Tanggal:30 May 2024

4 Alasan Pelatihan K3 Sangat Penting Bagi Pekerja

Menjadi pekerja berarti harus siap sedia dengan segala risiko yang terjadi di lapangan. Permasalahannya datang ketika para pekerja ini tidak memiliki keahlian ataupun kemampuan untuk menghadapi berbagai situasi yang dapat membahayakan keselamatan ataupun kehidupan mereka. Apalagi melihat angka kecelakaan yang menimpa para pekerja di Indonesia selama ini terbilang cukup banyak.

Mengutip dari data statistik yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan mengenai kasus kecelakaan di tempat kerja yang terjadi pada triwulan II tahun 2020, sebanyak 3.174 kasus kecelakaan di tempat kerja telah terjadi. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang ahli K3 untuk mengawai keselamatan dan kesehatan pekerjanya. Namun, tak bisa dipungkiri pula jika pelatihan K3 umum juga sama-sama perlu diikuti oleh para pekerja untuk semakin tahu mengenai prosedur penyelamatan diri.

Pelatihan K3 umum adalah pelatihan yang diadakan untuk mengajarkan bagaimana menerapkan prosedur-prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Adanya pelatihan ini diupayakan untuk tercapainya suatu efektivitas dalam dunia kerja. Kesadaran mengenai pentingnya penerapan K3 ini juga seharusnya menjadi sebuah tanggung jawab bersama antara pekerja, organisasi perusahaan, atau pemerintah. Berikut beberapa alasan mengenai betapa pentingnya pelatihan K3 diadakan.

1. Meminimalisasi Angka Kecelakaan, Kematian, dan Penyakit Akibat Kerja

Kematian, kecelakaan, dan tertular penyakit menjadi risiko bagi para pekerja di lapangan. Sumber: Yury Kim/Pexels

Sesuai dengan tujuan diadakannya pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), diharapkan agar angka kecelakaan, kematian, cedera dan penyakit akibat kerja di antara para pekerja industri atau buruh dan kontraktor di lapangan dapat diminimalisasikan. Itulah mengapa tugas seorang K3 Ahli dalam mengawasi prosedur kerja di lapangan harus benar-benar dioptimalkan agar segala bentuk kecelakaan seperti kebakaran, kerusakan alat atau ledakan tidak sampai terjadi. 

Selain membahayakan, hal itu nyatanya juga dapat berdampak ke kerugian yang bisa dialami oleh perusahaan dan pekerjanya. Meski mengandalkan seorang K3 Ahli, tak lantas membuat para pekerja serta merta tak membutuhkan pelatihan ini karena program pelatihan K3 ini juga dapat diikuti oleh mereka karena memberikan berbagai manfaat seperti arahan ataupun pedoman mengenai penyelamatan diri dan pencegahan serta pengendalikan diri dari berbagai penyakit.

2. Meningkatkan Kesehatan Pekerja

Ditingkatkannya kesehatan pekerja merupakan tujuan dilakukannya pelatihan K3. Sumber: Chevanon Photography/Pexels

Tak bisa dipungkiri bahwa di antara para pekerja, terdapat banyak di antara mereka yang jarang melakukan kegiatan fisik seperti berolahraga dan kurangnya mengonsumsi makanan bergizi. Kekurangan tersebut tentunya akan membuat ketahanan imun yang dimiliki menjadi cenderung rendah. Alhasil darinya, mereka dapat dengan mudah terserang penyakit menular. Adanya pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) inilah solusi agar keadaan tersebut dapat diselesaikan. 

Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ini diadakan untuk memberikan solusi atas permasalahan kesehatan yang ada di antara pekerja tersebut yaitu dengan program meningkatkan dan memperbaiki status kesehatan para pekerja, yang mana hal itu tentunya akan berpengaruh ke dalam efektivitas kerja mereka di lapangan hingga ke kadar optimal. Berbagai pengelolaan kesehatan ini yaitu seperti program pengelolaan penyakit menular ataupun penyakit tidak menular, bahkan hingga pengendalian lingkungan kerja.

3. Meningkatkan dan Mengoptimalisasikan Pelayanan untuk Kesehatan Pekerja

Dilakukannya peningkatan pelayanan kesehatan untuk para pekerja juga menjadi program dari pelatihan K3. Sumber: Oles Kanebckuu/Pexels

Diadakannya peningkatan pada pelayanan untuk mengoptimalisasikan kesehatan para pekerja menjadi salah satu upaya untuk mendukung program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yaitu meminimalisasikan adanya kecelakaan dan memaksimalkan kesehatan pekerjanya. Itulah mengapa adanya peningkatan pelayanan kesehatan memang harus dilakukan, hingga menghasilkan pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi. 

Adanya pelayanan kesehatan yang bagus dan bermutu tentunya juga akan menghasilkan pekerja yang sama sehat dan bagus dalam kinerjanya. Dengan diadakannya penguatan kompetensi pada pusat-pusat pelayanan kesehatan, hal itu akan membuat para pekerja dapat dilayani secara holistik, baik preventif, promotif, rehabilitatif, dan kuratif. Diharapkan dengan adanya optimalisasi pada pelayanan kesehatan seperti di puskesmas, klinik, ataupun rumah sakit juga dapat memberikan para pekerjanya kesehatan yang optimal juga.

4. Mengoptimalisasikan Produktivitas Perusahaan

Adanya kesejahteraan pekerja akan membawa grafik produksi yang naik bagi perusahaan. Sumber: Marc Mueller/Pexels

Dengan diadakannya pelatihan mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ini, ternyata juga dapat memberikan optimalisasi pada produktivitas suatu perusahaan. Hal itu karena dengan terpeliharanya kondisi lapangan kerja dan status kesehatan dari para buruh, karyawan, ataupun kontraktornya hingga ke taraf yang baik, keadaan tersebut tentunya juga akan berdampak baik pula kepada optimalisasi kerja mereka. Dengan tubuh yang fit dan lingkungan yang sehat, para pekerja tentunya dapat memberikan usaha yang sama maksimalnya. 

Yang mana dengan adanya optimalisasi kerja para buruh ini juga akan berjalan lurus pada produktivitas perusahaan yang semakin meningkat. Oleh karena itu, korporasi ataupun pemerintah juga harus sama-sama memikirkan dan bertanggung jawab dalam mengusahakan kondisi ini sebagai jalan tengah, sehingga permasalahan yang ada mengenai angka kecelakaan kerja yang masih tinggi, tingkat kesehatan pekerja yang rendah, dan keuntungan bagi perusahaan itu sendiri dapat terselesaikan dalam satu loncatan.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *