Tanggal:15 May 2024
Telemarketing (rawpixel.com)

Telemarketing: Pengertian, Jenis-Jenisnya, Jobdesc

Pengertian Telemarketing

Baca Juga: Apa itu Marketing beserta Jenis-jenisnya?

Telemarketing didefinisikan sebagai pemasaran langsung barang dan jasa kepada pelanggan potensial. Ini melibatkan pendekatan, menghubungi atau pemeriksaan untuk menilai minat pelanggan dan kemudian tindak lanjut untuk mengejar penjualan.

Prosesnya termasuk menggunakan beberapa alat seperti panggilan telepon, faks, internet, dan bahkan panggilan konferensi untuk menangani pelanggan. Ini juga mencakup promosi penjualan yang telah direkam sebelumnya dan dimainkan melalui telepon melalui panggilan otomatis. Beberapa industri lebih mengandalkan telemarketing daripada sektor lain.

Baca Juga : Apa itu Target Market?

Macam-macam Telemarketing

Ada dua jenis telemarketing, yang dibahas di bawah ini:

  • Inbound Telemarketing

Telemarketing Inbound adalah di mana perusahaan mengiklankan produk atau layanan dan mereka memiliki nomor untuk pelanggan yang tertarik yang harus dihubungi oleh telemarketer, baik untuk memesan, mendaftar, atau membuat janji, dll. Oleh karena itu, inbound telemarketing, pelanggan sendiri yang memulai panggilan dan menunjukkan minat mereka, dengan perusahaan.

Hal terbaik tentang pemasaran telepon masuk adalah bahwa pelanggan menjangkau, perusahaan ketika itu nyaman bagi mereka.

  • Outbound Telemarketing

Pemasaran jarak jauh keluar adalah di mana pemasar jarak jauh yang dipekerjakan oleh perusahaan atau perusahaan pemasaran jarak jauh memanggil pelanggan potensial, dan mengikuti skrip yang tepat. Dalam hal ini telemarketer menghubungi pelanggan secara langsung dengan tujuan menutup penjualan. Setiap orang mengetahui panggilan seperti itu, karena ini terkait dengan kehidupan kita sehari-hari.

Misalnya, Pikirkan panggilan yang diterima untuk memperbarui paket internet Anda untuk mendapatkan internet yang lebih cepat dan lebih baik, itu adalah contoh pemasaran jarak jauh keluar.

Tanggung jawab telemarketer meliputi:

  • Orang-orang yang menelepon menggunakan direktori telepon tertentu untuk menjual produk atau meminta sumbangan
  • Menjawab panggilan masuk dari calon pelanggan
  • Menggunakan skrip untuk memberikan informasi tentang fitur produk, harga, dll. dan menyajikan manfaatnya

Job brief

Kami mencari Telemarketer yang antusias untuk menghasilkan penjualan baik dengan panggilan dingin atau menjawab permintaan di lingkungan yang serba cepat. Anda akan bertanggung jawab untuk mempengaruhi pelanggan yang sudah ada atau calon pelanggan untuk membeli produk atau layanan.

Seorang telemarketer yang sukses harus ramah dan persuasif. Anda harus dapat memahami kebutuhan pelanggan dalam waktu singkat dan memberikan solusi yang memenuhi kebutuhan mereka. Kandidat yang ideal juga akan sabar dan berwatak dingin untuk menghadapi agresivitas dan keluhan.

Tujuannya adalah untuk mendorong pertumbuhan bisnis dengan memperluas pelanggan perusahaan. Banyak orang melihat telemarketing sebagai pekerjaan yang nyaman dan mudah. Anda duduk di kursi yang nyaman di ruangan yang hangat, berbicara dengan banyak orang, dan mendapatkan uang.

Namun, pada kenyataannya, ini bisa menjadi pekerjaan yang sangat menantang, kompetitif, dan penuh tekanan. Tidak semua orang cocok untuk telemarketing. Jika Anda membenci tekanan, target, dan tenggat waktu, pemasaran jarak jauh mungkin bukan pekerjaan ideal Anda.

Meskipun banyak dari keterampilan yang dibutuhkan dapat dipelajari dalam pelatihan dan ditingkatkan dari waktu ke waktu, seorang telemarketer yang baik perlu memulai dengan serangkaian kualitas bawaan.

  • Keterampilan Mendengarkan: penjualan tidak semuanya berbicara, sebagian besar adalah kemampuan untuk mendengarkan. Dengan mendengarkan keraguan, kekhawatiran, kebutuhan, dan pertanyaan seseorang, Anda dapat menyesuaikan apa yang Anda katakan atau presentasi Anda – sesuai dengan preferensi mereka.
  • Kejujuran: penjualan terbaik datang dari orang-orang jujur. Jika Anda membengkokkan kebenaran, ada risiko yang jauh lebih besar dari pesanan Anda dibatalkan, atau masalah di kemudian hari dengan pelanggan dan departemen lain di perusahaan Anda.
  • Ketahanan: telemarketing penuh dengan penolakan. Anda dapat menelepon lusinan dan lusinan orang dan mereka semua mengatakan bahwa mereka tidak tertarik terkadang dengan kasar. Anda harus menjadi tipe individu yang terus berjalan dengan gigih dan antusias tidak peduli seberapa buruk hal-hal yang tampak.
  • Kemampuan beradaptasi: telemarketer yang hebat adalah orang yang sangat mudah beradaptasi. Selama satu hari saja, Anda akan berbicara dengan berbagai macam orang dengan selera, suasana hati, preferensi, tingkat sosial ekonomi dan akademik yang berbeda, dan tingkat senioritas. Anda harus dapat menyesuaikan pendekatan Anda sesuai dengan orang yang Anda ajak bicara dan apa yang Anda promosikan.
  • Motivasi: Anda harus menjadi orang yang sangat termotivasi yang dapat bekerja dengan antusias di bawah tenaganya sendiri. Penjualan adalah permainan angka – semakin banyak orang yang Anda hubungi, semakin banyak bisnis yang akan Anda hasilkan. Anda membutuhkan banyak motivasi untuk menghubungi sebanyak mungkin orang, dan tetap terdengar segar dan positif di setiap panggilan telepon.
  • Suara: telemarketer yang baik harus memiliki suara yang bagus. Anda juga perlu mengadopsi nada yang sesuai dengan siapa pun yang Anda ajak bicara.
  • Melek Komputer: dalam banyak kasus, Anda perlu mengetahui cara menggunakan spreadsheet, perangkat lunak CRM, Internet secara umum, dan item terkait komputer lainnya.
  • Keen Learner: orang-orang telemarketing yang hebat selalu mau dan ingin belajar. Kebanyakan supervisor dan manajer telesales melaporkan bahwa orang-orang dengan kinerja terbaik adalah mereka yang paling bersemangat untuk belajar selama kursus pelatihan. Anda harus menjadi tipe orang yang selalu mencari hal baru untuk dipelajari dari rekan kerja, prospek, bos, dll.

Telemarketing mungkin bukan untuk Anda jika mendapatkan gaji tetap adalah prioritas utama Anda. Dalam sebagian besar kasus, pendapatan telemarketer terkait dengan seberapa baik kinerjanya. Terkadang pekerjaan itu benar-benar berhubungan dengan penjualan, yaitu karyawan tidak mendapatkan apa-apa jika mereka tidak menjual.

Baca Juga: Pengertian Customer Relationship Management 

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *