Tanggal:22 July 2024
Usaha salon

9 Cara Memulai Bisnis Salon Kecantikan bagi Pemula

Bagaimana cara memulai usaha salon kecantikan? Berbicara tentang kecantikan, pasti tidak jauh dengan yang namanya wanita. Setiap wanita pasti menginginkan untuk selalu berpenampilan cantik. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya adalah berkunjung ke salon.

Baca Juga : Cara Memulai Usaha Kosmetik

Salon Kecantikan (freepik)

Dunia kecantikan memang terus berkembang dan tidak ada habisnya. Hal ini dapat dijadikan peluang untuk berbisnis di bidang kecantikan. Salah satunya dengan membuka usaha salon kecantikan. Bagi kamu yang suka dengan bisnis, tidak ada salahnya menjajal bisnis yang satu ini. 

Atau bagi kamu pecinta salon, mungkin sering terpikirkan ingin memiliki usaha salon sendiri. Hal itu bisa terwujud dan tentunya bukan angan belaka, lho. Jika memang benar ingin membuka usaha salon, kamu berada pada artikel yang tepat.

Baca Juga : Membangun Mental Bisnis

Dalam artikel ini akan dibahas cara memulai usaha salon secara lengkap. Yuk, baca sampai akhir!

Cara Memulai Bisnis Salon Kecantikan bagi Pemula

Cara Memulai Usaha Salon Kecantikan (pexels)

1. Buat perencanaan bisnis

Memulai sebuah bisnis pastinya tidak boleh asal-asalan. Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membuat perencanaan bisnis. Kamu harus tahu bisnismu akan berjalan kemana dan bagaimana prosesnya. Perencanaan bisnis sifatnya wajib dan sangat krusial. Tidak hanya pada bisnis salon saja, tetapi semua bisnis membutuhkan perencanaan yang matang.

Baca Juga : Validasi Ide Dalam Bisnis

Untuk memulai usaha salon kecantikan sendiri, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yakni:

  • Modal
  • Konsep salon
  • Target pasar
  • Lokasi atau tempat usaha
  • Peralatan yang dibutuhkan
  • Pemasok bahan
  • Pegawai atau karyawan
  • Promosi

Baca Juga : Kenali Business Model Canvas

2. Tentukan layanan

Setelah membuat perencanaan bisnis, selanjutnya kamu harus menentukan layanan yang akan diusung oleh salon milikmu. Lingkup bisnis kecantikan sangat luas. Mungkin kamu akan sedikit kesulitan jika menyediakan semua layanan kecantikan tersebut. Untuk itu, kamu perlu menentukan layanan yang paling diutamakan. Layanan ini dapat berupa smoothing, creambath, cuci rambut, dan lain-lain.

Perlu diingat, yang terpenting adalah seberapa memuaskan pelayanan yang kamu berikan daripada banyaknya layanan yang ada. Namun, jika kamu ingin dan sanggup untuk memberikan banyak layanan sekaligus, just go ahead. Jangan lupa untuk mencari karyawan yang memiliki keahlian sesuai dengan layanan yang tersedia di salon kecantikanmu.

Baca Juga : Cara Menentukan Peluang Bisnis

3. Tentukan target konsumen

Pastikan kamu sudah tahu konsumenmu siapa, ya. Jangan sampai membuka usaha, tetapi belum mengetahui kepada siapa kamu akan menjual usahamu. Jika hal tersebut terjadi, sangat besar kemungkinannya usahamu akan gagal. Tentunya karena persiapanmu yang kurang dalam aspek ini.

Baca juga | Target Market: Pengertian, Cara Menentukan dan Contoh

4. Pilih lokasi

Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memilih lokasi. Lokasi usaha memiliki peran yang sangat penting bagi kemajuan usahamu. Pemilihan lokasi juga akan berpengaruh pada banyak atau tidaknya konsumen, lho. Kamu harus hati-hati dan jeli dalam memilih lokasi. Pastikan lokasi yang kamu pilih tepat dan cocok untuk usaha salon kecantikan. Kriteria lokasi yang cocok untuk usaha salon kecantikan adalah sebagai berikut:

  • Berada di pusat keramaian
  • Letaknya di sekitar lingkungan target konsumen
  • Tidak terlalu banyak pesaing
  • Mudah diakses

Namun, jika kamu belum memiliki modal yang cukup banyak untuk menyewa tempat, tak ada salahnya membuka salon di rumah sendiri. 

5. Memiliki modal

Modal adalah aspek utama dalam membangun bisnis. Tanpa modal, bisnis tak akan bisa berjalan. Kamu perlu menghitung segala modal yang diperlukan untuk membangun bisnis salon kecantikan. Hitung segala kebutuhan dari yang terkecil hingga terbesar. Pastikan kamu telah menghitungnya secara rinci. Kamu boleh mengajukan kredit usaha jika ternyata modal usahamu belum mencukupi. Namun, kamu perlu berhati-hati akan risikonya. Sebab, jika mengajukan kredit usaha, kamu harus membayar angsuran setiap bulannya.

Dan apabila ternyata usahamu tidak berhasil, maka bisa-bisa kamu akan terlilit utang. Untuk itu, kamu harus memikirkannya secara matang. Setiap keputusan memiliki risikonya masing-masing. Semuanya kembali lagi kepada keputusan kamu selaku yang menjalankan bisnis.

Baca Juga : Ide Usaha Yang Cepat Balik Modal

6. Promosi

Promosi adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis. Dengan adanya promosi, konsumen akan tertarik untuk datang dan mencoba layanan dari salon kecantikan milikmu. Kamu bisa memberikan promo berupa diskon atau potongan harga di awal pembukaan salon. Pastikan kamu memberikan layanan terbaik sejak awal konsumenmu datang, ya. Hal itu juga dapat memberikan citra positif untuk bisnis kamu.

Baca Juga : Pemasaran Digital Untuk Bisnis

Selain itu, untuk menggaet lebih banyak konsumen, kamu bisa melakukan promosi melalui media sosial seperti Instagram, TikTok, dan lain-lain. Kamu bisa membuat konten medsos yang seru dan tentunya berkaitan dengan bisnis salon kecantikan, ya. 

Baca juga | 10+ Ide Konten Tiktok untuk Mendapatkan Banyak Views

7. Melek terhadap tren

Tren terus berubah seiring berjalannya waktu, terutama dalam dunia kecantikan. Kamu harus melek dan peka terhadap tren agar salon milikmu tidak ketinggalan zaman. Contohnya saja, saat ini sedang tren gaya rambut wanita layer cut dan juga nail art. Namun, sesuaikan juga dengan layanan yang tersedia di salon kecantikan milikmu. 

Baca Juga : Tips Membangun Startup

8. Berinovasi

Inovasi juga bisa kamu lakukan saat bisnismu sudah mulai berjalan dengan baik. Kamu bisa berinovasi dengan memberikan layanan-layanan terbaru yang dibutuhkan oleh konsumen. Misalnya, dulu salon kecantikan milikmu hanya melayani creambath, potong rambut, dan smoothing saja. Selanjutnya kamu bisa menambahkan layanan manicure pedicure dan juga nail art.

Baca Juga : Content Marketing

9. Konsisten

Kamu sebagai pengusaha dituntut untuk konsisten dalam menggeluti usaha yang dijalankan. Ujian bagi setiap pengusaha adalah mampu atau tidaknya mereka untuk konsisten. Dalam berbisnis pasti ada naik dan turunnya. Kamu harus mampu melewati itu semua dengan gigih. Itulah mengapa sebelum memutuskan untuk membangun bisnis, kamu harus memikirkannya secara matang.

Baca juga | Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol

Nah, itulah pembahasan terkait cara memulai usaha salon kecantikan untuk pemula. Kamu bisa mengikuti cara yang sudah dijelaskan di atas. Perlu diingat, membangun sebuah bisnis itu tidak mudah. Kamu harus mempertimbangkan dan menyiapkan banyak aspek secara matang. Namun, seorang pengusaha harus berani akan risiko. Ketika kamu ingin dan yakin terhadap keputusan untuk berbisnis, maka lakukanlah dengan sebaik mungkin.

Kamu juga bisa mengikuti kursus “Kiat Menjadi Pengusaha Sukses” di Vocasia untuk menunjang persiapanmu menjadi seorang pengusaha. Kursus di Vocasia bersertifikat dan didampingi oleh instruktur profesional. Selain itu, kursus ini bisa diakses selamanya. Segera daftarkan diri kamu sekarang juga!

Baca Juga : Bisnis Modal Kecil Tapi Menguntungkan

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *