Tanggal:21 July 2024

Inilah Cara Franchise Starbucks Indonesia, Si Tempat Ngopi Berkelas!

ilustrasi franchise starbucks indonesia (pixabay.com)

Tentang Starbucks Indonesia

Starbucks merupakan jaringan bisnis kopi yang terbesar di dunia, lho. Dimana sejarah awal dari Starbucks ini adalah perusahaan kopi yang lahir si Seattle, Washington, Amerika Serikat di tahun 1971, nih. Yang mana pada awalnya Starbucks ini hanya memproduksi biji kopi untuk di jual, akan tetapi seiring berjalannya waktu bisnis ini diambil alih oleh Howard Schultz yang menyebabkan konsep Starbucks menjadi berubah, termasuk mengenai apa saja yang diproduksi untuk penjualannya. Secara umum sih konsep dari Horward Schultz ini mampu membawa Starbucks menjadi sebuah kafe berkelas yang kita kenal samapai sekarang ini.

Kalau yang di atas membahas secara Starbucks secara dunia, pasti kamu bertanya-tanya bagaimana bisnis ini bisa memasuki pasar di Indonesia? Mari kita bahas. Starbucks Indonesia lahir dari PT Map Boga Adiperkasa yang memperkenalkan brand ini untuk yang pertama kalinya di Indonsia. Yang mana perusahaan tersebut merupakan anak dari perusahaan bidang food and beverange yang dimiliki oleh PT Mitra Adi Perkasa, nih. Hingga pada akhirnya brand asal Amerika Serikat ini beroperasi di Plaza Jakarta Pusat, Indonesia.

Seiring dengan perkembangannya, kafe stabucks Indonesia ini dikenal dan diterima oleh masyarakat secara luas dengan hadirnya 326 gerai Starbucks yang ada di Indonesia, Lebih detailnya terletak pada 22 kota besar dan strategis di seluruh penjuru Indonesia.

Baca Juga :

Menu Starbucks

Sesuai dengan simbol status tinggi yang melekan pada pengkonsumsi Stabucks, maka wajar saja bahwa biaya menu makanan dan minuman pada brand tersebut terhitung mahal bagi setiap kelompok. Yang mana artinya ketika kamu tertarik untuk franchise Starbucks Indonesia tentu saja memiliki nilai yang tinggi pula, ya.

Mengenai spesifikasi menunya pasti kita berpikir akan seputar olahan jenis kopi karena memang Starbucks terkenal akan penyediaan biji-biji kopi berkualitas dan pilihan dari setiap penghasil kopi di dunia, nih. Akan tetapi, Starbucks ini menyesuaikan diri dengan minat akan cita rasa dari para konsumen di Indonesia, maka dari itu lahirlah sejenis frappe. Yang mana hal tersebut juga berdasarkan minat masyarakat Indonesia yang sangat menyukai jenis minuman dan makanan yang manis.

Wujud penyesuaian diri pihak Stabucks Indonesia dengan keinginan konsumen Indonesia ini tak hanya berhenti di situ saja, melainkan juga dengan wujud adanya menu sajian minuman yang dingin, lho. Hal itu didasarkan pada fakta bahwa di Indonesia ini beriklim tropis, nih. Selain menyediakan menu minuman manis dan dingin, brand dengan simbol logo putri duyung ini juga memiliki varian makanan yang manis pula, lho. Hidangan makanan tersebut seperti brownies, cookies, dan sejenis cake lainnya,

Baca Juga :

Syarat Franchise Starbucks Indonesia Cofee

Untuk kamu yang benar berminat franchise Stabucks Indonesia, pertama-tama syarat yang harus dipenuhi ialah terkait lokasi, nih. Hal tersebut tentu dengan pertimbangan matang bahwa produk Stabucks memiliki nilai status tinggi dan otomatis berharga produk yang mahal, maka lokasi yang dipilih tak bisa sembarangan. Yang mana kamu harus memilih lokasi yang strategis dan tepat sasaran, hal utama tentunya melihat segmen konsumen yang ada disekitar lokasi, apakah memiliki tingkat ekonomi yang tinggi atau justru bertingkat ekonomi rendah. Hal tersebut dilakukan tentu atas dasar agar nantinya Starbucks tidak hadir untuk sepi pengunjung yang ujung-ujungnya jadi tutup.

Lalu persyarakat kedua, kamu harus memiliki aset likuid senilai 9 miliyar rupiah, nih. Bahkan kamu juga harus memperlihatkan semua aset uang secara tunai yang kamu miliki. Setelah persyaratan administrasi telah terpenuhi, maka pihak manajeman akan mempertimbangkan apakah kamu bisa bergabung dengan franchise Strabucks Indonesia apa tidak.

Setelah berhasil lolos pihak manajeman, maka selanjutnya kamu perlu membayar harga lisensi sebanyak 500 juta rupiah dalam jangka waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan. Kalau kamu keberatan, kamu bisa mengajukan negosiasi atau diskusi lainnya melalui email hingga tercapai kesepakatan bersama. Nah, setelah tercapai kesepakatan bersama, maka pihak pusat akan memberikan dukungan penuh untuk pengembangan bisnismu, nih. Hal tersebut bisa dilihat dari adaya fasilitas mulai dari training pegawai, konstruski outlet, dekorasi, peralatan, dan bahan baku akan dipersiapkan oleh pihak manajemen.

Baca Juga :

Harga/Biaya Franchise Starbucks Indonesia

Sudah disinggung dari penjelasan dia atas bahwa untuk bisa membeli lisensi toko tersebut, maka harus menyiapkan aset likuid senilai 9 miliyar, ya.

Baca Juga : Cara Franchise Fore Coffee

Cara Daftar Franchise Starbucks Indonesia

Bagi kamu yang menginginkan untuk mendapatkan lisensi franchise Starbucks Indonesia, Anda harus menempuh prosedurnya yaitu :

  1. Pertama, kunjungi engunjungi laman web resminya Starbucks lalu, klik “apply for license.”
  2. Kedua, buka menu drop down, kemudian temukan deskripsi pada menu tersebut.
  3. Ketiga, isi lokasi, menulis aplikasi formal, mencantumkan kekayaan bersih, aset dan termasuk uang tunai yang di pegang.
  4. Keempat, kirimkan aplikasi yang sudah dibuat tadi lalu tinggal menunggu umpan balik dari pihak perusahaan.
  5. Kelima, jika gagal dalam mencoba langkah-langkah di atas maka cobalah untuk menghubungi langsung email perusahaan.

Nah itulah cara untuk membuka bisnis waralaba starbucks untuk kamu yang ingin membukanya, dan jika kamu tertarik untuk mengikuti kursus Vocasia, kamu bisa klik tautan dibawah ini, jangan sampa ketinggalan diskon!

Baca Juga :

Cara Franchise Kopi Lain Hati

Cara Franchise Kopi Soe

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *