Tanggal:29 February 2024

8 Website Layout Design Terbaik, Bisa Jadi Sumber Inspirasimu!

Tampilan website yang baik adalah website yang memiliki desain layout yang nyaman di mata, mudah dimengerti dan memudahkan pengalaman interaktif pengguna. Website layout sendiri merupakan kerangka yang mengatur tata letak navigasi, tombol CTA, dan elemen lainnya pada website.

Penting untuk membuat desain website layout yang baik dan menarik. Sebab akan menciptakan user experience yang baik. Desain website layout yang tepat kamu bisa membuat user merasa senang untuk terus menelusuri website hingga membukanya kembali di lain waktu. Selain itu, dengan layout website yang tepat, maka tampilan informasi akan lebih menawan dan fungsional. Berikut contoh website layout design terbaik yang dapat menjadi inspirasi untuk kamu.

1. HubSpot

Contoh website layout design yang menarik pertama adalah desain layout website HubSpot. HubSpot berhasil menciptakan desain yang website yang terlihat sederhana dan mudah dipahami. Tampilan pilihan produk pada website ini, ditata dalam bentuk kartu-kartu interaktif dengan CTA yang mudah ditemukan.

Website ini juga menggunakan alternating layout untuk membantu memperjelas informasi. Mereka memasangnya pada halaman yang memerlukan teks dengan media. Seperti video demo, daftar achievement, dan lain-lain. Sehingga, tampilan informasi menjadi lebih menarik dan mudah dicerna.

Baca Juga :

2. Mailchimp

Contoh website layout design kedua yang dapat menjadi inspirasimu adalah Mailchimp. Desain layout website Mailchimp terdiri dari  perpaduan beberapa jenis website layout, seperti hero image header, full-screen layout, dan alternating layout. Website ini berhasil menyajikan desain layout website yang sesuai konten. 

Penggunaan alternating layout pada website ini berfungsi untuk menampilan informasi secara ringkas dan padat. Sehingga desain layout website tetap terlihat minimalis tanpa kehilangan peluang untuk menyampaikan informasi penting.

Baca Juga :

3. Zendesk

Contoh website layout design yang tidak kalah menarik selanjutnya adalah Zendesk. Desain layout website ini sangat cocok dadikan inspirasi, terutama untuk kamu yang memiliki website bisnis. Karena, Zendesk menggunakan layout website yang cocok untuk memancing konversi.

Selain itu website ini menggunakan prinsip F-Layout untuk menempatkan tombol CTA pada website. Sehingga, semakin mudah dan meningkatkan minat pengujung melakukan pembelian produk. Selain itu, tampilan konten pada website ini juga dikelompokan dan ditampilkan dalam bentuk beberapa kartu yang interaktif.

Website ini juga memilih untuk memadukan whitespace dengan pemilihan warna latar yang sederhana untuk menampilan informasi website. Sehingga website terlihat luas, minimalis, dan memudahkan pengujung untuk memahami informasi.

Baca Juga :

4. EngineThemes

Contoh website layout design terbaik selanjutnya website layout milik EngineThemes. Website ini menggunakan tampilan split screen layout. Dimana sisi kiri berisikan tombol CTA, sedangkan sisi kanan fokus berisi headline yang menarik serta daftar menu untuk mempelajari produk lebih lanjut. Fungsi dari penggunaan split screen sendiri ialah memancing pengunjung untuk melakukan konversi.

Hal menariknya lainnya dari website ini adalah penggunaan dua warna yang cukup kontras untuk membedakan tiap sisinya. Selain itu website EngineThemes juga mengombinasikan website layoutnya dengan penggunaan kartu gambar yang interaktif. Sehingga desain layout website pun terlihat rapi, minimalis, serta memudahkan pengunjung untuk melihat produk. 

Baca Juga : 

5. Grammarly

Salah satu contoh website layout design yang menarik lainnya ialah website Grammarly. Desain layout website ini menggunakan alternating layout. Tampilan layar berisikan preview produk dalam bentuk animasi dan informasi pendukung di sebelahnya.

Website ini juga menerapkan Hukum Hick, dimana hanya menyediakan satu tombol CTA. Penerapan hukum tersebut bertujuan untuk memudahkan calon pelanggan untuk membuat keputusan transaksi. Penggunan satu elemen saja membuat penampilan tombol CTA cukup outstanding

Selain alternating layout, website Grammarly juga menggunakan full-screen layout. Penggunaan desain layout seperti itu memungkinkan penyampaian konten pendukung dengan lebih optimal. Website ini juga memadukan full-screen layout dengan white space, sehingga membuat website tampilan terlihat luas dan minimalis.

Baca Juga :

6. Asana

Contoh website layout design selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah website layout Asana. Salah satu ciri khas dari desain layout website ini adalah penggunaan kombinasi antara F-Layout dengan Rule of Thirds.

Pada website ini penempatan tombol CTA yang cukup mencolok pada bagian kiri atas, serta pada area tengah halaman website. Dua posisi tersebut sama-sama kuat, strategis dan memudahkan pengunjung untuk  melakukan konversi.

Hal menarik lainnya dari website ini ialah penggunaan alternating layout. Desain ini difungsikan untuk menampilkan cuplikan konten-konten utama. Selain kombinasi layout menu yang keren, website Asana juga menerapkan transisi warna latar. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan highlight, sehingga pengunjung lebih mudah fokus dan mengingat informasi.

Baca Juga :

7. Tico

Contoh website layout design terbaik lainnya adalah desain layout milik Tico. Untuk desain layout, website ini menggunakan kombinasi Rule of Thirds dengan full-screen layout. Hal tersebut membuat tampilan layout website ini menjadi cukup unik. Tidak mengherankan, jika website ini pernah memenangkan Web Design Awards.

Penempatan tombol CTA dan headline pada website ini berada di area tengah website. Hal itu bertujuan untuk membuat orang fokus pada informasi sehingga dapat meningkatkan konversi.

Baca Juga : Website Gratis Untuk Belajar Bahasa Inggris

8. Apple

Contoh dari website layout design terbaik yang terakhir datang dari merek bisnis terkuat di dunia yaitu website Apple. Tampilan desain website milik Apple ini ialah minimalis dengan penempatan informasi yang eye-catching. Sehingga desain layout website ini memberikan user experience yang luar biasa.

Selain itu, website ini juga menggunakan perpaduan beberapa layout seperti split screen layout, alternating layout, grid of cards layout, dan full-screen layout. Hal tersebut bertujuan untuk menerapkan salah satu trik CTA yang elegan untuk mengarahkan pengunjung ke dua jenis pembelian.

Baca Juga | Fashion Design: Definisi, Tipe, Skill Yang Diperlukan

autocad
autocad
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *