Tanggal:26 February 2024

7 Tips Naik Jabatan Lebih Cepat

Seseorang pernah berkata bahwa “hidup ini adalah persaingan”. Kata tersebut bisa dikatakan cukup benar. Sejak dari kecil kamu sudah terbiasa menjalani suatu kompetisi secara tidak langsung. Misalnya saja saat kamu menginjak sekolah dasar (SD) sampai SMA, saat kamu berada di bangku sekolah kamu akan mendapat rapot yang di dalamnya tercantum ranking atau peringkat.

Namun sayangnya tidak semua peserta kompetisi siap bersikap adil, tidak terkecuali pada lingkungan pekerjaan. Persaingan pada lingkungan kantor untuk mendapat jabatan yang lebih tinggi terkadang dilakukan dengan cara yang kurang sehat dan kotor demi mengungguli karyawan lainnya.

Tapi tenang, Vocasia sudah menyiapkan tips – tips buat kamu yang ingin cepat naik jabatan tanpa harus melakukan kecurangan.

Tanpa basa – basi lagi, Lets chek it out !

1. Datang Lebih Awal saat Bekerja

jam tangan
Datang lebih awal lebih baik – @pixabay.com

Tips yang pertama ini bukanlah hal yang sulit dilakukan, tetapi jangan dianggap remeh. Tips pertama yaitu datang kerja lebih awal. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dengan menerapkan sikap ini. Dengan datang lebih awal, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan lebih banyak atau pekerjaan yang belum terselesaikan di hari kemarin, sehingga kamu bisa menuntaskan pekerjaanmu dengan cepat, bahkan jauh sebelum deadline yang sudah perusahaan berikan.

Hal ini juga akan menunjukan bahwa kamu memiliki etos kerja yang kuat untuk perusahaan tempat kamu bekerja. Atasan akan merasa bangga dan akan melihatmu sebagai orang yang rajin, tekun, disiplin dan setia terhadap perusahaan. Pimpinan akan sangat mempertimbangkan kamu untuk mendapat jabatan yang lebih tinggi untuk perusahaannya.

2. Bersikap Aktif saat Bekerja

presentasi kerja
aktif dan inisiatif untuk perusahaan – @pixabay.com

Pimpinan di suatu perusahaan akan melihat kelayakan kamu untuk naik jabatan dengan melihat keaktifan kamu selama bekerja. Kamu bisa menunjukan keaktifanmu dengan memulai untuk berani mengeluarkan pendapat, berinisiatif untuk memberikan solusi kepada setiap permasalahan yang sedang perusahaan hadapi, dan aktif bekerja sama dengan rekan kerja. Karyawan yang sangat aktif akan memiliki peluang yang besar untuk dipromosikan jabatannya.

Maka dari itu, setiap ada kesempatan cobalah untuk aktif mengutarakan pendapatmu pada saat meeting dan berikan solusi yang bisa berdampak positif kepada perusahaan.

3. Berpakaian dan berpenampilan rapi saat bekerja

orang berjas
Berpenampilan rapi akan menarik simpati atasan – @pexels.com

Tips yang satu ini merupakan salah satu tips yang cukup umum di kalangan masyarakat. Setiap orang akan menilai sesorang dari penampilannya terlebih dahulu. Begitu juga dengan atasanmu, orang dengan penampilan rapi mencerminkan kepribadian dari setiap orang yang dibawahinya. Maka dari itu, kamu sangatlah disarankan untuk berpenampilan rapi dan tentunya menarik agar atasanmu lebih bersimpati kepadamu

Banyak peniliti di luar negeri mengatakan bahwa kemajuan karir didukung oleh cara berpakaian, kebersihan dan menjaga kesehatannya.

4. Konsisten saat Bekerja

karyawan sukses
Konsisten dalam bekerja – @pexels.com

Konsisten akan membawamu menuju kesuksesan di semua bidang yang kamu tekuni. Tetaplah pertahankan dan tingkatkan kinerjamu untuk perusahaan. Hindari melakukan penurunan performa kerja ! Jika kamu sudah terbiasa bekerja dengan konsisten, maka itu merupakan nilai tambah di mata atasan.

5. Jujur kepada siapa saja

truth
Jujur akan membuatmu bisa dipercaya – @pexels.com

Kinerja yang baik dengan loyalitas tinggi harus dilengkapi dengan perilaku jujur dalam bekerja. Seorang pimpinan merupakan orang yang dipercaya oleh perusahaan. Maka dari itu, salah satu syarat untuk bisa naik jabatan dengan cepat adalah dengan berperilaku jujur.

Hindari cara persaingan kotor dalam menaiki karir, hal ini bisa menyebabkan kepercayaan perusahaan terhadap kamu menjadi sangat rendah. Jadilah orang yang bisa dipercaya oleh perusahaanmu.

6. Menjalin Kerja Sama

tos dengan teman
Jadikan timmu yang terbaik di perusahaan – @pexels.com

Seorang pemimpin yang hebat adalah orang yang bisa dipercaya oleh lingkungan sekitar. Membangun kepercayaan bisa juga dilakukan dengan menjalin kerja sama tim yang solid. Kamu bisa memulainya dengan mendapatkan prestasi tim, misalnya seperti mendapat penghargaan penjualan terbanyak dibandingkan tim sales yang lainnya. Jadilah yang terbaik secara individu dan tim, dengan begitu kenaikan jabatan bukanlah hal yang tidak mungkin kamu dapatkan.

7. Tunjukan Potensi dirimu

manajer senang
Tunjukan kamu layak memimpin – @pixabay.com

Tips ini adalah salah satu tips terampuh yang akan membawamu ke jabatan pekerjaan yang sangat tinggi. Caranya dengan menunjukan potensi kamu yang layak menjadi seorang pemimpin di masa depan.

Tidak hanya hasil kerja yang baik, namun juga tunjukan jiwa kepemimpinan.

Jiwa kepimimpinan yang baik memberikan bukti bahwa kamu tidak sekedar individu yang kompeten namun kamu juga orang yang bisa memberikan pengaruh kepada lingkungan kantor. Perusahaan merupakan tempat dimana banyak orang saling bekerja sama demi membawa kesuksesan bersama.

Jadi itu dia 7 tips naik jabatan dengan cepat ala Vocasia. Dengan kamu menerapkan tips tersebut, jabatan baru akan menantimu !

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *