Tanggal:22 July 2024

Apa itu Desain Line Art?

Dilansir dari laman MateriBelajar, Line art itu bukanlah sketsa, karena sketsa merupakan gambaran awal atau gambar kasarnya, sementara line art ialah gambar yang lebih tegas.

Atau dapat diartikan juga, bahwa line art merupakan gambar yang sudah jadi, tapi tanpa pewarnaan, hanya menggunakan outlinenya saja. Dan perlu di ketahui juga, bahwa line art itu tidak hanya menggunakan warna hitam saja dalam outlinenya, banyak karya line art designer grafis dunia yang memakai warna yang lebih cerah di karya line art milik mereka.

Untuk lebih lengkapnya lagi Simaklah Materi Desain Line Art mulai dari Pengertian Line Art dan Contoh Desain Line Art di bawah ini.

Baca Juga | 8 Website Layout Design Terbaik, Bisa Jadi Sumber Inspirasimu!

Pengertian Line Art

Line art atau yang berarti seni garis adalah sebuah karya seni yang setiap gambarnya terdiri dari garis lurus atau melengkung hingga membentuk suatu objek. Juga bisa diartikan, line art yaitu seni grafis yang menggunakan garis sebagai dasar untuk membuat ilustrasi.

Line art biasa digunakan untuk menggambar objek dua atau tiga dimensi, yang kemudian bagian dalam juga latarnya diberikan warna untuk beragam keperluan.

Line art juga bisa diberi tambahan shading dan tekstur, demi terciptanya suatu seni yang bernilai. Sebelum adanya fotografi, line art merupakan standar ilustrasi untuk media cetak ketika menyampaikan sebuah informasi.

Baca Juga | 10 Website Pembuat Portofolio Desain Terbaik

Dalam sebuah karya, line art biasanya digunakan sebagai outline atau garis luar untuk pembatas dari warna dasar. Warna yang dipakai untuk line art, kebanyakan adalah warna gelap atau hitam. Karya digital seperti vector vexel, kartun, grime art, dan lainnya kerap menggunakan line art untuk outline-nya.

Lalu, seperti apa sih contoh daripada desain line art tersebut? Berikut ini adalah contoh daripada desain line art.

Apa Dalam Gambar Digital Harus Memakai Line Art?

Line art memang biasa digunakan sebagai outline. Seperti dalam vector vexel, para desainer line art kerap membuat line art terlebih dahulu, karena dirasa lebih nyaman jika memakai line art.

Tetapi ingin memakai atau tidak itu tergantung selera masing-masing. Dalam vector vexel sendiri tidak harus memakai line art, bisa langsung memberi warna dasar dan shading. Kecuali kalau untuk kartun, itu mungkin memang harus agar gambar yang dihasilkan lebih bagus.

Baca Juga | Kamu Ingin Membuka Usaha Desain? Ikuti 5 Tips Ini Agar Menambah Wawasanmu

autocad
autocad
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *