Tanggal:21 May 2024

7 Ide Usaha yang Cepat Balik Modal, Sangat Menjanjikan!

Setiap pengusaha pasti menginginkan balik modal cepat di bisnis pertamanya. Balik modal menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, banyak pengusaha yang modal awalnya merupakan dana pinjaman dari kreditur, baik bank maupun perorangan. Oleh karena itu, mau tidak mau mereka harus mengembalikannya dalam kurun waktu sesuai yang tertuang dalam perjanjian awal.

Cepat dan lambatnya balik modal bergantung pada profit yang didapatkan setiap harinya. Usaha yang berhasil menjual banyak produk secara konsisten akan mendapat untung yang berlimpah. Keuntungan tersebut dapat digunakan untuk perputaran bisnis dan pengembalian uang modal. 

Sebaiknya, kamu tidak hanya fokus kepada pengembalian modal, tetapi juga pada umur usaha. Jangan memulai usaha dengan menjual produk musiman. Bisnis seperti itu memang dapat dengan cepat mengembalikan modal awal, tetapi cepat redup dimakan zaman. Guna menghindari hal itu, kamu bisa melakukan analisis dan riset secara mendalam pada bisnismu.

Lalu, apa saja usaha yang cepat balik modal? Jawabannya adalah bisnis yang membutuhkan modal awal dengan jumlah minim. Artikel ini akan membahas usaha-usaha yang membutuhkan modal awal minim dan cepat balik modal. Simak hingga akhir, ya!

Baca juga : 

Usaha-usaha Modal Minim yang Cepat Balik Modal

usaha cepat balik modal

Ilustrasi Rekomendasi Usaha Cepat Balik modal (Source: pixabay)

Usaha yang baik adalah usaha yang memiliki cashflow teratur. Dengan minimnya modal dan kecilnya usaha, perputaran keuangan semakin mudah diawasi dan diatur. Keuangan yang teratur dan terjaga dapat mengembalikan modal awal dengan cepat. Berikut adalah beberapa bisnis dengan modal minim yang dapat kamu coba.

1. Usaha Franchise Makanan atau Minuman

Franchise adalah salah satu usaha dengan modal minim dan keuntungan besar. Modal awal yang dibutuhkan untuk memulainya hanya berkisar 2 juta rupiah. Angka tersebut sangat cocok bagi para pebisnis, utamanya pemula untuk memulai usaha pertamanya. 

Banyak jenis paket yang ditawarkan dalam usaha ini. Ada yang hanya memberi gerobak dan namanya saja. Ada juga yang sudah termasuk bahan dan pelatihan pembuatan. Cari dan pilihlah franchise yang lengkap, potensial, dan menjanjikan, namun dengan modal yang tidak begitu besar.

Baca Juga :

2. Angkringan

Angkringan merupakan usaha booming yang kebanyakan pemiliknya adalah anak-anak muda. Di era modern yang serba digital ini, angkringan terbukti masih mampu bersaing dengan coffee shop dan restoran modern lainnya. 

Usaha yang berasal dari Jawa Tengah ini, sukses memikat hati para pecintanya dengan bakaran dan nasi kucing andalannya. Dengan menu makanan minimalis, usaha ini membutuhkan modal awal sekita 3 juta rupiah.

Baca Juga : 

3. Menjual Gorengan

Meski terlihat sepele, menjual gorengan adalah usaha dengan modal minim dan cepat balik modal. Bagaimana tidak, keuntungan yang dapat diraup para penjual gorengan hampir 150 ribu rupiah tiap harinya. 

Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini sekitar 3.5 juta sudah termasuk gerobak. Berdasarkan hal tersebut, para pengusaha gorengan dapat balik modal dalam waktu kurang dari satu bulan.

Baca Juga :

4. Jasa Laundry Sepatu

Dewasa ini, para muda-mudi sedang menggandrungi sepatu dengan brand ternama dan harga melangit. Mahalnya harga dan kecintaannya terhadap sepatu, membuat mereka totalitas dalam segi perawatan. Sehingga, banyak dari mereka yang mempercayakan kebersihan sepatu mahalnya kepada jasa laundry.

Laundry sepatu membutuhkan modal awal sebesar 2 juta rupiah. Sementara itu, biaya satu kali cuci mencapai angka 25 ribu rupiah. Berdasarkan angka tersebut, pebisnis dapat balik modal dalam waktu sekitar 3-4 bulan jika konsisten terhadap usahanya.

Baca Juga :

5. Cuci Steam Motor

Cuci steam motor adalah salah satu usaha dengan modal kecil dan keuntungan yang menjanjikan. Hal tersebut didasarkan atas rasa malas yang dimiliki masyarakat saat mencuci motor pribadinya.

Bisnis ini pasti memiliki banyak peminat, utamanya saat musim hujan tiba. Daripada harus berbasah-basahan, mereka lebih memilih membawanya ke tukang cuci steam.

Modal awal yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha ini tidak terlalu besar. Pengusaha cuci steam hanya perlu mengeluarkan modal sekitar 2-3 juta rupiah. 

Baca Juga :

6. Warung Kopi

Warung kopi sederhana menjamur dan tidak pernah habis dimakan zaman. Padahal, bahan dan peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana. Bahkan, modal untuk mendirikannya hanya berkisar 3 juta rupiah.

Meskipun terlihat sederhana, bisnis ini memiliki keuntungan yang berlimpah. Tak hanya itu, ia bukan termasuk usaha musiman yang memiliki umur usaha singkat.

Baca Juga :

7. Preloved

Rekomendasi usaha modal minim yang terakhir adalah usaha preloved. Seperti yang kita tahu, preloved adalah bisnis yang menjual barang-barang bekas milik kita. Tentunya, barang tersebut masih dalam keadaan 80-95% dan masih layak pakai. 

Modal yang digunakan untuk mendirikan usaha ini sangatlah minim. Bahkan, kamu tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun. Kamu juga tidak memerlukan toko karena dapat menjualnya secara online melalui media sosial.

Baca juga :

Tips Memulai Usaha yang Cepat Balik Modal

usaha cepat balik modal

Ilustrasi Tips Memulai Usaha Cepat Balik Modal (Source: pixabay)

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar mendapatkan usaha yang tepat.

  • Sesuaikan modal dan minat
  • Siapkan strategi marketing terbaik
  • Utamakan repeat order dengan struktur harga yang benar
  • Jauhi persaingan harga
  • Lakukan inovasi terus-menerus

Itulah beberapa rekomendasi usaha dengan modal minim dan cepat balik modal. Kamu dapat memulainya dengan tips yang Vocasia berikan, ya. Pilihlah usaha yang sesuai dengan kondisi keuanganmu. Jangan lupa untuk menyiapkan strategi marketing yang terbaik. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga :

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *