Tanggal:25 April 2024

Apa itu Administrasi Keuangan? Pengertian, Fungsi dan Tugasnya!

Administrasi keuangan adalah salah satu unsur terpenting dalam suatu bisnis, karena ia berhubungan erat dengan sumber daya dari suatu perusahaan atau organisasi. Tapi, beberapa diantara kita juga masih banyak yang belum memahami arti dari administrasi keuangan yang sebenarnya. Karena, kebanyakan dari kita menganggap bahwa administrasi keuangan adalah staff yang berkaitan dengan kegiatan pembayaran. Untuk itu, pada artikel ini Vocasia akan membahas secara detail tentang apa itu administrasi keuangan beserta hal lain yang erat kaitannya.

Baca juga | 5 Posisi Dalam Perusahaan Dengan Gaji Paling Tinggi Di Indonesia, Apa Saja Ya?

Apa Itu Administrasi Keuangan

Administrasi adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka menyelenggarakan suatu kebijakan dengan maksud mencapai tujuan tertentu. Dengan begitu, administrasi keuangan merupakan serangkaian kegiatan yang diselenggarakan dengan maksud mencapai tujuan urusan keuangan.

Dalam artian sempit, administrasi keuangan selalu dihubungkan dengan urusan pendataan, catat mencatat, dan pengaturan alur dana. Secara lebih luas, administrasi dipahami sebagai bagian perusahaan yang melakukan pengelolaan dana secara menyeluruh baik dalam bentuk perencanaan, pengawasan, dan lainnya.

Di dalam sebuah perusahaan, administrasi keuangan memiliki peran sebagai pengelola urusan keuangan seperti perencanaan regulasi, pengawasan dana, akuntabilitas, dan lainnya. Peran administrasi keuangan sangatlah penting karena memiliki kuasa pencatatan dan pendataan pada arus uang yang ada dalam sebuah perusahaan.

Baca Juga | Ingin Bekerja Di Startup? Kenali, 8 Pekerjaan Yang Paling Dicari

Tujuan Administrasi Keuangan

Tujuan utama dari administrasi keuangan utamanya bertanggung jawab untuk mengatur sistem keuangan yang ada dalam perusahaan atau bentuk bisnis tertentu. Tujuan pengaturan sistem keuangan tersebut tentu demi pencapaian-pencapaian positif perusahaan. Secara lebih rinci, beberapa tujuan administrasi keuangan adalah sebagai berikut.

  • Mempermudah proses pengeluaran dan pemasukan uang pada suatu perusahaan.
  • Mempermudah kegiatan transaksi keuangan, karena setiap transaksi yang dilakukan bisa ditunjukkan dengan bukti yang bisa dipertanggung jawabkan.
  • Mempermudah manajernya dalam mengetahui kondisi keuangan perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Baca Juga | Tugas Dan Peran Administrasi Marketing

Fungsi Administrasi Keuangan

Tugas administrasi keuangan tidak melulu pada persoalan catat mencatat. Beberapa fungsi administrasi keuangan dalam sebuah perusahaan adalah sebagai berikut:

1. Fundraising Function

Selain mencatat arus keuangan, fungsi administrasi juga dapat mencarikan pihak sumber dana bagi perusahaan. Seseorang yang menempati posisi administrasi keuangan dimungkinkan untuk memiliki tugas mendatangkan investor yang akan mendanai perusahaan.

Baca Juga | Pengertian, Jenis, Dan Asas Manajemen Kearsipan

2. Profit Sharing Function

Berbagai urusan catatan keuangan, termasuk menyusun rules pembagian untung juga dilakukan oleh administrasi keuangan. Keputusan seberapa besar bagian keuntungan yang akan  diperoleh perusahaan juga ditentukan oleh administrasi keuangan melalui fungsi ini.

3. Shopping Function

Tidak hanya mencatat, tetapi administrasi keuangan juga memiliki hak sekaligus kewajiban untuk melakukan pembelanjaan sesuai kebutuhan perusahaan. Dalam hal ini, staff administrasi keuangan bisa membelanjakan dana perusahaan dengan sebijak-bijaknya.

4. Investment Function

Administrasi keuangan adalah pihak internal perusahaan yang memiliki fungsi sebagai penyimpan dana. Penyimpanan keuangan yang dimaksud adalah dengan menginvestasikan dana, baik melakukannya pada long term investment ataupun short term investment.

Long term investment merupakan aset terbaik yang dimiliki perusahaan dan dapat digunakan di masa yang akan datang, seperti peralatan produksi, tanah, dan bangunan. Sementara itu, short term investment adalah aset perusahaan yang bernilai rendah, seperti kas, utang piutang, dan lainnya.

Baca Juga: Pengertian, Tujuan, Manfaat Investasi

Tugas Administrasi Keuangan

Seorang staff adminstrasi keuangan memiliki peran atau tugas khusus dalam suatu perusahaan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menciptakan Rencana Keuangan

Pada prinsipnya, rencana keuangan ini mencakup banyak aspek, termasuk pendapatan, pembayaran, dan pinjaman yang dibuat secara terstruktur dan sistematis. Pembuatan draf ini biasanya dilakukan atas dasar hasil laporan ataupun arsip dari beberapa periode sebelumnya.

2. Membuat Laporan Keuangan

Tanggung jawab lainnya dari seorang staff administrasi adalah menyusun laporan keuangan tahunan. Persiapan dan pelaksanaannya bisa dilakukan secara bertahap, mulai dari harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. Seluruhnya bisa dilakukan berdasarkan nilai aktivitas atau aliran arus kas yang masuk, keluar, utang, dll.

Baca Juga | Pentingnya Memahami Manfaat Laporan Keuangan

3. Mengelola Uang Tunai

Mengelola uang tunai atau modal ini pada umumnya menjadi tanggung jawab seorang manajemen keuangan. Dalam hal ini,tugas yang harus dilakukan adalah melaporkan penarikan dana atau setoran, membuka rekening, menentukan banyaknya jumlah setoran dana, serta mencatat seluruh transaksi yang berkaitan dengan uang tunai perusahaan.

4. Mengelola Kredit atau Pinjaman

Staff administrasi keuangan juga harus mengelola dana pinjaman atau kredit yang menjadi beban suatu perusahaan. Biasanya, hal ini berkaitan dengan pemberian tagihan dan melakukan pembayaran atau utang-piutang suatu perusahaan.

Baca Juga | 6 Hal Penting Dalam Mengelola Keuangan UMKM Dengan Sederhana

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *