Tanggal:23 July 2024

Konsep Kanban dalam Manajemen Alur Produksi

Setiap alur produksi tentulah memiliki sistem ketetapan tersendiri. Tahukah kamu sistem apa yang digunakan? Kanban adalah sistem informasi yang berfungsi mengendalikan proses produksi. Kanban dirancang untuk mengendalikan jumlah serta waktu dalam produksi. Dalam bahasa Jepang, kanban berarti visual record or signal. Artinya kanban diciptakan untuk memancarkan sinyal tertentu dalam mempermudah proses produksi. Kamu tak perlu lagi bersusah payah mengatur jalannya produksi secara manual, ya.

Kanban adalah sistem yang memiliki bentuk visual seperti kartu, lampu, ataupun bendera sebagai alat perintah produksi. Berbagai bentuk alat kanban dapat memberikan sinyal pengendalian produksi. Kanban sangat penting dterapkan dalam suatu bisnis. Terlebih kanban dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi kamu, loh. Kamu dapat menggunakan konsep kanban untuk membantu alur produksi bisnis. Kanban memiliki sistem persiapaan tertentu, apa saja kah itu? Simak lengkapnya!

Tahap Persiapan Sistem Kanban :

1. Kanban Adalah Sistem Memperlancar Tahap Produksi

Kanban adalah sistem yang dirancang membantu pengendalian sistem produksi. Otomatis kanban akan memberlakukan kecakapan produksi. Penggunaan sistem kanban dapat membantu mengurangi waktu menganggur tenaga kerja dan membantu menyiapkan perlengkapan barang dalam pengolahan. Kanban mampu mengendalikan aliran-aliran material dalam produksi melalui penggunaan kartu. Sistem kanban dapat memerintah work center memindahkan ataupun menghasilkan material tertentu.

Baca Juga : Mengenal Perencanaan Produksi dan Tahapannya

2. Mempersingkat Waktu Penyiapan Produksi

Sistem kanban digunakan untuk mengendalikan proses produksi melalui alat tertentu. Pekerja hanya perlu memusatkan pergantian bahan, peralatan, dan perincian agar sesuai pesanan produksi. Kanban berfungsi mempersingkat waktu produksi. Proses penyiapan dapat tersaji secara detail dan cepat. Pekerja dapat memantau dan memperhatikan kebutuhan bahan produksi saja.

3. Kanban Adalah Pencipta Autonomasi

Autonomasi adalah bagian dari sistem yang dijalankan konsep kanban. Kanban mampu mengurangi keluarnya barang cacat atau tidak layak produksi. Kanban dapat mengendalikan munculnya kecacatan secara massal. Hal ini tentu sangat berguna untuk mengurangi kerugian produksi. Kanban dapat melakukan sortir barang untuk meminimalisir kerusakan barang yang diproduksi. Kamu tak perlu lagi merasa cemas akan barang rusak yang lolos tahap pemeriksaan. Konsep kanban dapat membantu kamu lebih jeli tentunya.

Baca juga: Perencanaan Produksi Massal: Pengertian dan Poin Pentingnya

Fungsi Utama Sistem Kanban :

1. Pengendali Produksi

Kanban adalah sistem informasi yang dirancang sangat tepat membantu jalannya produksi. Kanban dapat mengendalikan proses produksi secara maksimal. Pasokan material dan komponen lainnya dapat datang tepat waktu dengan jumlah yang sesuai melalui penggunaan kanban. Pengendalian proses produksi yang dilakukan sistem kanban sangat luas dan merata. Kanban dapat menyebarluaskan material dan berbagai komponen lain sampai di lantai produksi secara tepat.

2. Kanban Adalah Alat Perintah Produksi

Sistem kanban berfungsi sebagai alat perintah pengiriman dalam proses produksi. Kanban dapat menginformasikan tempat penyimpanan komponen yang telah diolah dan dibutuhkan. Kanban sebagai alat perintah yang dapat mengurangi kelebihan produksi. Fungsi kanban yang satu ini sangat meningkatkan keakuratan jumlah serta waktu produksi. Kanban dapat meminta work center untuk mengirimkan berbagai komponen secara luas dan tepat. Hal ini dapat memberikan detail rincian pesanan produksi setiap waktu secara akurat.

Itulah penjelasan mengenai konsep kanban. Kamu bisa mengenali kanban lebih dalam dari fungsi utamanya terlebih dulu. Setiap tahap persiapan penggunaan kanban juga dapat kamu pelajari. Kanban adalah sistem yang memang diciptakan untuk mengendalikan produksi bisnis kamu. Kamu dapat memastikan keakuratan dan kecepatan produksi melalui penggunaan sistem kanban. Pelajari dan kenali lebih dalam terkait sistem kanban, dan selamat belajar!

Baca Juga:

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *