Tanggal:20 July 2024

Pengertian Turbo Marketing Beserta Pengaruh untuk Konsumen

Ilustrasi mempelajari pengertian konsep marketing (Pixabay.com/StartupStockPhotos)

Apa itu Turbo Marketing?

Konsep Turbo Marketing ini pertama kali digagas oleh Philip Kotler melalui artikelnya dalam The journal of business Strategy,dengan judul, “Turbo Marketing Through Time Compression”.

Baca Juga | Apa itu Viral Marketing?

Turbo Marketing merupakan konsep baru dalam dunia marketing yaitu pemasaran yang menghendaki layanan tercepat bagi konsumen. Kecepatan layanan poin penting dari konsep ini yang merupakan tuntutan konsumen masa kini yang menghendaki layanan dengan cepat. Konsep ini lahir karena adanya gejala pemasaran yang menuntut layanan tercepat bagi konsumennya. strategi yang old fashioned dan kuno yang bertahap atau bergelombang.

Baca Juga | Cara Belajar Digital Marketing sampai Mahir

Gelombang pertama, ditandai oleh strategi produsen membuat produk yang lebih murah dari pesaing. Gelombang kedua, ditandai oleh mendesain produk yang berbeda dengan pesaing. Gelombang ketiga, produsen menciptakan produk makin hari semakin baik. Gelombang keempat, memproduksi,melayani,memasarkan,dan mengirim produk lebih cepat dari pesaing. Perusahaan menerapkan konsep Turbo marketing adalah mengaplikasikan telepon marketing atau telemarketing (call center)  dalam melakukan kegiatan sehari-harinya.

Baca Juga | Apa Sih Perbedaan Sales dan Marketing? Cek 4 Perbedaannya Berikut Ini!

Turbo marketing adalah strategi memproduksi, melayani, dan mengirim produk secara lebih cepat, sedangkan Telemarketing adalah disiplin ilmu yang mengaplikasi system informasi yang mengedepankan kemampuan ’personal selling’ untuk meningkatkan penjualan dengan melakukan efisiensi biaya,dan waktu (time efficiency).

Baca Juga | Apa itu Target Market?

Konsep dari strategi turbo marketing

Ilustrasi Time compression (pexels.com/skyler kang)

Baca Juga | 5 Cara Sukses Mengelola Bisnis Secara Efektif

Konsepnya adalah time compression yaitu, dengan cara memempetkan waktu atau mempersingkat waktu untuk memberikan layanan kepada konsumen secara cepat. Apabila produk dibuat dengan kualitas baik, harga terjangkau, pelayanan yang baik maka produsen yang memberikan pelayanan cepat terhadap konsumen akan memenangkan persaingan.

Baca Juga | Strategi Efektif Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Perusahaan yang menerapkan turbo marketing adalah perusahaan yang mengaplikasikan telepon marketing atau biasanya disebut telemarketing dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. turbo marketing adalah strategi mulai dari memproduksi, melayani, mengirim produk secara cepat.

Baca Juga | 5 Cara Membangun Kredibilitas Bisnis, Dijamin Efektif!

Turbo service berkaitan dengan pelayanan terhadap konsumen baik secara tatap muka maupun melalui telpon. Terdapat beberapa prinsip dalam komunikasi pelayanan terhadap konsumen, yaitu:

  • Penggunaan kata dengan menggunakan kata yang jelas dan tidak membingungkan dan pastikan lawan bicara mengerti apa yang Anda sampaikan
  • Penggunaan suara, dengan berbicara yang jelas dan ramah
  • Penggunaan bahasa tubuh mengunakan bahasa tubuh seperti gerak mata, tangan, kepala dengan baik tanpa kaku dan tidak menyenangkan

Nah, gimana udah tahu kan pengertian turbo marketing. Semoga artikel ini memberikan informasi yang cukup ya untuk Anda. Jangan lupa baca artikel tentang marketing lainnya di blog Vocasia.

Baca Juga | Pengertian Sosial Media Marketing Beserta 5 Manfaatnya

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *