Tanggal:02 May 2024

Panduan Email Blast: Pengertian, Fungsi. Tips, Beserta Platformnya

Panduan email blast (rawpixel.com)

Email blast adalah salah satu teknik email marketing untuk mengirimkan email ke seluruh pemilik bisnis yang ingin melakukan kegiatan promosi. Dalam menjalankan email marketing, Anda dapat memanfaatkan teknik email blast. Teknik email blast ini merupakan hal yang dapat dilakukan dalam menjalankan email marketing dengan mengirimkan email ke banyak tujuan dalam waktu yang bersamaan. Email marketing bukanlah sebuah aktivitas yang dapat tergolong ke dalam spam karena platform email dapat digunakan bagi para pembisnis untuk menjalin komunikasi dengan customer.

Fungsi Email Blast 

Fungsi penggunaan email blast (rawpixel.com)
Fungsi penggunaan email blast (rawpixel.com)

Email blast memungkinkan Anda untuk mengirim informasi jutaan orang sekaligus. Email Blast membantu Anda untuk menjalankan pemasaran campaigns  mudah dan tidak harus menghubungi banyak departemen hanya untuk melakukan itu. Dengan email blast Anda dapat melakukanya sendiri dan semuanya langsung terkirim dalam waktu yang sesingkat- singkatnnya.

Tips memilih platform email blast untuk marketing

1. Kenali audience anda

Langkah pertama yaitu, mengenal audiens jika anda sudah tahu siapa saja orang yang memang tertarik pada bisnis Anda hingga melakukan subscribe, maka Anda dapat merancang pesan secara lebih terarah dan senada dengan apa yang mereka cari serta bagaimana Anda dapat meningkatkan level relasi antara Anda sebagai pemilik bisnis dengan mereka sebagai konsumen.

2. Pahami tujuan perusahaan

Dengan memahami goals perusahaan yang ingin dicapai. Dengan memahami tujuan perusahaan ,maka anda dapat memilih layanan email marketing yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga tidak mengeluarkan uang secara Cuma-Cuma karena sudah sesuai tujuan kampanye perusahaan.

3. Memahami segmentasi audiens

Email marketing bisa dilakukan berdasarkan beberapa aspek, yaitu tipe konsumen, minat konsumen, lokasi konsumen, ataupun engagement. Anda harus mempertimbangkan fitur segmentasi audiens juga agar dapat mengirimkan email yang sesuai dengan audiens yang ditargetkan.

4. Analisis email marketing

Anda harus mengetahui berapa banyak penerima email yang membuka email, yang mengklik tautan pada email, dan juga yang membatalkan langganan newsletter. Dengan begitu Anda bisa menganalisis keberhasilan kampanye yang Anda lakukan melalui email.

Rekomendasi platform untuk email blast

1. qontak.com

Sumber: Qontak.com
Sumber: Qontak.com

2. MailChimp

Sumber: logos-word.net
Sumber: logos-word.net 

MailChimp adalah aplikasi email marketing yang menyediakan banyak layanan email terbaik dan bisa digunakan oleh berbagai macam bisnis. Aplikasi email ini mudah digunakan bahkan oleh pebisnis pemula yang baru menerapkan email marketing. Bagi para pemilik bisnis skala kecil dengan subscriber kurang dari 2000 akun, Mailchimp menyediakan layanannya secara gratis. Namun, pengguna layanan gratis ini hanya bisa mengirimkan email maksimal 12.000 email per bulan.

3. GetResponse

Sumber: www.getresponse.com
Sumber: www.getresponse.com

GetResponse adalah perusahaan email populer, karena kemudahan penggunaannya. Aplikasi email blast dari GetResponse banyak digunakan untuk mengirim Newsletter dan email follow-up secara otomatis dan instan. Bahkan, Anda dapat menggunakan fitur Analysis dan Survey Customer untuk membantu meningkatkan konversi. Fitur ini bisa Anda nikmati dengan gratis untuk jangka waktu 30 hari. Menggunakan aplikasi ini bisa membantu Anda menyusun strategi pemasaran melalui email yang efektif, memungkinkan Anda mendesain email marketing dengan lebih cepat dengan sistem drag and drop.

4. Constant Contact

Sumber: www.constantcontact.com
Sumber: www.constantcontact.com

Aplikasi Constant Contact, Anda bisa membuat email marketing yang menarik. Cukup dengan menggunakan drag and drop, template email yang tersedia, Anda dapat membuat email marketing cantik dan profesional. Keunggulan aplikasi email blast ini adalah mampu mendorong penerima email untuk memberikan respons. Bahkan Anda bisa melihat penerima mana yang telah membuka email Anda, juga yang langsung memberi balasan, sehingga langkah berikutnya Anda tinggal mengirimkan email selanjutnya untuk mendorong mereka melakukan konversi.

5. Zoho Campaign

Sumber: zoho.com
Sumber: zoho.com

Zoho Campaign, pengguna dapat mengakses hampir semua fitur layanan email marketing kecuali fitur marketing automation yang meliputi email otomatis berdasarkan segmentasi, email otomatis berdasarkan kalendar, hingga email otomatis berdasarkan laporan.

Demikian informasi mengenai pengertian,fungsi,tips, dan platform email blast. Dengan menggunakan email blast anda bisa menjangkau target pasar yang lebih luas dengan yang lebih singkat sehingga aktifitas promosi menjadi lebih murah.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *