainnya, mereka telah menambahkan kotak, visual, dan panel interaktif yang bermanfaat.

Baca Juga | Apa itu Aset: Pengertian, Jenis, Sifat, dan Penggunaan

SERP hari ini lebih bervariasi secara visual daripada tahun-tahun sebelumnya. Selain hasil pencarian umum yang hanya menampilkan nama situs dan metadata, pencarian juga dapat menampilkan gambar, saran belanja, Tweet, atau kartu informasi. Setiap fitur umumnya cocok dengan salah satu kategori berikut:

  • Fitur knowledge graph : Ini muncul di panel atau kotak di SERP, seringkali di sisi kanan.
  • Rich snippets : Ini menambahkan visual ekstra ke hasil, seperti bintang di ulasan produk atau foto di hasil berita.
  • Paid result: Anda dapat membelinya dengan menawar kata kunci yang relevan. Hasil berbayar akan menyertakan label di bagian atas untuk menentukan bahwa hasilnya adalah iklan.
  • Universal result: Ini adalah hasil khusus yang muncul di samping hasil organik

Baca Juga | Kenali Apa itu Agency dan jenis-jenisnya!

Mengapa SERP penting untuk SEO?

SERP adalah properti yang Anda butuhkan untuk mendominasi untuk menghasilkan pendapatan dan mendapatkan visibilitas.

SERP adalah arena di mana strategi SEO Anda bertarung melawan situs web lain. Di sinilah Anda melakukan kontak awal dengan pengguna dan menarik calon pelanggan ke halaman Anda. Di sinilah Anda perlu mengasah keahlian Anda dalam pengoptimalan mesin telusur.

Baca Juga | Yuk Ketahui Apa Sih Perbedaan Antara SEO dan SEM

Apa arti SERP dalam SEO adalah daftar pencarian organik. Itu tidak termasuk iklan berbayar. Optimisasi mesin pencari berarti peningkatan posisi SERP untuk kueri pencarian organik yang menghasilkan lalu lintas gratis ke situs web. SERP penting untuk SEO karena semakin tinggi peringkat situs web perusahaan, semakin banyak pencari akan mengklik situs tersebut. SERPs menentukan bagaimana situs Anda muncul di halaman pertama Google. Daftar SERP yang baik penting bagi SEO untuk menunjukkan kepada pengguna bahwa situs Anda memiliki nilai untuk ditawarkan.

Baca Juga | Pengertian Google Analytics dan Cara Penggunaannya

Bagaimana mesin pencarian menghasilkan SERP?

Untuk setiap frase kata kunci, halaman situs web yang sesuai yang berisi kata kunci diberi peringkat dari yang paling sesuai hingga yang paling tidak menggunakan faktor peringkat unik mesin pencari. Google, misalnya, menampilkan lebih dari 200 faktor peringkat untuk algoritmenya.

Baca Juga | Definisi Digital Agency Beserta Jobsdesc dan Perannya

SERP pertama biasanya mendapatkan semua perhatian dan klik dari pengguna, tetapi mesin pencari dapat memiliki beberapa halaman yang penuh dengan hasil. Baik Anda menyukai Google, Bing, atau mesin pencari Ecosia yang ramah pohon, label “SERP” berlaku, dan Anda ingin situs web perusahaan Anda berada di posisi teratas untuk kata kunci populer guna menarik prospek dan pelanggan.

Nah, untuk meningkatkan SEO website, Anda perlu mempelajari berbagai hal penting untuk optimasi tersebut.

Baca Juga | Apa yang Membedakan Antara On Page dan Off Page SEO?

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *