Tanggal:26 July 2024

6 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

Memiliki kulit mulus dan sehat merupakan impian semua orang. Banyak orang yang rela mengeluarkan biaya mahal untuk melakukan perawatan. Namun, tidak perlu khawatir, sebab kamu masih bisa mendapatkan kulit mulus dan sehat dengan mengonsumsi makanan berikut.

Baca Juga : 6 Makanan dan Minuman yang Ampuh Mencegah Jerawat

1. Bayam

Bayam – Source : awsimages.detik.net.id

Bayam memiliki kadar lutein yang tinggi, berfungsi melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV. Ketika membeli bayam, pilihlah bayam di tumpukan paling atas, yang paling banyak terkena cahaya matahari. Penelitian terbaru yang diterbitkan oleh The Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengungkapkan bayam yang disimpan di bawah cahaya selama setidaknya 3 hari menunjukkan peningkatan kadar vitamin C, K, dan E, asam folat karotenoid lutein, serta zeaxanthin.

2. Salmon

Salmon – Source : image-cdn.medkomtek.com

Menurutstudi pada tahun 2009 dari the American Journal of Clinical Nutrition, kandungan asam lemak omega-3 DHA dan EPA (docosahexaenoic dan eicosapentaenoic acids) yang ditemukan dalam salmon dapat melindungi sel dari kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh sinar UV.

Peneliti mengikuti kebiasaan makan lebih dari seribu orang Australia dewasa selama kurang lebih 5 tahun dan menemukan bahwa mereka yang memakan lebih dari 5 ons ikan kaya omega-3 (seperti salmon) setiap minggunya dapat mengurangi hingga 30% risiko gejala kanker kulit.

Baca Juga :

10 Makanan Khas Surabaya

15 Makanan Khas Lebaran

3. Jagung

Jagung – Source : cf.shopee.co.id

Jagung adalah sumber terbaik dari lutein, sejenis zat carotenoid. Seperti lycopene, lutein juga melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV.

Baca Juga :

Makanan Khas Solo Yang Wajib Dicoba

10 Oleh-Oleh Kekinian Khas Semarang

4. Tahu

Tahu – Source : cms.sehatq.com

Tahu dapat membantu produksi kolagen yang dapat melembutkan kulit, karena tahu kaya akan isoflavone. Dalam penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of the American College of Nutrition, tikus yang diberikan isoflavone dan kemudian terkena paparan sinar UV memiliki lebih sedikit kerutan dan kulit yang lebih halus daripada tikus yang terpapar sinar UV dan tidak mendapat isoflavon. Peneliti percaya bahwa isoflavone membantu mencegah kekurangan produksi kolagen.

Baca Juga | 7 Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Doyan

Baca Juga | Makanan Ini Berwarna Biru! Unik!

5. Stroberi

Stroberi – Source : asset-a.grid.id

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makan makanan kaya vitamin C, seperti stroberi, membantu memperlambat munculnya keriput dan masalah kulit kering akibat proses penuaan. Peran vitamin C dalam melembapkan kulit mungkin disebabkan oleh kemampuannya menetralkan radikal bebas akibat sinar UV dan juga mendorong proses sintesis kolagen, yang berfungsi menjaga elastisitas kulit.

Baca Juga :

13 Peluang Usaha Makanan Paling Laris

21 Ide Bisnis Kuliner Di Pagi Hari

6. Alpukat

Alpukat – Source : statik.tempo.co

Alpukat termasuk buah yang baik untuk kesehatan kulit. Hal itu dikarenakan, alpukat yang kaya akan kandungan lemak sehat. Lemak ini bermanfaat bagi banyak fungsi dalam tubuh, termasuk kesehatan kulit.

Mendapatkan cukup asupan lemak sehat sangat penting untuk membantu menjaga kulit tetap kenyal dan lembab.

Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 700 wanita menemukan bahwa asupan tinggi lemak total, khususnya jenis lemak sehat yang ditemukan dalam alpukat, dikaitkan dengan kulit yang lebih kenyal. Bukti awal juga menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Kerusakan UV pada kulit Anda dapat menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Kira – kira itulah makanan yang harus di konsumsi jika kalian ingin kulit kalian sehat dan bagus, agar penampilan menjadi lebih pede dan kelihatan lebih awet muda.

Baca Juga : 8 Buah Asli Indonesia yang Mendunia

Baca Juga : Makanan Pembesar Otot, Ampuh!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *