Tanggal:21 July 2024
Pengertian email marketing (pexels.com/firmbee.com)

Apa Itu Email Marketing dan Seperti Apa Contohnya

Pengertian Email Marketing

Email marketing adalah email yang berisi konten yang banyak dimanfaatkan perusahaan untuk melakukan permasaran. Email tersebut berisikan pesan komersial yang dikirimkan kepada pelanggan maupun calon pelanggan berupa informasi tentang produk, promo atau event yang sedang berlangsung. Tujuan marketing adalah membantu membangun relasi yang baik dan yang paling utama dapat terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan secara lebih personal.

Baca Juga | Panduan Email Blast: Pengertian, Fungsi, Tips, Beserta Platformnya

Alasan pentingnya email marketing

Di tengah pesatnya penggunaan media sosial dan perkembangan teknologi pemasaran yang begitu cepat, seperti social media marketing dan Google ads, banyak yang memprediksikan email marketing tidak akan bertahan karena sudah ketinggalan zaman. Akan tetapi, berbagai statistik menunjukkan email marketing akan masih tetap efektif.

Baca Juga : Marketing Plan

Email marketing jadi penting karena memiliki potensi akuisisi konsumen baru yang jauh lebih besar dibandingkan yang lain. Menurut WBR Digital, keberhasilan akusisi konsumen baru jenis ini mencapai 81%, jauh lebih besar ketimbang social media marketing yang bahkan hanya 51%.

Jenis pemasaran ini berbeda dengan social media marketing yang bisa membuat orang langsung mengomentari produk yang diberikan. Tetapi dalam segi membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, teknik ini bisa dikatakan lebih tepat.

Baca Juga | 5 Rekomendasi Email Marketing Terbaik, Yuk Simak!

Contoh Email Marketing

Beberapa contoh email marketing (pixabay.com/talhakhail007)

Beberapa contoh email marketing (pixabay.com/talhakhail007)

  1. Dropbox

Dropbox senantiasa menemukan cara untuk membuat Anda tertarik dengan email darinya. E-marketing ini selalu mempertahankan emailnya dalam bentuk singkat sekaligus cantik sekaligus menekankan bahwa email tersebut tidak bersifat menganggu. Pada e-marketing ini, Anda juga bisa memberikan kupon sebagai hadiah bagi pengguna email.

Baca Juga : Jenis-jenis Channel Marketing

  1. BuzzFeed

BuzzFeed memiliki tampilan email yang menarik dan mudah dipahami oleh tiap penerimanya. Khususnya pada bagian subject email, BuzzFeed senantiasa memberikan tulisan yang keren dengan teks pra-tampil berwarna abu-abu di sisi subject email.

Adapun subject email yang digunakan terbilang cukup singkat, memikat sekaligus sempurna untuk semua konten BuzzFeed. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik dengan email semacam ini.

  1. Canva

Yang menarik dari email Canva adalah kesederhanaannya. Ketika email tersebut muncul dengan konsep desain baru, mereka memungkinkan para subscriber mereka tahu dengan mengirimkan sebuah email.

Baca Juga : Business Model Canvas (BMC)

  1. Poppin

Menawarkan kupon dan diskon lewat email adalah sarana yang efektif untuk memperoleh sekaligus mempertahankan customer, karena siapa yang tidak ingin menghemat uang?

Warna yang cerah dan tebal serta jenis huruf yang lunak sangat serasi dengan branding mereka yang modern dan sejuk, dan desainnya juga sederhana dengan empat call-to-action.

  1. Charity: Water

Ketika seseorang menyumbang ke sebuah proyek, uang yang mereka sumbangkan akan menempuh banyak rute terlebih dahulu. Kebanyakan kegiatan amal tidak menjelaskan tentang rute tersebut sama sekali – Charity: Water menggunakan emailemail otomatis untuk menunjukkan kepada donor bagaimana uang yang mereka berikan mengalir dari waktu ke waktu. Dengan timeline proyek dan jadwal yang menyertai, walaupun Anda tidak benar-benar membaca email – Anda langsung tahu dimana Anda berada dalam proses keseluruhan.

Ini adalah jenis email otomatis yang masuk ke dalam inbox Anda setelah melakukan tindakan tertentu di sebuah website. Kontennya bisa apa saja mulai dari mengisi sebuah form sampai membeli sebuah produk.

  1. Turnstyle Cyle

Turnstyle Cycle mengutamakan desain e-marketing yang sederhana dan mudah dipahami. Nantinya pengguna email yang dikirimi e-marketing oleh Turnstyle Cylce akan merasa bahwa mereka sedang dikirimi oleh rekan sejawat.

Biasanya e-marketing ini akan menuliskan isi pesan yang menjurus pada ajakan dengan bahasa sangat halus. Misalnya, jangan sungkan untuk segera menghubungi Kami – Kami senantiasa siap membantu Anda.

Selain itu, Turnstyle Cycle juga memberikan sejumlah rincian yang mesti diketahui atau diingat oleh si penerima email. Contohnya, waktu, nomor telepon hingga alamat surel guna menjangkau target konsumen.

Demikian informasi mengenai email marketing dan beberapa contoh email marketing dari beberapa instansi yang berhasil menerapkan email marketing.

Baca juga | Apa Itu Content Marketing? Yuk Simak!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *