Tanggal:03 May 2024
Administrasi marketing (rawpixel.com)

Tugas dan Peran Administrasi Marketing

Apa itu administrasi marketing?

Seorang administrasi pemasaran merencanakan, mengarahkan, dan mengatur struktur pemasaran suatu bisnis. Pelajari tentang persyaratan pendidikan dan langkah-langkah lain dalam peta jalan karir untuk administrator pemasaran.

Administrator pemasaran mengoordinasikan kegiatan departemen pemasaran dan Humas, yang dapat mencakup penempatan iklan dan mengoordinasikan logistik pameran dagang dan acara khusus. Untuk memastikan strategi periklanan mereka tetap relevan, mereka harus tetap waspada terhadap tren industri dan mampu menganalisis dan mempresentasikan riset pasar ke departemen mereka, yang memerlukan riset dan keterampilan analitis yang kuat. Karena administrator pemasaran berkomunikasi baik di dalam departemen mereka sendiri maupun dengan klien, mereka harus memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan verbal yang kuat dan nyaman menangani kelompok besar. Perusahaan pemasaran biasanya menangani banyak proyek sekaligus, jadi administrator harus terorganisir dan mampu melakukan banyak tugas.

Baca Juga: Apa itu Marketing beserta Jenis-jenisnya?

Responsibilities

  • Mengembangkan dan memelihara konten dan komunikasi untuk kampanye pemasaran, aktivitas dan acara.
  • Merencanakan dan menyiapkan konten yang berfokus pada aplikasi secara khusus untuk publikasi dan berbagi di seluruh saluran media yang berbeda, termasuk posting media sosial, email, panduan, brosur, bulletin dan merchandising.
  • Mengkoordinasikan persyaratan untuk materi promosi seperti yang ditentukan oleh Manajer Umum/Regional.
  • Membantu copywriting, karya seni, dan alur kerja web untuk pemasaran cetak dan digital yang direncanakan
  • Mengatur dan mengelola acara dan kampanye terkait seperti seminar, grup pengguna, pemasaran
  • acara, lokakarya dan konferensi.
  • Mendukung Manajer Umum/Regional dan tim Penjualan dengan mengoordinasikan dan menyusun konten untuk
  • mendukung kampanye.
  • Jalankan kampanye pemasaran dan acara seperti yang ditentukan oleh Manajer Umum/Regional.
  • Mendorong kampanye melalui berbagai sistem dan alat komunikasi.
  • Membantu pemeliharaan sistem CRM dan alat otomatisasi pemasaran.
  • Menjaga arsip up to date dari semua file pemasaran.
  • Membantu pemeliharaan manajemen konten termasuk drive bersama dan pustaka konten.
  • Menghadiri pameran dagang domestik dan internasional, acara satelit, konferensi, dan acara untuk
  • mempromosikan produk ADInstruments sesuai kebutuhan.
  • Posting pembaruan pemasaran melalui saluran komunikasi internal.
  • Mengevaluasi ide untuk proyek pemasaran untuk menilai kelayakan dan persyaratan dalam hubungannya dengan
  • Manajer Umum/Regional.
  • Merencanakan dan mengimplementasikan media sosial dan kampanye bukti sosial untuk tujuan pemasaran tertentu.
  • Meneliti sumber konten yang relevan, seperti publikasi ilmiah, media industri, dan sosial
  • outlet media.
  • Tetap up to date dengan praktik terbaik dalam menulis untuk web dan media sosial.
  • Tetap up to date dengan tren dan aktivitas spesifik industri yang digunakan untuk berkomunikasi dengan
  • Melaksanakan tugas-tugas terkait lainnya sesuai kebutuhan.

Langkah-langkah untuk menjadi administrator pemasaran

Langkah 1: Dapatkan Gelar Sarjana

Posisi entry-level dalam administrasi pemasaran biasanya membutuhkan gelar associate; namun, posisi manajemen tingkat menengah membutuhkan gelar sarjana. Jurusan yang berlaku untuk calon administrator pemasaran meliputi seni komunikasi, pemasaran, periklanan, dan hubungan masyarakat. Kursus dalam program ini akan melatih mereka untuk memasarkan dan membangun koneksi untuk perusahaan atau bisnis. Jurusan administrasi bisnis juga bisa menjadi pilihan yang layak.

Langkah 2: Dapatkan Pengalaman Kerja

Pekerjaan entry-level dan magang dapat ditemukan dengan majikan yang mengkhususkan diri dalam media, barang dan jasa. Posisi ini biasanya mencakup sejumlah tugas, seperti membuat buletin mingguan atau surat elektronik untuk daftar klien perusahaan, mengembangkan kampanye iklan untuk publik, dan bekerja dengan tim media untuk merancang proyek baru. Beberapa perusahaan memiliki persyaratan khusus untuk administrator pemasaran masa depan, seperti pengalaman kerja sebelumnya dalam desain grafis.

Langkah 3: Bergabunglah dengan AMA

American Marketing Association (AMA) menawarkan keanggotaan kepada para profesional di bidang pemasaran. Menjadi anggota grup ini dapat mendorong administrator pemasaran ke lebih banyak peluang karir, serta membuat mereka tetap up to date pada perubahan yang dapat mempengaruhi industri mereka. Konferensi yang diadakan oleh AMA memungkinkan anggotanya untuk membangun kontak dalam tenaga kerja pemasaran.

Langkah 4: Tingkatkan Pendidikan dan Karir Anda

Gelar master dalam administrasi bisnis dan pemasaran dapat meningkatkan prospek pekerjaan administrator pemasaran. Kursus tingkat master biasanya mencakup riset pasar, perilaku konsumen, dan pemasaran internasional. Lulusan akan memiliki keterampilan kepemimpinan dan pengetahuan teoritis yang diperlukan untuk mengambil peran yang lebih penting dalam perusahaan. Mereka mungkin juga memenuhi syarat untuk dipromosikan menjadi manajer pemasaran atau direktur. Tugas pekerjaan lanjutan mungkin termasuk menganalisis strategi pemasaran dan produk, melakukan penelitian untuk produk baru dan menerapkan program promosi.

Singkatnya, seorang administrator pemasaran biasanya membutuhkan gelar sarjana dalam pemasaran, seni komunikasi atau bidang terkait, serta pengalaman kerja dengan perusahaan yang mengkhususkan diri dalam media, barang atau jasa.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *